Kamis, 26 April 2012

Manggar-Gantung

Hari ketiga di Belitong. Perjalananpun dilanjutkan ke Kabupaten Belitong Timur. Sebuah kabupaten pemekaran dengan Manggar sebagai Ibukotanya. Manggar? Pernah dengar kan ya... Itu lho tempat Ikal ditugasi Ibu Mus membeli kapur di film Laskar Pelangi. Di Pulau Belitong hanya ada 2 kabupaten,  BBelitong dan Belitong Timur. Adapun Belitong ibukotanya Tanjung Pandan. Dari Tanjung Pandan-Manggar dapat ditempuh 1,5 jam dengan kecepatan sedang.


Apa yang bisa kuceritakan tentang Manggar? Sebab kemarin aku tak banyak bisa berpetualang disana. Manggar yang dulu kota kecamatan sekarang sudah jadi kota Kabupaten. Kompleks perkantoran dan bangunanan perumahan baru dimana-mana. Sementara perumahan exs. Perusahaan Timah juga menyebar dibanyak penjuru, memburuk tak terpakai. Kasian ya... Aku sempat lewat dan ditunjuki pasar ikan lokasi syuting Laskar Pelangi, SMA Nasional yang dulu disulap jadi SMA Negeri Manggar tempat sekolahnya Ikal dkk.  

Saat melintasi 2 taman kota di Manggar yang ada patung kudanya, aku jelas heran dong... Membuatku bertanya pada Pak Kusir Sopir, apa di Manggar ada kuda? Jawabnya ternyata tak ada. Di Manggar adanya Pelanduk atau sejenis Rusa. Nach lho, mana ada Rusa mirip Kuda, hehe... Waktu teramat sempit untuk melanjutkan tugas menuju Gantung, 30 menit waktu tempuh dari Manggar. Gatung atau Gantong, tempat SD Muhammadiyahnya Laskar Pelangi.

Awalnya aku membayangkan, serunya perjalanan Manggar-Gantong serasa meyusuri jejak Laskar Pelangi. Tapi semua tak bisa berjalan sesuai yang kita impikan, tugas tetap tugas, itu yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Semua harus dinikmati walau dengan aroma rasa yang berbeda *edisi menghibur diri...

Belum Selesai...

7 komentar:

Pakde Cholik mengatakan...

di Balikpapan juga ada Pantai manggar lho
kangen

Orin mengatakan...

Ummiii...aku pgn deh liburan ke Babel..

Anak Rantau mengatakan...

Yang penting tugasnya kelar kan mbak hehehe...

Tebak Ini Siapa mengatakan...

Huaaaa mauuu ke Belitongggg T.T

Mama Olive mengatakan...

umii..aku mau ikuuuut..
jangan lupa oleh2nya..

Bintang mengatakan...

Lanjutkan Yjnda, biarpun postingnya singkat saya bisa merasakan gimana senengnya Yunda bisa menyusuri jejak langkah Ikal di novel Laskar pelangi itu...

Abdul Cholik mengatakan...

Makanya nabung, jangan jajan aja