Jumat, 25 Mei 2012

Hindari Obat saat Hamil

Hari sudah diujung petang, saat aku sampai di rumah sepulang dari kantor. Baru mau masuk kamar mandi telfonku bernyanyi. Ternyata dari Naya rekan kerjaku, segera kuangkat. Langsung teringat khabar tentang sakitnya, hingga ia tak masuk kerja. Diare. Jadi lemas butuh istirahat, mengingat kondisinya juga yang sedang hamil muda. Suaranya tak seceria biasa, Naya bertanya tentang obat apalagi yang harus diminumnya, sudah minum obat anti diare berulang kali tapi masih tetap diare.

Duch kasiannya... obat apa yang sebaiknya kusarankan? Mengingat Naya sedang hamil. Teringat aku pesan leluhur, para dosenku dulu. Hati-hati minum obat, harus rasional, apalagi bila sedang hamil. Efek samping obat itu banyak yang berbahaya. Apalagi pada kehamilan, ditakutkan ada imbasnya kepada janin yang sedang dikandung.

***

Mengapa minum obat saat hamil itu lebih beresiko?

Akupun teringat akan artikel kesehatan di VoA Indonesia tentang makin banyaknya penyalahgunaan obat di kalangan ibu hamil di AS. Lalu di Indonesia sendiri? Aku rasa justru lebih banyak, belum ada penelitian tentang ini saja. Buktinya yang terjadi pada Naya, minum obat diare sampai berulang kali padahal sedang hamil. Semoga kandungan Naya diberi kesehatan.

Penyakit diare, flu, batuk, demam, susah buang air besar atau penyakit lainnya memang sulit dihindari, bisa terjadi kapan dan dimana saja, tentu juga saat hamil. Kala seorang wanita hamil, ia harus pandai memilih obat yang aman, karena partikel terkecil sekalipun dapat lolos disaringan plasenta yang menjadi penghubung ibu dan janin selama masa kehamilan. Pengaruh obat yang diminum itu sendiri tergantuk efek samping obatnya dan pada trimester berapa kehamilannya.

Gambar dari Google
Berdasarkan banyak penelitian, ada obat-obatan yang berbahaya jika diminum pada trimester pertama, kedua dan ketiga.

Trimester Pertama:
Pada tiga bulan ini adalah masa yang sangat rawan karena pada masa ini terjadinya pembentukan organ. Maka obat-obatan yang diminum dapat mengganggu pembentukan organ tubuh janin bisa menyebabkan kecacatan organ atau deformitas. Bahkan pada kondisi yang lebih berat dapat terjadi keguguran.

Trimester Kedua:
Banyak ahli yang menyatakan masa ini yang paling aman bila seorang wanita hamil minum obat. Namun sebenarnya, obat-obatan dapat mempengaruhi system syaraf bayi yang sedang berkembang juga dapat menghambat pertumbuhan bayi, sehingga bisa menyebabkan berat bayi lahir kurang dari normal.

Trimester Ketiga:
Obat-obat yang dikonsumsi bisa mempengaruhi paru-paru janin, sehingga bisa terjadi komplikasi bayi sulit bernafas saat dilahirkan.Atau bisa juga terjadi bayi lahir sebelum waktunya, disebut prematur.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui obat itu aman pada kehamilan?
Sejujurnya, perusahaan farmasi sangatlah jarang mengujicobakan keamanan obatnya pada wanita hamil, sehingga sangat sedikit obat yang ada lisensi aman untuk kehamilan. Banyak informasi tentang keamanan obat hanya bersumber dari pengalaman praktik saja. Bila bertahun-tahun tak ada keluhan tentang pemakaian obat maka obat tersebut dianggap tidak berbahaya pada kehamilan. Ini kenyataannya, berlaku untuk obat yang dijual bebas dan obat yang diresepkan.

