Minggu, 06 Januari 2013

Kesehatan Reproduksi Remaja

Remaja Oh Remaja
Sebuah resensi persiapan menjelang ananda masuk masa remaja.

Masa remaja adalah merupakan masa peralihan baik secara fisik, psikis maupun sosial dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Remaja adalah aset sumber daya manusia yang merupakan tulang punggung penerus generasi di masa mendatang. Bila dilihat dari komposisi penduduk menurut kelompok umur dan jenis kelamin, jumlah remaja menempati posisi yang lebih besar dibanding dengan komposisi umur lainnya. 

Besarnya jumlah penduduk usia remaja ini adalah merupakan peluang dan bukan menjadi masalah bagi pemerintah. Pada tahun 1974, WHO memberikan defensi tentang remaja yang bersifat konseptual. Defenisi ini berdasarkan 3 kriteria biologik, psikologik dan sosial ekonomi. Dari segi umur WHO membagi menjadi remaja awal (10 – 14 tahun) dan  remaja akhir (15-20 tahun). PBB menetapkan usia 15-24 tahun sebagai usia pemuda (youth) dalam rengka menetapkan tahun 1985 sebagai tahun pemuda internasional.
  
Di Indonesia, batasan remaja mendekati batasan  PBB tentang pemuda kurun usia   14-24 tahun yang dikemukakan dalam Sensus Penduduk 2010. Menurut sensus ini, jumlah remaja Indonesia adalah 147.338.075 jiwa atau 18,5% dari seluruh penduduk Indonesia. Pedoman umum masyarakat Indonesia untuk menentukan batasan usia remaja yaitu 11 – 24 tahun dan belum menikah. 

Adapun J.J. Rosseau membagi perkembangan jiwa manusia menurut perkembangan perasaannya, yang membaginya menjadi 4 tahap yaitu:
1.      Umur 0-4 atau 5 tahun: masa kanak- kanan (infancy).
2.      Umur 5 –12 tahun: masa bandel (savage stage).
3.      Umur 12 –15 tahun: bangkitnya akal (rasio), nalar (reason) dan kesadaran diri (self consciousness).
4.  Umur 15-20 tahun: masa kesempurnaan remaja (adolescence proper) dan merupakan puncak perkembangan emosi. 

Perkembangan Fisik pada Remaja 


Pada masa remaja seseorang mengalami pertumbuhan fisik yang lebih cepat dibandingkan dengan masa sebelumnya. Ini nampak pada organ seksualnya, dimana biologik sampai pada kesiapan untuk melanjutkan keturunan. Ciri  sekunder individu dewasa adalah pada pria tampak tumbuh kumis, jenggot dan rembut sekitar alat kelamin dan ketiak. Rambut yang tumbuh relatif lebih kasar. Suara menjadi lebih besar, dada melebar dan berbentuk segitiga, serta kulit relatif lebih kasar. Dan pada wanita tampak rambut mulai tumbuh di sekitar alat kelamin dan ketiak, payudara dan panggul mulai membesar, dan kulit relatif lebih halus.

Sedangkan organ kelamin juga mengalami perubahan ke arah pematangan yaitu:
a)   Pada pria, sejak usia ini testis akan menghasilkan sperma yang tersimpan dalam skrotum. Kelenjar prostat menghasilkan cairan semen, dan penis dapat digunakan untuk bersenggama dalam perkawinan. Seorang pria dapat menghasilkan puluhan sampai jutaan sperma sekali ejakulasi dan mengalami mimpi basah, dimana sperma keluar dengan sendirinya secara alamiah.
b)  Pada wanita, kedua indung telur (ovarium) akan menghasilkan sel telur (ovum). Hormon kelamin wanita mempersiapkan uterus (rahim) untuk menerima hasil konsepsi bila ovum dibuahi oleh sperma, juga mempersiapkan vagina sebagai penerima penis saat senggama. Sejak saat ini wanita akan mengalami ovulasi dan menstruasi. Pada masa menjelang menstruasi pertama (menarch) remaja putri sangatlah sensitif. Mereka juga seringkali mengalami masa prementruasi syndrome (PMS) yang sangat berat. Silakan baca juga cerita tentang diet yang disarankan untuk PMS disini.


