Sabtu, 17 Maret 2012

ONIGIRI

Kata 'ONIGIRI' aku temukan dalam buku resep masakan Bekal Praktis untuk ke Kantor yang baru saja kubeli  dengan voucher belanja Gramedia, hadiah dari GIVEAWAY: PRIBADI MANDIRI yang diselenggarakan oleh Imelda Coutrier dan Nicamperenique. Pertama kalinya pakai voucher Gramedia, sesuatu dong...

Awalnya aku mencari buku kumpulan resepnya Bunda Inong seperti yang pernah diceritakan Thia pada Cooking With Love, tertarik dan penasaran :D tapi sayangnya sedang tak ada stok, tak apa, akhirnya aku dapat buku lain yang Insya Allah bermanfaat, untuk jadi sahabat 8 Jam (pinjam istilahnya Orin), mengingat Senin besok aku masuk Kantor dengan rentang waktu sekitar 8 Jam selama 5 hari itu. Selama ini tak ada jam kerja yang jelas, cenderung 24 jam kalau sedang ada di rumah, mengingat aku tinggal di Rumdin persis samping Puskesmas :P

Kembali ke ONIGIRI, ternyata artinya kepalan tangan. Maksudnya membuat atau mencetak nasi dari kepalan tangan. SEDERHANA saja, seperti yang sering dilakukan kebanyakan Emak saat menyiapkan bekal sekolah anaknya, termasuk aku. Tapi namanya ONIGIRI, aku ya baru tahu setelah membaca buku Bekal Praktis untuk ke Kantor. 

Ala Bento ^^

Si ONIGIRI ada di halaman 14 -15.

Tip membuat ONIGIRI:
1. Untuk memudahkan, gunakan nasi hangat. Kalau dingin mudah buyar dong...
2. Celupkan tangan ke dalam air garam. Kalau suka asin lho yaaa...
3. Bisa dibuat dengan menggunakan serundeng kelapa yang gurih.
4. Tangan bisa dilapisi daun pisang atau plastik wrap saat membuat ONIGIRI.

Bagaimana ;) mudah kan yaaa... berlaku juga untuk bekal sekolah ananda.
Selamat berkreasi dengan bontot, selamat mencoba ber-ONIGIRI-ria...

23 komentar:

nicamperenique mengatakan...

ONOGIRI ato ONIGIRI mbak? :D

Andy mengatakan...

Onigiri bukanya makanan asli Jepang ya mba,wah aku paling kagak bisa mba makan makanan dari luar soalnya dah sering nyoba tapi tetap kagak ketelen :(

Lozz Akbar mengatakan...

Mbak Yunda saya siap menjadi testernya :)

Stupid monkey mengatakan...

Bungkusin satu ya, kirim ketempat ane, gak pake lama, hihihi, wew ^^

HP Yitno mengatakan...

Jadi onigiri itu nasi yang di kepal gitu ya. Seperti masakan masakan jepang gitu kan sob?

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

kalau untuk pascal sering buat mbak tapi kalau untuk suami ga pernah aku bentuk

BlogS of Hariyanto mengatakan...

jadi teringat almarhumah ibu saya yang dulunya suka juga membuat nasi dengan cara dikepal pake tangan..ternyata istilah Japanis-nya ONIGIRI ya :)

catatan kecilku mengatakan...

Aku baru tahu nih tentang si Onigiri mbak...
Karena aku catering jadinya jarang deh masak di rumah hehehe

srulz mengatakan...

hmmm... kayaknya enak juga mbk, kalau dalemnya dikasih abon.. :D

Ririe Khayan mengatakan...

kalau di desa saya pas ke sawah tandur..ada model di cetak pake kobok'an..trs di bungkus daun pisang..hemm..aroma daun pisang campur nasi panas nikmattt

nicamperenique mengatakan...

waktu masih sekolah dulu, setiap mau berangkat ujian, sama mamak dikepalkan nasi + telur ayam kampung, jadi sarapannya ya nasi kepal itu. cuma selama ujian saja. jadi sering kami menantikan momen ujian karena merasa diperlakukan istimewa dengan hadirnya nasi kepal hehehe

sekarang, saya yang sering mengepalkan nasi utk para ponakan. dikepal2 terus ditinggal. jadi mereka bisa memakannya tanpa remah di sana sini.
konon, nasi dikepal berkhasiat beda dengan nasi biasa. wallahu'alam :D

Mami Zidane mengatakan...

mungkin nasi nya harus pake nasi yang pulen ya mbak, biar lebih gampang di bentuk.

Pakde Cholik mengatakan...

Kalau Wonogiri adalah nama salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan jamu Air mancurnya.

Onogiri, kalau versi bahasa saya : Ono= Ada, Giri=Gunung, jadi onogiri artinya "ada gunung" ha ha ha ha...

Sepanjang sejarah persekolahanku, saya tak pernah diberi bekal makanan oleh emak, sangunya berupa uang saja dan sarapan di rumah.
Kayaknya Perlu juga membeli buku itu untuk tali asih kontes.

Salam hangat dari Surabaya

Makanan Sehat ala Blogger mengatakan...

Boleh juga dibuat tuh Onogirinya.
salam sayank selalu

Gemuk Kok Bangga mengatakan...

mau beli buku itu ach, siapa tahu bisa membuat bisnis bekal praktis.
salam sayank selalu

alaika abdullah mengatakan...

aku juga baru tau istilah Onigiri ini dari postinganmu nih mba... pengetahuan baru nih... jadi ingin bikin juga ah... tapi dibawa kemana ya? Intan lunchnya disediakan pihak sekolah sih... btw, bukunya itu menarik banget ya mba.... mau juga ah nanti di gramed. :)

TFS ya mba...

Bunda Kanaya mengatakan...

kalo saya enggak keburu mbak bikin onigiri buat bekal ke kantor hehehe, langsung aja nasih masuk tempat makan, tapi sampai kantor biasanya nasi udah berantakan...

bunda Lily mengatakan...

gampang banget ternyata bikinnya ya Yunda
apalagi kalau isi didalam di beri variasi , pasti anak2 akan lebih suka lagi yaaa.......

terimakasih krn telah berbagi, Yunda
salam

jiah al jafara mengatakan...

lidah desa, nyoba masakan ginian
kaget g yah?? :D

octarezka mengatakan...

onigiri itu..kayak lemper ya mbak?

Hany Von Gillern mengatakan...

Saya suka onigiri apalagi kalo di campur jamur :)

Sobat Bercahaya mengatakan...

wah makin disayang suami nih... :)

obat panas lambung mengatakan...

semoga menjadi informasi yang bermanfaat
salam kenal

NANGKRING.
obat tradisional lambung.
OBAT SAKIT GIGI ANAK .