Sedikit ada bedanya, untuk obat-obatan yang diresepkan oleh dokter itu sudah melewati serangkaian pertimbangan apakah sebaiknya diminum atau tidak. Dengan mempertimbangkan manfaat dan efek samping obat tersebut. Jadi sebaiknya pada banyak penyakit ringan, diutamakan wanita hamil menghindari pemakaian obat, terlebih pada trimester pertama. Berikut ini ada beberapa saran yang bermanfaat:

1. Sakit Maag
Antasida pada umumnya aman dikonsumsi, tapi sebaiknya jangan diminum. Atasi maag saat hamil dengan makan teratur, lebih sering dengan porsi kecil saja. Kendalikan emosi, amankan stress.

2. Sakit Kepala dan Sakit Punggung.
Usahakan jangan langsung minum obat. Beristirahatlah, lakukan pemijatan lembut di kepala atau di punggung yang sakit. Bila tak teratasi, minum Parasetamol yang sudah jelas dinyatakan aman pada kehamilan. Hindari minum Ibufrofen dan Aspirin karena banyak dilaporkan dapat memicu abortus spontan, bahkan pada trimester akhir dapat menimbulkan kelahiran yang lama dan memicu hipertensi pulmunal pada bayi.

Sebagai tambahan informasi:
Para ilmuan Denmark, Finlandia dan Prancis menemukan bahwa wanita yang menggunakan analgesik ringan selama kehamilan memiliki resiko lebih besar dalam melahirkan bayi laki-laki dengan kelainan testis, suatu kondisi yang dikenal dengan sebutan kriptorkismus dan dapat menghasilkan kwalitas semen yang buruk serta kanker testis dimasa mendatang.

3. Susah BAB atau Konstipasi.
Ini hal umum yang sering dikeluhkan ibu hamil. Rahim yang membesar dan pengaruh hormon progesteron yang memungkinkan timbul masalah ini karena pergerakan usus menjadi lambat. Jangan buru-buru minum obat. Perbanyak minum air putih dan konsumsi sayuran juga buahan. Melakukan jalan kaki rutin 30 menit setiap hari juga bisa menormalkan pergerakan dinding usus.

4. Flu dan Batuk.
Perbanyak minum air putih. Dapat juga minum madu asli secara teratur. Cukup istirahat, tampa perlu minum obat-obatan. Karena obat flu dan batuk yang ada biasanya tipe kombinasi, sudah ada analgesik, antihistamin dan juga decogestan yang kesemuanya belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita.

5. Diare.
Yang paling dikhawatirkan pada pasien diare adalah kekurangan cairan atau dehidrasi. Maka pada keadaan diare segeralah minum larutan elekrolit yang bisa kita buat sendiri, larutan gula garam, perbandingan gula:garam = 4:1. Walaupun katanya Loperamide cukup aman, tapi ada bagusnya kita tetap berhati-hati demi kesehatan sang bayi.

Lain halnya bila sakit berlanjut atau bertambah berat. Disertai dengan komplikasi penyerta, ada deman, muntah banyak sehingga makanan yang dikonsumsi keluar lagi, segeralah ke dokter. Sebab ini merupakan gejala awal dari penyakit yang lebih berat. Bisa virus rubella atau infeksi dari baktrie lainnya. Infeksi bakterie memerlukan pengobatan dengan antibiotik, sebaiknya antibiotik yang kita gunakan atas saran dokter. Karena aturan pakai, lama penggunaan dan efek samping obat bisa kita dapatkan dari penjelasan seorang dokter.

Berbeda bila membeli obat bebas, kita meraba-raba sendiri, antibiotik yang kita beli bukannya menjadi penyembuh malah jadi sumber penyesalan dikemudian hari. Ke dokter jangan takut mahal, karena kita bisa memilih obat generik untuk diresepkan, jauh lebih murah dan khasiatnyapun sama. Tunggu apalagi...

