Sabtu, 21 April 2012

R. A. Kartini di Mataku

Dulu, saat masih kecil, tanggal 21 April aku sering diingatkan akan istimewanya sosokmu, lewat berbagai lomba busana kebaya, sanggul juga konde. Seiring bertambahnya umurku, aku mulai membaca tentang sosok agungmu. Ternyata betapa parsialnya orang melukiskan luhur pribadimu. 

Kini, hari ini pada 21 April 2012 setidaknya ada 3 hal yang membuatku ingin menuliskan tentang dirimu. Sosok yang merindu cahaya ditengah gulita. Sungguh cahaya tak pernah salah memilih tempatnya untuk bersinar. Ulasan akan hal ini tersaji apik disiniAdapun 3 tentangmu dimataku adalah:

Sosok yang Gemar Menulis.
Semua orang yang suka menulis pasti senang membaca bukan? Inilah yang nyata membuatmu berbeda dengan kebanyakan perempuan dimasa itu. Hingga tak mengherankan dirimu hidup abadi melebihi usia hidupmu. Untuk ini semoga makin banyak perempuan yang mewarisi tradisi menulis sepertimu. Dan aku ingin menjadi salah satunya. Mari perempuan Indonesia, menulislah lewat media apa saja, tentang apa saja yang bisa menebar semangat baik seperti R. A. Kartini dimasanya. Aku juga pujikan pada semua pihak yang mengadakan lomba menulis di hari Kartini, sebuah cara mengenang sosokmu tak hanya sebatas tampilan fisik saja. 

Sosok penuh Karya yang patuh pada Orangtua.
Sebuah beasiswa ke Belanda dikau lewatkan karena bakti pada orangtua. Tapi justru di sini juga sosok perkasamu berhasil membuktikan bahwa 'gerak' tak bisa terhenti. Bahkan menikahpun tak lantas membuat 'diam' sosokmu. Berbagai kerja berhasil terwujud atas dukungan suami dan keluarga. Salah satunya dengan mendirikan sekolah gratis buat para perempuan di lingkunganmu. Sebuah kerja penuh manfaat sudah dilakukan oleh R. A. Kartini, bagaimana dengan kita?

Sosok Mulia Seorang Ibu, Berjuang Melahirkan Generasi.
Seperti yang tergores dalam sejarah lebih dari 100 tahun lalu bahwa seorang R. A. Kartini meninggal karena komplikasi saat melahirkan anak pertamanya dalam usia 25 tahun, salah satu sebabnya adalah preeklamsia. Semua memang takdir-Nya, tapi yang tak bisa dipungkiri dirimu sudah menunaikan tugas sebagai seorang Ibu, berjuang melahirkan generasi. Dan saat inipun, di Indonesia tahun 2012 angka kematian Ibu (AKI) masih tinggi, bahkan preeklamsia dan eklamsia menduduki peringkat kedua penyebab kematian ibu melahirkan di Indonesia. 


Bukan R. A. Kartini ^^

Artinya AKI masih menjadi PR bagi bangsa ini, termasuk aku sebagai petugas kesehatan. Semoga dimasa mendatang AKI mencapai titik terendahnya. Tentu butuh dukungan banyak pihak.

Dan hari ini, yang juga ingin kutegaskan bahwa R. A. Kartini dimataku adalah sosok perempuan bermartabat yang mampu mengobarkan semangat untuk terus berbuat, menebar manfaat.


Tulisan ini disertakan dalam giveaway R.A.Kartini : bukan sekedar pelopor pejuang wanita, yang diadakan oleh blogmyworldword

24 komentar:

Mami Zidane mengatakan...

kartini termasuk sosok yang gemar menulis....semangat gemar menulis sepertinya juga ada di diri para blogger wanita indonesia kan mbak, hehe...

semoga semangat kartini tak pernah memudar di keseharian wanita-wanita indonesia ya mbak..

Hiaku Herry mengatakan...