Ovulasi adalah proses keluarnya ovum dari ovarium dan jika tidak dibuahi, maka ovum akan mati dan terjadilah menstruasi. Menstruasi adalah peristiwa alamiah keluarnya darah dari vagina yang berasal dari uterus akibat lepasnya endometrium sebagai akibat dari ovum yang tidak dibuahi.

Perkembangan Psikosial pada Remaja 


Kesadaran akan bentuk fisik yang bukan lagi anak-akan menjadikan remaja sadar meninggalkan tingkah laku anakanaknya dan mengikuti norma serta aturan yang berlaku. Menurut Havigrust aspek psikologis yang menyertainya yaitu:
1.      Menerima kenyataan (realitas) jasmani
2.      Mencapai hubungan sosial yanglebih matang dengan teman sebaya.
3.      Menjalankan peran-peran sosial menurut jenis kelamin sesuaikan dengan norma.
4.      Mencapai kebebasan emosional (tidak tergantung) pada orang tua atau orang dewasa lain.
5.      Mengembangkan kecakapan intelektual serta konsep untuk bermasyarakat.
6.      Memilih dan mempersiapkan diri untuk suatu pekerjaan  atau jabatan.
7.      Mencapai kebebasan ekonomi, merasa mampu hidup dengan nafkah sendiri.
8.      Mempersiapkan diri untuk melakukan perkawinan.  

Perilaku Seks Remaja yang Berisiko 


Perilaku seks remaja yang tidak sehat akan menimbulkan beberapa manifestasi khususnya di kalangan remaja sendiri. Masalah yang berkaitan dengan kehamilan yang tidak diinginkan yang meliputi:
a)      Pembunuhan bayi karena faktor malu.
b)      Pengguguran kandungan, terutama yang dilakukan secara tidak aman.
c)      Dampak kehamilan yang tidak diinginkan pada remaja putri baik terhadap masalah gizi dan kesehatan reproduksi lainnya.
d)     Dampak sosial ekonomi dari kehamilan yang tidak diinginkan.
Selain masalah di atas, masalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual yang meliputi:
1)      Masalah penyakit menular seksual yang lama, seperti siphilis dan gonorheae.
2)      Masalah penyakit menular seksual yang relatif baru seperti chlamidya dan herpes.
3)      Masalah HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome).
4)      Dampak sosial dan ekonomi dari penyakit menular seksual.  

Menurut Ayke SK, Lembaga Demogrfi UI, Tahun 2002-2003 yang meneliti tentang kesehatan reproduksi, jumlah remaja yang berusia 15-24 tahun dan mencakup 20% penduduk Indonesia. Dari waktu ke waktu, mobilitas remaja Indonesia yang meningkat pesat, arus informasi yang sangat kuat, dan semakin bertambahnya remaja yang berperilaku berisiko ikut meningkatkan kasus penularan HIV/AIDS. Menurut laporan Sekretaris Jenderal pada sesi khusus majelis umum PBB mengenai HIV/AIDS bahwa tiap hari ada 6000 remaja yang terinfeksi HIV. 

Sebagian besar dari mereka tidak memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, informasi yang benar, bahkan keterampilan hidup.  Berbagai upaya pencegahan penyebaran HIV/AIDS dan infeksi seksual menular lainnya seringkali tidak tersedia bagi para remaja. Pelayanan kesehatan reproduksi pada umumnya hanya membatasi bagi orang dewasa yang sudah menikah dan tidak menyediakan sarana khusus bagi remaja yang hadir tampa wali. 