***

Maka mau tahu obat apa yang kusarankan pada kasus Naya, penasaran? Minum larutan gula garam ditolaknya. Alternatif lain, minum teh manis hangat yang agak pekat. Naya mau. Padahal kalau Naya menolak, aku sudah siapkan satu pilihan lagi, minum rebusan daun jambu batu. Ilmu herbalku keluar. Tapi Naya hanya sampai minum teh manis kelat berulang kali saja. Hasilnya? Keesokan harinya Naya sudah masuk kerja. Berkat saran mbah dukun katanya. Welehh... konsultasi ke dokter gratis kok malah dibilang dukun, tak apalah. Semoga aku segera jadi ibu hamil juga *sebuah do'a spontan yang aku tahu tak ada hubungannya dengan judul, hehe...

Sekali lagi aku tegaskan, sebisa mungkin hindari pemakaian obat saat hamil, kembalilah kepada obat yang alami. Dan yang terpenting lebih baik mencegah daripada mengobati. Mencegah ragam penyakit dengan menjalankan gaya hidup sehat, saat hamil ini jelas berpengaruh langsung pada kesehatan janin. Kita bisa lebih sehat dengan menjalankan gaya hidup sehat, diantaranya rutin berolah raga, stop rokok, tidur yang cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi.
Mau? Kalau mau, kita pasti bisa :)

http://kaahil.wordpress.com/2009/05/23/daftar-obat-aman-dan-berbahaya-untuk-ibu-hamil
http://informasitips.com/mengapa-minum-obat-saat-hamil-penuh-resiko

33 komentar:

Tebak Ini Siapa mengatakan...

Oooh gitu hihi,
berarti sebaiknya gak minum obat obatan ya pas hamil hihihi xD Pengetahuan baruu nih hehe

Nchie Hanie mengatakan...

Betuul banget mba..

Aku dulu waktu hamil stop semua obat2an, khawatir kenapa2 sih..
yang penting pola hidup dan makan yang sehat aja deh..

Makasih ya share nya Mba..
Selamet istirahat Mba keke..

Hany Von Gillern mengatakan...

Utk maag pada ibu hamil, minum kunyit yang diseduh air hangat + gula, aman gak mbak? Biasanya aku minum itu kalo perutku kumat.

Ita mengatakan...

Duh seneng deh sama bu dok satu ini. Ditengah banyaknya dokter yg begitu mudah kasih resep obat, dokter kaya mbak udah lumayan langka. Hihihih :)
Alhamdulillah selama hamil aku ga pernah konsumsi obat2an. Apalagi sejak kenal bekam, rasanya badan jarang sakit :)

nicamperenique mengatakan...

mau? saya mau banget mbak, dan yakin pasti bisa.
cuma saya nunggu hamil dulu baru tar dipraktekin ya mbak :D

Mami Zidane mengatakan...

jadi parasetamol aman untuk ibu hamil ya mbak, dulu waktu saya hamil sering banget sakit kepala, dan sama dokter SPOg saya di resepkan Dumin.

Si Belo mengatakan...

Aamiin.. moga bunda segera dapet momongan :)

Aye blom punye pengalaman masalah kehamilan, tapi insyaALLAH kalo nanti aye hamil bakal inget pesen bunda supaya ati2 dalam memilih obat..:)

Risablogedia mengatakan...

mbaa, gambar di postingannya kok ga keliatan ya di layarku?
;p

octarezka mengatakan...

obat-obatan herbal emang bagus² mbak
tp minim nih pengtahuan soal obat herbal
:(

al kahfi mengatakan...

jadi masukan infonya nih mbak ntr kudu hati2 kalau kelak istri lagi hamil

HP Yitno mengatakan...

Hal yang paling bagus adalah minum obat herbal buatan sendiri. Kayak makan daun jambu biji. Diimbangi dengan cairan elektrolit. Pokoknya jangan minum obat-obatan instan. Karena bagaimanapun juga bisa berbahaya bagi perkembangan janin.

Chumhienk™ mengatakan...

