Jumat, 09 Maret 2012

Lenggang Panggang & Orang Pusat

Mari kutambahkan satu info makanan khas Palembang lainnya. Lenggang panggang namanya. Bahan dasarnya sama dengan pempek. Ikan dan sagu. Cara makannyapun sama, pakai cuko. Sepengamatanku yang paling terasa asli adalah LENGGANG PANGGANG di Sudi Mampir, atau juga dikenal dengan nama PEMPEK SAGA. Ikannya asli gabus, dipadukan dengan telur bebek. Cukonya kental dan pas dilidah banyak orang *udah kayak promosikah? hehe... Konon dulu tempatnya bekas bioskop SAGA. Lokasinya strategis di Jantung Kota, persis di depan Kantor Walikota. Pokoknya kalau ke Palembang mudah nyarinyo ;) pake baso Palembang tanyo be, hehe... geser sedikit dari Bundaran Masjid Agung.

Seporsi LENGGANG PANGGANG Rp. 15.000,-

Jujur tak sering kami sekeluarga kemari, karena selain ramai juga lumayan jauh dari rumah. Lagian rasanya yang mirip pempek membuatku sudah biasa membuat tiruannya di rumah. Mudah saja, pempek lenjer dipotong-potong, dicampur dengan telur kemudian digoreng. Lenggang goreng kami menamainya. Makannyapun pakai cuko, srrreppp tak kalah eunaknya dengan yang di SUDI MAMPIR. 


Soal ke SUDI MAMPIR, kami ke sana biasanya kalau ada kerabat atau sahabat yang datang dari jauh. Yuuuppss semacam menyambut tamu. Seperti kemarin. Ada seorang sahabat kami yang datang dalam rangka kunjungan dinas. Kamipun mengajaknya mencicipi kekhasan LENGGANG PANGGANG, tapi sayangnya beliau masih penasaran dengan KAPAL SELAM. Jadilah aku dan suami saja yang ber-LENGGANG-ria :lol: 


Ami Jaya dan Abinya Hamas.
Lokasi di Benteng Kuto Besak, tepian Musi.
Sesaat setelah sampainya Ami Jaya di Palembang.

Sahabat kami tersebut adalah seorang dokter yang pernah PTT di Puskesmas Sukabumi dulu. Masih junior 4 tahun dariku. Namanya dr. Jaya Supriyanto, alumni FK UNPAD. PTT setahun, selesai tahun 2008 akhir. Tak berapa lama kemudian ternyata beliau diterima sebagai PNS di Kementrian Kesehatan, langsung mendapat tugas di bagian Penanggulangan Krisis dan Bencana. Kami di Puskesmas dulu menjulukinya ORANG PUSAT. Kerjanya keliling nusantara, seputar Indonesia bahkan sampai luar negeri terkait pelatihan atau sebagai tim. Masih sering kami bersilaturahim via sms. Kadang khabarnya sudah di Papua, atau malah pernah Iedul Fitri harus dilaluinya di Thailand. Cerita petualangnya membuatku iri. 

Tapi lepas dari itu semua, kami sekeluarga merasa dengat dengannya, termasuk istrinya. Sayang kali ini kami hanya bertemu Ami Jaya saja. Kamis beliau datangnya, bertemu sebentar, beliau menginap di Hotel atas biaya dinas sampai Sabtu pagi. Jum'at malam baru kami bisa bertemu lebih lama. Yunda dan Hamaspun pada pertemuan di River Side semalam masih akrab, langsung ramai bercerita ini itu ;) Serangkaian kisahpun mengalir bebas kemana-mana. Maklum sejak perpishan 2008 lalu, Yunda dan Hamas baru kali ini bertemu lagi. Adapun aku dan suami pernah bertemu April 2010 lalu di Kantornya dalam rangka mengurusi SK Mutasiku. 

Dan sampailah pada satu khabar gembira, ya tepat hari Kamis (8/3) lalu SK MENKES atas kepindahanku sudah dalam genggaman. Senangnya. Mulai 1 April 2012 nanti aku sudah mulai berkantor di depan KODAM. Kantor Badan Tekhnik Lingkungan (BTKL) Palembang. Kantor Unit Kementrian Kesehatan yang ada di Palembang. Ahhaaa, ternyata akupun bakal jadi ORANG pegawai PUSAT  juga :D Namun sayangnya wilayah tugas hanya meliputi Bengkulu, Bangka dan Belitung. Bukan seluruh Indonesia, hikss... Khabar tak seberapa penting. Tapi serius, tolong do'akan aku bisa menjalani tugas baru ini dengan enjoy dan mampu segera beradaptasi dengan damai ya...

14 komentar:

HP Yitno mengatakan...

Itu lagi kopdar apa lagi meeting bisnis sob. Jembatan dibelakngnya jembatan apa ya?
Makanannya menggugah selera sob.

Djangkies mengatakan...

lenggang panggang ?, saya baru mendengarnya. itu makanan dari bahan apa ya Mbak Keke ?
dari DPP PKS pusat ya, manteb

Pemilik Restoran Suroboyo mengatakan...

Saya jarang makan lenggang lho, fanatik sama empek2, model, martabak HAR saja. He he he he..juga pindang patin dink...
Salam hangat dari Suroboyo

Citro Mduro mengatakan...

Semoga dapat menjalankan tugas baru dengan baik dan memberikan yang terbaik untuk seluruh masyarakat

salam dari pamekasan madura

Mami Zidane mengatakan...

pagi-pagi ngelihat gambar lenggang panggang, jadi laper nih mbak...hehe..

Tarry KittyHolic mengatakan...

Selamat untuk pencapaiannya mbak.... smoga makin sukses :)

Lenggang panggangnya bikin ngiler hikz

jiah al jafara mengatakan...

ikut mengaminiii :D

aduh, disana sini postingan makanan....

umahnya fityanakifah mengatakan...

barokillah...bentar lagi bakal keliling dunia dong, ikuuuuuuut :)

Obat Tradisional Kanker Prostat mengatakan...

amin,semoga dapat menjalani dengan baik dan cepat beradaptasi,,

wah keren ya temennya mbak,bisa sampai ke luar negeri,,,

Antaresa mengatakan...

wah dalam rangka menyambut teman toh. dari tampilan si lenggang, emang keliatan banget kaya pempek.
ditempatku kalo ada sodara atau teman biasanya saya ajak ke waroeng mangga indramayu, disana ada ayam sambel mangga dan sushi mangga juga mbak

alaika abdullah mengatakan...

wah selamat ya mba... semoga tugas-tugas yang diemban di tempat tugas yang baru nanti akan dapat dikerjakan dengan baik dan optimal, amin.

Nanti kalo suatu waktu aku ke Palembang, aku mau juga dunk diajak ke Sudi Mampir mba.... hehe

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

aku juga mau dong diajak makan disana :) mbak keke nih bikin aku mupeng aja sama makanan khas palembang. siang ini mau belielnggang ah

the-netwerk mengatakan...

nice :)
saya senang mengikuti postingan anda
postingan yang menarik .

salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
website kami.

hajarabis mengatakan...

i love ur post, keep share^^
mampir balik ke website kami yaa...
berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/