Bila tersedia pelayanan kesehatan, banyak faktor yang membuat remaja tidak menggunakannya termasuk kurangnya pelayanan yang bersifat pribadi serta menjaga kerahasiaan, petugas yang kurang peka, lingkungan yang tidak aman dan ketidakmampuan membayar. Karena jumlah orang yang terinfeksi HIV meningkat dengan pesat di kalangan usia 15-24 tahun, maka perlu dilakukan upaya-upaya khusus bagi kelompok tersebut. 

 Agar menurunkan dampak secara keseluruhan, upaya dalam mendidik para kaum muda menjadi sangat penting karena pada intinya, memberdayakan generasi muda untuk melindungi diri mereka adalah langkah pertama untuk mengendalikan HIV/AIDS. Salah satu upaya konkrit adalah kesadaran untuk berperilaku seks yang sehat dalam menjaga kesehatan reproduksi mereka sendiri. 
  
Pengertian Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD)
  
Istilah kehamilan yang tidak diinginkan atau KTD mengandung arti sebagai kehamilan yang terjadi saat salah satu atau kedua belah pihak dari pasangan tidak menginginkan anak sama sekali atau kehamilan yang sebenarnya diinginkan tapi tidak pada saat itu, dimana kehamilan terjadi lebih cepat dari yang telah direncanakan. Banyak yang berpikir bahwa KTD hanya terjadi pada remaja yaa.. Tapi ternyata tidak juga, karena pada pasangan yang telah menikahpun KTD masih mungkin terjadi, oleh karena kehamilan yang terjadi memang sedang tidak diinginkan. 

Adapun KTD terjadi akibat telah dilakukannya hubungan seksual, baik yang dilakukan secara sengaja ataupun tanpa disengaja. Beberapa kejadian KTD disebabkan oleh karena tindakan perkosaan ataupun kekerasan seksual. KTD juga dapat terjadi karena kegagalan dalam pemakaian alat kontrasepsi, bayi yang trekandung ternyata menderita cacat majemuk yang berat, kondisi kesehatan ibu yang tidak memungkinkan untuk menjalani kehamilan, karena adanya tuntutan karir, kehamilan terjadi karena incest (akibat hubungan antar keluarga), serta oleh karena kehamilan terjadi akibat dilakukan hubungan seksual pra nikah, sehingga dirasa masih belum saatnya untuk terjadi, yang didukung pula oleh karena rendahnya pengetahuan akan kesehatan reproduksi dan seksual.

Artinya secara umum pada remaja, kehamilan tidak diinginkan terjadi karena remaja belum memiliki kesiapan untuk menjalani kehamilan, baik secara psikis, sosial, fisik, ataupun secara ekonomi. Hubungan seks pranikah yang dilakukan remaja cenderung berbanding lurus dengan angka kejadian KTD pada remaja. 

Mengacu pada pendidikan anak dalam Islam, menurut Sahabat Ali bin Abi Thalib ra, dapat dibagi menjadi 3 tahapan/ penggolongan usia:
  1.    Tahap BERMAIN (“la-ibuhum”/ajaklah mereka bermain), dari lahir sampai kira-kira 7 tahun.
  2.    Tahap PENANAMAN DISIPLIN (“addibuhum”/ajarilah mereka adab) dari kira-kira 7 tahun sampai 14 tahun.
  3.    Tahap KEMITRAAN (“roofiquhum”/jadikanlah mereka sebagai sahabat) kira-kira mulai 14 tahun ke atas.
Artinya masa remaja berada pada kisaran tahap kemitraan, dimana orangtua hendaklah menjadi sahabat buat mereka. Agar mereka merasa nyaman bertanya dan bercerita tentang apa saja. Sex edukasi yang benar dan dilakukan oleh orang yang tepat (dalam hal ini, sebaiknya dilakukan oleh orangtua) akan membantu para remaja menjalani masa "topan badai" ini, segitunya bangetkah?  