Wah ternyata minum obat kebnyakan buat ibu hamil punya resiko toh mbak... kykx perlu diadakan penyuluhan nih... heheheh

BW ni mbak... mampir ke blog aq jg yah sklian follbacknya jg... biar mempererat silahturahmi sesama blogger... hehehe

salam kenal
http://chumhienkslife.blogspot.com/

Blog Keperawatan mengatakan...

Benar sekali sahabat.
Bila kita akan mengkonsumsi obat pada saat hamil, alangkah lebih baiknya berkonsultasi dengan dokter, karena walau bagaimana pun yang namanya obat ada efek sampingnya.

Hanya saja efek sampingnya lebih banyak atau efek pengobatannya yang lebih banyak tentunya pihak medis yang lebih mengetahuinya.
Terima kasih telah sharing sahabat.
Salam persahabatan

Bintang mengatakan...

Trima kasih informasinya Yunda, sampai sekarang saya juga berusaha menghindari obat. Selain malas minumnya, saya juga lebih suka menerapkan banyak minum air putih, istirahat cukup dan makan teratur kalo badan mulai nggak enak...
:)

Della mengatakan...

Aku juga tuh Mbak, selama hamil aku nggak mau minum obat. Padahal kata dokter aku kena usus buntu akut dan harusnya dioperasi nanti bulan ke-5, tapi aku cari second opinion aja, third sampe forth deh, sampe nemu dokter yang bilang akan dioperasi setelah baby lahir (yeaaaayyy..)
Dikasih antibiotik, sama sekali nggak aku sentuh, tuh. Bodo amat walaupun dokter ud meyakinkan ini aman bagi bumil karena yang aku tau malah nggak ada obat yang benar-benar aman bagi bumil. Semoga aja si baby sehat, deh ;)

Orin mengatakan...

*ikut mengaminkan doa Ummi yang ingin hamil dg khusyuk* :) :) :)

Mugniar mengatakan...

Haduh, dibilang mbah dukun mbak? hehehe.

Mbak, saudari ipar saya kan waktu hamil anak kedua bolak-balik masuk rumah sakit selama kurang lebih 2 bulan karena astmanya kumat. Itu obat ... na'udzubillah deh, ganti2 dan buanyak. Soalnya dia diopname dulu di Makassar trus krn sdh harus balik ke Manokwari, dia pulang naik kapal laut. Di kapal dia dirawat di klinik, baru turun dari kapal, besoknya masuk RS di Manokwari. Obatnya diganti dgn alasan "tidak cocok" hiii serem saya mbak. Gimana tuh dampaknya thd anaknya nanti kira2 yah ... anaknya sekarang setahun lebih ...

BEKAM KEPALA TANPA CUKUR mengatakan...

Obat kimia memang berbaya. Saya pernah melakukan penelitian dampak obat manusia yang diujikan ke Sapi Perah. Jika sampi perah sedang hamil, dikasih 1 butir Pil Paramex, atau lainnya, maka janin sapi akan gugur. Susu sapi juga rusak. Itu dampak ke sapi.
Makanya, jaga kesehatan dengan BEKAM, rutin bekam tiap 28-120 hari sekali :)

Toko Online Kalistajaya mengatakan...

trmksh smg bermanfaat gan..

http://www.ramuanku.com/products.php?cid=18

Anonim mengatakan...

Mba, kalo minum obat-obat yang di kasih dokter kandungan atau bidannya boleh ndak?? spt obat penguat sama obat penambah darah... ak sdng hamil muda dan sdh hmpir 2 mnggu ini mnum obat tsb tpi kok ak malah payah... thx mba...

Anonim mengatakan...

Mba, kalo minum obat-obat yang di kasih dokter kandungan atau bidannya boleh ndak?? spt obat penguat sama obat penambah darah... ak sdng hamil muda dan sdh hmpir 2 mnggu ini mnum obat tsb tpi kok ak malah payah... thx mba...