Berkat Ibu Kartini, pendidikan itu menjadi sangat penting bagi wanita Indonesia.
Semoga jasa-jasanya mendapatkan balasan pahala yang terbaik, amien ^^

Ririe Khayan mengatakan...

preeklamsia dan eklamsia, sering dengar kasus ini terjadi pd ibu hamil. Fakta yg miris juga sikap 'permisif' terhadap hal2 yg di luar norma tentu HAL yang akan membuat KArtini menangis jika 'melihatnya'

shaleholic mengatakan...

saya sering berpikir knp harus hari kartini bukankah sebelum kartini ada banyak pejuang2 wanita yg lbh dulu sejajar dgn laki-laki seperti cut nyak dien

Abi Sabila mengatakan...

Kartini adalah seorang pahlawan yang telah memberikan terang bagi kaumnya, karenanya jangan gelapkan yang sudah terang dengan nafsu, nanti Kartini menangis.

Semoga sukses di kontes, Bu DOkter. Terima kasih informasinya, kini saya sudah daftarkan tulisan sederhana di giveaway ini.

Anak Rantau mengatakan...

Memperjuangkan hak2 wanita tampa melupakan kodratnya sebagai wanita. Semangatnya perlu kita teladani :)

srulz mengatakan...

Ibu kartini....
Terimakasih, untuk perjuangannya,,,,
untuk Indonesia.. :D
semoga sukses GAnya.. ^^

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

selamat hari kartini bu dokter yg suka menulis, semoga sukses kontesnya.
btw mbak penyebab AKI itu apa saja ya dan cara mencegah exslampia itu apa? teman saya ada yg mengalaminya sampai tidak bisa melihat

Lalu Abdul Aziz Mhd mengatakan...

Semoga semakin banyak lahir kartini-kartini baru dalam arti pemikiran dan perjuangannya di Indonesia.

Majalah Masjid Kita mengatakan...

selamat hari Kartini tuk semua wanita di Indonesia :)

kak Rose mengatakan...

ibu kartini insyaAllah adalah seorang perempuan inspirator yang syahidah ya ke,karena beliau meninggal setelah melahirkan putranya.
aku juga ikutan giveaway ini ke setelah dpt info darimu,walaupun tulisannya seadanya, maklum penulis pemula...
btw, smg sukses ya..

Andy mengatakan...

setiap dari wanita itu adalah sosok dari rengkarnasi dari Kartini tapi harus diimbangkan dengan tutur kata & perilaku'a

windflowers mengatakan...

terima kasih atas partisipasinya ya...sudah dicatat sebagai peserta... salam Kartini! :)

Djangkies mengatakan...

sama pertanyaannya dengan mbak Lydia, karena saya ndak paham masalah AKI dan seluk beluknya. Mungkin perlu postingan tersendiri nih Mbak.
Semangat berbuat dan menebar manfaat ..., semoga kita bisa meneladaninya

Asep Saepurohman mengatakan...

Saya yakin itu yang di foto kartini, kartini jaman sekarang ^^

Diandra mengatakan...

selamat hari kartini ya...
semoga qta bisa menjadi wanita yang membanggakan

sukses untuk GA nya mbaaa...

outbound training di malang mengatakan...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

Mugniar mengatakan...

Wow komplit mbak.

Mbak, saya abaru nyadar kalo Dr. Artineke itu mbak :)
Tulisan mbak favorit saya di buku KBHS :)

liza mengatakan...

selamat hari kartini kak Yunda... eits jangan lupa ikutan lombaku juga ya kak :)

http://daratangse.blogdetik.com/2012/04/21/lomba-menulis-blog-kartini/

Hany Von Gillern mengatakan...

selamat hari Kartini mbak ... betapa luar biasa amal jariyah beliau pada kaum perempuan Indonesia ...

yuniarinukti mengatakan...

Sosok Kartini masih menjadi dambaan semua perempuan Indonesia ya Mbak..
Ikutan juga kontes diblogku dong Mbak.. :)

Nurmayanti Zain mengatakan...

bolehlah RA Kartini :) hihihihi

mbakku sayang, ambil sesuatu di blogku ya!
http://www.nurmayantizain.com/2012/04/award-berantai-loudest-chimer.html
thank you

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

met hari Kartini. moga sukses ya lomba yg diikutinya ini.

Adenia mengatakan...

hmmm...
menjadi kertini masa kini atau mencetak kartini-karini baru untuk masa depan...?
^_^
sukuse ya mbak, nia gak sempat ikutan, hiks.
ikutan bahagia deh klo mbak keke menang GA nya, apalagi kalo plus traktir, hehe