Selasa, 24 April 2012

Belitong, Aku Datang

Sampailah aku di pulau ini. Pulau cantik yang makin tersohor sejak syuting film 'Laskar Pelangi'. Aku ya baru pertama kali kemari. Dan perjalanan dinas ini mengantarkanku dan 2 orang rekanku kemari, dari Senin sampai hari Jum'at pagi. Perjalanan dinas pedana di kantor baruku. Senang dong...

Kami sampai di Bandara Tanjung Pandan jam 12.35 WIB setelah menempuh perjalanan dengan Sky Air selama lebih kurang 1 jam 10 menit. Adapun Sky Air, sebuah pesawat yang kecil hanya bermuatan sekitar 60 orang, jadwal penerbangannya hanya ada 2 kali dalam 1 pekan. Mungkin karena pesawatnya kecil, jadi kemarin aku agak kaget juga saat merasakan guncangan yang lumayan keras, maklum baru pertama kalinya naik pesawat serupa ini.

Dan saat sampai di bandara kami langsung dijemput menuju ke Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, seperti yang tertulis dalam surat tugas kami. Tapi sepanjang jalan, papan nama yang kubaca tertulis Belitong lho, hmmm... jadi ingat yang dikisahkan dalam Laskar Pelangi, Andrea Hirata menyebut tempat ini dengan nama Belitong, bukan Belitung.

Apapun namanya, namun yang kutangkap secara fisik kota ini sangatlah damai, tentram tapi panas. Kalau saja kemarin diukur suhunya mungkin mencapai 39 lebih. Kalau hujan suhu bisa terasa dingin yang menggigit. Sebuah kondisi suhu yang tergolong ekstrim. Tentang kondisi lalu lintas, kota kecil ini sangat anti macet, ya iya lah... tapi apa penyebabnya? Salah satunya di kota ini tak ada angkot. Hanya ada ojek, itupun jarang, tak tampak juga pangkalan ojek resmi. Katanya dulu angkot pernah ada, tapi hanya bertahan sebentar, sepi. Ndak laku, karena penduduk Belitong rata-rata punya kendaraan pribadi.

Singkat cerita selesailah prosesi lapor-melapor kami di pada Senin siang (23/4), sedangkan ke lokasi akan dilanjutkan hari ini, Selasa (24/4). Kamipun berburu mencari hotel, syukurnya dapat yang murah persis di bibir Pantai Tanjung Pendam, masih di kisaran pusat kota. Mau cari makan atau jajanan semuanya dekat. Pas dech pokoknya. Ba'da ashar kamipun diajak jalan ke sebuah pantai yang dulu pernah dipakai syuting Laskar Pelangi itu lho...

Arah keluar kota, sekitar 30 menit waktu yang kami butuhkan untuk mencapainya. Terletak di desa Tanjung Tinggi, inilah juga yang membuat pantai ini dikenal juga dengan nama Pantai Tanjung Tinggi. Sebenarnya sepanjang jalan banyak juga pantai lainnya, ada yang namanya Tanjung Kelayang, Bukit Berahu. Tapi mungkin, lagi-lagi karena promosi berbau 'Laskar Pelangi' kami langsung saja dibawa ke Tanjung Tinggi.


 

Kamipun disambut oleh sebuah panorama senja yang sulit kulukiskan dengan kata-kata. Apalagi dengan foto-foto yang aku ambil hanya dengan kamera hp ini, sangat tak mewakili. Aku tahu. Tapi ya itu, aku hanya ingin bercerita. Aku bahagia. Serasa bermimpi aku bisa sampai ke tempat ini. Segala puji hanya bagi-Mu... Semoga suatu saat bisa liburan keluarga ke pantai semenawan ini. Teringatku kata Bang Andrea di Endensor "Tuhan akan memeluk mimpimu", maka jangan pernah berhenti bermimpi...

21 komentar:

risa mengatakan...

senangnya bisa berkesempatan berkunjung ke sana ..
aku kapan ya???

Hariyanti Sukma mengatakan...

saya juga pengen punya mimpi bisa berkunjung kesana, mbak..... Pemandangannya indanh sekali.
kangen nih mbak , lama gak kesini.

Thanjawa Arif mengatakan...

pengalaman yang sangat menarik ya mbak

dey mengatakan...

Indahnya ....

Pakdde Cholik mengatakan...

Menyesal oh menyesal.
satuan bawah saya yang di Belitungh belum pernah saya tengok lho.
Malah Bangka sudah bolak-balik.
Mudah2an suatu waktu bisa ke Palembang lagi dan meninjau Bangka, Belitung.
Selamat jalan2 bu dokter
Salam hangat dari Surabaya

Ita mengatakan...

Aku sudah jatuh cinta sama pantainya sejak liat film laskar pelangi. Indahhhh..
Kapan ya kesana..

.:diah:. mengatakan...

huaaaaaaa mupeeng, pengen juga main kesanaaa..

aiihh kita sama2 abis jalan2 karena mengemban tugas kantor ya Mbak, bedanya saya bukan di Belitong sih, tapi sama2 pake pesawat kecil, saya lebih kecil lagi kayaknya Mbak, lah muatannya cuma 20an orang saja, pas mau mendarat ampun deh dag dig dug nya *1st time juga soalnya :D

Anak Rantau mengatakan...

Foto yang paling bawah bagus banget mbak.

Mami Zidane mengatakan...

wuaah...seru nya berkunjung ke belitong ya mbak...

Bunda Kanaya mengatakan...

indahnya... deket dari palembang ya ternyata...

nicamperenique mengatakan...

Sudah main ke Bangka, sudah mencicipi ikan bakar di Bangka yang ikannya baru ditangkap, tapi ke Belitung yang katanya cuma selemparan batu itu malah blom2an sampai hari ini.
semoga setelah mbaca ini ada rejeki yang bisa mengantar kami melihat indahnya Belitung :D

Djangkies mengatakan...

wah njepret pake hape saja sudah sangat bagus sudut pengambilannya. Subhanalloh pantai selalu memberikan makna tersendiri untuk dinikmati

DewiFatma mengatakan...

Duh ngiri aku. Pengen banget ke sana. Aku pengen liat bekas sekolahan Laskar Pelangi dan Pasar Ikan tempat si Haikal kabur dari sekolahan..huhu.. Kapan yah aku bisa kesana???

srulz mengatakan...

serasa, kayak pertama kali aku membaca novel laskar pelangi.. :D

cara mengobati kanker paru-paru mengatakan...

Welcome back...

Nurmayanti Zain mengatakan...

MasyaAllah... sepertinya damai sekali.. ahhhhh---
suka quotenya edensor, "Tuhan akan memeluk mimpimu", maka jangan pernah berhenti bermimpi...

Diandra mengatakan...

waaaah....asyik bisa berkunjung ke Belitong
pantainya indah2 ya...?

Monda mengatakan...

Belitong pulau impian ...., cantiknya subhanallah

Hany Von Gillern mengatakan...

selama ini aku juga selalu nyebut dan nulis belitung ... ternyata Belitong. tfs mbak ...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah jadi inget pas jalan2 ke pantai itu. indah banget lho, mbak. ya kapan2 mbak harus ajak keluarga ke sana

Rio Saputra mengatakan...

InsyaAlllah, Jika Ke sana, Mw Kerumah Andre Hirata..hehe