Anonim mengatakan...

Mba, kalo minum obat-obat yang di kasih dokter kandungan atau bidannya boleh ndak?? spt obat penguat sama obat penambah darah... ak sdng hamil muda dan sdh hmpir 2 mnggu ini mnum obat tsb tpi kok ak malah payah... thx mba...

Penyebab Asma mengatakan...

Makasih nih informasinya sangat berguna gan...

lovely echa arghubi mengatakan...

Hiks hiks,aq hamil 7 minggu dan minum obat diare sudah skitar 3-5butir
Ada dampak gak ya kira2?
Jadi kepikiran dan ngerasa bersalah T.T

lovely echa arghubi mengatakan...

Hiks hiks,aq hamil 7 minggu dan minum obat diare sudah skitar 3-5butir
Ada dampak gak ya kira2?
Jadi kepikiran dan ngerasa bersalah T.T

lovely echa arghubi mengatakan...

Perkembangan anaknya bagaimana?

jus manggis murah mengatakan...

blog nya mantap,keren

distributor jelly gamat mengatakan...

i like it your post

ultrabook terbaru mengatakan...

Selama setahun terakhir ini saya selalu berusaha menghindari obat jika ada sesuatu. Alhamdulillah selalu bisa sembuh secara alami.

Anonim mengatakan...


Why free keyword software won't solve your problem.But this will.

If you are looking for complimentary keyword software, you will want it to be able to do certain things.I call them 'the 4 golden rules'.They are the cornerstone to any profitable marketing attack for any keyword.I have used many keyword programs and this particular one is worth downloading even if the test period is limited!You can dig up more useful keywords in one hour with this event than you could with other chargeless keyword software tools in an 8 hour span.
Free keyword software
If you want killer keywords that hit every time from keyword software, you want it to be able to provide you with the following information:
* Relevancy-This part of the equation deals with a certain keyword or keyword phrase having to do with whatever creation or service you are selling.If you were running a pet store you would look for certain animal terms being searched on and so on.But even more outstanding there are terms that fall outside those words 'parrot' or 'dog' specifically.These are called lateral terms.Market samurai finds these for you as a matter of usual practice so you don't have to rack your brain on brainstorming for keywords that are related to the normal ones.This is the one most people do the right kind of research on.
* Traffic-Of rule this element of the equation is major to [URL=http://www.okay2shoes.net][b]gucci shoes for men[/b][/URL] the 'nines'(Very important).If you don't have this part down, your clearly not going to be making a whole lot of traffic.This is painfully obvious to many, but sales alone is not enough to span the river.Which of procedure brings us to the next factor in determining good keywords.
* Competition-This is the step almost everyone drops the ball on.And they do to their own painful [URL=http://www.okay2shoes.net/nikeairjordanairjordan8-c-1_16.html][b]nike air jordan 8[/b][/URL] detriment.If this step of the evaluation process is overlooked, your article or post will be buried in binary secret on the bottom of the shoes of all the other web sites stepping on your head.Market samurai chops this step below par with one focused and authoritative swipe of the sword and hands you the prize.
* Conversion-I would rather have 2 visitors a day with one that converted(Produced a sale)Than a million visitors a day with no conversions or traffic whatsoever.So traffic without conversion is really pretty useless.Chargeless keyword software market samurai makes sure that this crucial step is covered.


Variasi mobil mengatakan...

banyak pantangannya ya buat orang hamil itu.

adit wanio mengatakan...

infonya bagus sekali. makasih

vance lobo mengatakan...

Istri ku lagi hamil tu saat ini.. trus sering sekali.migrain ditambah sakit gigi... dah priksa ke dokter dan hanya dikasikan paracetamol... tapi tetep aja sakit kepala nya ga sembuh2... kira2 bagusnya dikasih obat apa ? Ada yang saranin buat make Dumin, tapi sampai skarang masih ga brani buat ngasih obat tersebut..