Ya menurut Bapak Psikologi Remaja pada awal Abad-20 Stanley Hall, masa dimana para remaja mengalami banyak masalah dan tekanan, sehingga diistilahkan masa topan badai atau strom and stress.

Sebuah Ringkasan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja dari Berbagai Sumber :D 

81 komentar:

Andy mengatakan...

yang paling penting menurut aku sebagai remaja, adalah sex education yg masih tabu di Indonesia jd banyak yg belum tahu, tapi mau cari tahu'a ke arah yang negatif. Akhirnya jadi salah kaprah deh

octarezka mengatakan...

setuju mbak!
disini peran orang tua lah yang penting..mau kemana dan jadi apa, orang tua salah satu faktornya
:D

Ari Tunsa mengatakan...

baca tulisan ini menyadarkanku, bahwa sekarang harus mempersiapkan diri menjadi orangtua :D
salam

Sun mengatakan...

berarti ank sy skrg ada pd tahap penanaman disiplin nih...
#g boleh ngeyel-ngeyel lg...

Evi Saja mengatakan...

Masa remaja adalah masa peralihan dari kanak2 menjadi dewasa. banyak yg hrs disesuaikan. makanannya bisa dimaklumi kalau sedikit sulit melaluinya. begitu ya Mbak Keke :)

Orin mengatakan...

Sepakat Ummi, peran orang tua sangat penting ya..

Sakura21 mengatakan...

Subhanallah ummi bermanfaat sekali postingannya, salam kenal kembali, terimakasih sudah berkunjung :)

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

berarti saya punya 2 tahap ya mbak

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

berarti saya punya 2 tahap ya mbak

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Abi Sabila mengatakan...

Terima kasih ilmunya, Bu.
Sabila perlu dan penting baca ini.

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Penting banget nih untuk diketahui agar kita dapat mendampingi dan membimbing putra-putra kita dengan baik, terutama pada saat memasuki usia remaja. Makasih banyak ya.

Ohya, saya lagi mengadakan GA karena dapat hadiah blog dari Pakde. Ikut yaaa...

Melly Feyadin mengatakan...

artikel yg bagus, mba.

cii yuniaty mengatakan...

postingan ini, berhasil membuat otak sy me'review kembali materi kul dulu mba....

myra anastasia mengatakan...

di usia 5-12 adlh masa bandel. apa itu artinya pd masa itu anak2 banyak melakukan ini-itu dan bertanya2 utk menjawab rasa ingin tahunya mereka?

Bintang mengatakan...

Trima kasih masukannya, Yunda...usia anak saya remaja yang beranjak dewasa, dan diam-diam saya mencocokkan apa yang Yunda tulis ini dengan perilakunya :)

Sulung Aji mengatakan...

selamatkan generasi muda Indonesia dari pergaulan dan sex bebas..
dimulai yang paling dasar adalah pondasi Agama sejak dini

Obat Kista Ovarium mengatakan...

Numpang baca artikelnya pak admin. Dan selamat pagi untuk pengunjung semuanya. Salam kenal dari saya, Brehow. :)
http://goo.gl/BaO2x http://goo.gl/YEFtD http://goo.gl/zPW7O

Ujang Hasan mengatakan...

hatur nuhun kang kana informasi na nu lengkep tur manfaat kanggo abi

obat migren mengatakan...

keren gan informasinya

ginanjar mengatakan...

walah.. tanks pisan infonya ya :)

galih n gumilar mengatakan...

infonya menarik .. :)

Alex mengatakan...

walah bagus infonya.. :) iktu nyimak aja

obat herbal gagal ginjal mengatakan...

memang betul .. ortu merupakan komponen terpenting ummi

obat asam urat mengatakan...

ya sebagai ortu harus membatasi pergaulan anak supaya bisa terjaga

Obat Tradisional Kanker Payudara mengatakan...

artikel yang bagus umi.. menjadikan pelajaran bagi saya

obat gagal ginjal mengatakan...

makasih ummi artikelnya keren

Obat Asam Lambung mengatakan...

makasih gan infonya http://goo.gl/vJJleJ | http://goo.gl/lQc3sa

obat gagal ginjal gumilar mengatakan...

Mantap Pisan Coy artikelnya

obat hebral gagal ginjal nature mengatakan...

artikelnya unik mba umi

Obat Tradisional Gagal Ginjal Tanpa Efeksamping mengatakan...

keren dah artikelnya

Obat Herbal Radang Sendi mengatakan...

infonya menarik

Info Penyakit mengatakan...

infonya lengkap mba umie

Ewon mengatakan...

wahh keren bgt tuchh gan
sukses ajh dachh

Ewon mengatakan...

wahh keren bgt tuchh gan
sukses ajh dachh

dika mengatakan...

nice info

Obat Tradisional Kanker Tulang Mujarab mengatakan...

thank's infonya
http://goo.gl/jClqHK

Obat Kanker Payudara Tradisional Tanpa Operasi mengatakan...


mantap dach gan artikelnya
http://goo.gl/SZy7js

Obat Tradisional Kanker Payudara Tanpa Kemoterapi mengatakan...

sukses ajh gan
http://goo.gl/WyPu22


Obat Kanker Payudara Herbal mengatakan...

thank's gan
http://goo.gl/NT7p7R

Obat Radang Paru mengatakan...

nice info

Obat Radang Paru mengatakan...

nice info

Pengobatan Kanker Otak mengatakan...

sae pisan Juragan
http://goo.gl/SEZORJ
goo.gl/SEZORJ

Obat Usus Buntu Tanpa Kemoterapi mengatakan...

keren bgt tuchh artikel
http://goo.gl/5Hk9u9

Obat Infeksi Saluran Kemih Mujarab mengatakan...

keren bgt tuchh artikel nya
http://goo.gl/23ER0H

Obat Herbal Jantung Koroner mengatakan...

makasih infonya :)

Pengobatan Kanker Otak mengatakan...

sae pisan Juragan
http://goo.gl/SEZORJ
goo.gl/SEZORJ

Obat Herbal Hepatitis B mengatakan...

makasih infonya :)

Obat Herbal Kolesterol Tinggi mengatakan...

makasih infonya :)

Obat Herbal Kolesterol Tinggi mengatakan...

makasih infonya :)

Obat Herbal Wasir mengatakan...

makasih infonya :)

Obat Herbal Asam Urat mengatakan...

makasih infonya :)

Obat Herbal Diabetes mengatakan...

makasih infonya :)

Obat Tradisional Radang Usus Mujarab mengatakan...

sukses ajh dach gan
http://goo.gl/XKQEmn

Obat Herbal Liver mengatakan...

sip :)

Obat Tradisional Luka Gangren Mujarab mengatakan...

widihh manatap gan
http://goo.gl/QbSrTP

Obat Tradisional Tulang Keropos Mujarab mengatakan...


wah keren bgt tuchh gan
http://goo.gl/iSOEvH

Obat Tradisional Gagal Ginjal Mujarab mengatakan...


keren bgt tuch artikelnya
thank's gan
http://goo.gl/shdoS2

Obat Tradisional Gagal Ginjal Mujarab mengatakan...


keren bgt tuch artikelnya
thank's gan
http://goo.gl/shdoS2

Obat Herbal Miom mengatakan...

makasih infonya :)

Obat Tradisional Kanker Otak mengatakan...


wahh bagus bgt tuch artikelnya
http://goo.gl/odO0vN
goo.gl/odO0vN

Obat Herbal Gagal Ginjal Alami mengatakan...

good news

Obat Tradisional Kanker Darah Tanpa Kemoterapi mengatakan...

waahh boleh juga tuchh
http://goo.gl/z7KC0S
goo.gl/z7KC0S

Obat Herbal Miom mengatakan...

makasih infoya

Pengobatan Kanker Payudara Tanpa Kemoterapi mengatakan...

thank's gan infonya
http://goo.gl/8VgUuX

Obat Darah Tinggi mengatakan...

artikel nya keren,,
moga bermanfaat
http://goo.gl/nPWRLa
goo.gl/nPWRLa

Obat Herbal Gagal Ginjal Tanpa Efek Samping mengatakan...

makasih infonya

Obat Tradisional Kanker Hati Jutsu Medicine mengatakan...

wahh keren juga nich artikel
http://goo.gl/xeaQvI
goo.gl/xeaQvI

Obat Herbal Ambeien mengatakan...

sukses selalu dalam pembuatan artikel dan info-info selanjutnya....


Kunjungi :

http://goo.gl/q4bfYp

http://goo.gl/n83Jfv

http://goo.gl/uup0km


SALAM SEHAT .... !!!

Obat Tradisional Liver mengatakan...



Andaikan mentari tak mau bersinar,
Ku akan tetap di sini menunggumu,
Andaikan bulan dan bintang enggan tersenyum,
Ku akan tetap di sini menantimu,
Walau pun hanya bayangmu
Yang selalu datang menyapa sepi hatiku disaat ku rapuh

http://goo.gl/TM4rdH

OBAT TRADISIONAL LIVER EMPEDU mengatakan...

Baik agan agan terima kasih atas infonya...!!!

Kunjungi :

http://goo.gl/TM4rdH http://goo.gl/jBifMc

http://goo.gl/wVwGMk http://goo.gl/eG98eQ

http://goo.gl/rBDZdi


SALAM SEHAT .... !!!

agen crystal x yogyakarta mengatakan...

Halaman yang memberikan wawasan dan manfaat yang menarik untuk disimak.
Saya senang bisa berada dihalaman ini.
http://goo.gl/OCBZ49

Agen Crystal X Solo mengatakan...

disitus ini kami temukan banyak pelajaran baru, trimakasih sudah berbagi.
http://goo.gl/QGzwdp

Obat tradisional ambeien mengatakan...

artikel bermanfaat dan menarik

obat sakit gigi mengatakan...

i like this a artikel on website

obat untuk sakit gigi

Nurul Savika mengatakan...

Obat Alternatif Gagal Ginjal (y)
makasih gan :) salam sehat !!!

http://goo.gl/p7HUjd

obat alergi kulit herbal mengatakan...

haturnuhun informasina kang
http://goo.gl/CIUBEK
http://goo.gl/0XlKcq | http://goo.gl/kxdtil

obat kelenjar tiroid mengatakan...

informasinya keren banget nih gan.....
http://goo.gl/Okf8H

obat hipertensi mengatakan...

dimanapun kamu berada, tetaplah mejadi dirimu sendiri tanpa harus membohongi diri sendiri dan orang lain karena menjadi orang lain.

Anonim mengatakan...

Punya Problem Penyakit Menular Seksual ? konsultasi chat online dengan dokter spesialis Kesehatan kelamin Gratis aman terjaga, privasi pasien terlindungi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi, Dokter spesialis kelamin kami untuk masalah penyakit Kencing nanah, herpes, sipilis, keputihan, Kutil kelamin ( Kodiloma Akuminata)ejakulasi dini dan masalah kelamin lainya

www.klinikapollo.com

KLINIK APOLLO mengatakan...

Punya Problem Penyakit Menular Seksual ? konsultasi chat online dengan dokter spesialis Kesehatan kelamin Gratis aman terjaga, privasi pasien terlindungi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi, Dokter spesialis kelamin kami untuk masalah penyakit Kencing nanah, herpes, sipilis, keputihan, Kutil kelamin ( Kodiloma Akuminata)ejakulasi dini dan masalah kelamin lainya

www.klinikapollo.com