Kamis, 05 Januari 2012

Vertigo membawa Ceria

Datuk bersama 3 cucu.
*Yunda, Akang Hamas dan Avig (Anak adikku)
Seperti yang pernah kutulis sebelumnya, bahwa Datuknya Hamas (Papaku) belakangan sering kurang sehat. Salah satu keluhan yang dirasakannya adalah Vertigo. Syukurnya jenis Vertigo yang sering dialami terkategori Vertigo ringan. Hanya merasa pusing berputar. Biasanya hanya dibawa istirahat hilang dech... catatan dengan posisi kepala kepala lebih tinggi dan menjaga agar pergerakan kepala tidak mendadak, termasuk didalamnya menoleh pelan-pelan dan mengangkat kepala saat bangun tidurpun perlahan.

Pada serangan pertama Vertigo, Datuk harus dirawat, karena muntah-muntah hebat yang sangat tiba-tiba. Ini terjadi pada Ramadhan 2 tahun yang lalu. Selanjutnya karena sudah kenal gejala, biasanya Datuk sukses mengendalikan Vertigonya. Ya hanya dengan minum obat antimual dan obat maag yang sudah disiapkan, biasanya gejalanya langsung hilang. Atau bila lebih awal disadari biasanya hanya dengan mengolesi daerah seputar telinga dengan minyak angin, langsung teratasi. Pada keadaan-keadaan seperti ini biasanya beliau tak mengabari kami para anaknya yang tinggal lain kota.

Tepat pada malam 1 Januari 2012 lalu, ternyata vertigo Datuk kambuh pada tingkat terparah. Muntah hebat sampai besoknyapun tak bisa makan. Badan lemas dan akhirnya penyakit lainpun ikutan nibrung. Maag dan diare. Hari ke 3 dari sakitnya, barulah kami di telfon Mamaku, huhuuuu... mengapa telat sekali ya? Itulah orangtua, mereka tak mau merepotkan anaknya. Ay si anak kenapa pula tak sensitif. Ah maafkan lah kami Pa ya... Dan kamipun segera meluncur.

Sampai di Blambangan Umpu Way Kanan, Datuk ternyata sudah membaik. Hanya nafasnya sedikit tersengal. Rupanya ada batuk juga. Aku tawari untuk dibekam, dengan sedikit penolakan, akhirnya aku berhasil memaksanya. Usai di bekam kemarin, Datuk tampak segar dan sumbringah. Ceria sekali. Ya ini faktor kesehatan yang sudah membaik sekaligus karena cucunya pada ngumpul kali ya ...

Vertigo Datuk, berhasil mengumpulkan para cucu dan membawa keceriaan di rumah bernomor 200 Blambangan Umpu tersebut.

Sejenak mengenal Vertigo, dari DokterSehat.com dan Wikipedia.

Vertigo berasal dari bahasa Yunani vertere yang artinya memutar.
Seorang yang menderita vertigo perasaannya seolah-olah dunia sekeliling berputar (vertigo objektif) atau penderita sendiri merasa berputar dalam ruangan (vertigo subjektif). Bagi masyarakat awam vertigo disebut juga sebagai tujuh keliling.
Penyebab Vertigo umumnya adalah: Keadaan lingkungan, motion sickness (mabuk darat, mabuk laut) obat-obatan, alkohol, gentamisin, kelainan sirkulasi transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak) pada arteri vertebral dan arteri basiler.

Ini yang suka mencemaskan diriku:
Terkadang vertigo juga merupakan salah satu gejala awal terjadinya stroke ringan, sebagai akibat pecahnya pembuluh darah akibat tekanan darah tinggi (hipertensi). Biasanya vertigo yang diakibatkan oleh kurangnya oksigen ke otak ini akan disertai dengan mual dan muntah-muntah. Untuk mencegah terjadinya dampak yang lebih berat akibat serangan stroke yang diawali dengan serangan vertigo, maka sesegewra mungkin periksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan penunjang, misalnya CT Scan atau MRI kepala. Jika diduga terdapat penurunan aliran darah ke otak, maka dilakukan pemeriksaan Angiogram, untuk melihat adanya sumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke otak.
Cemasnya Datuk pada Vertigonya:
Memang terserang vertigo bisa menjadi masalah berat bagi siapa saja. Pasalnya, selain mengganggu secara fisik seperti kehilangan keseimbangan, Vertigo juga kerap mengganggu psikologis. Seseorang yang terkena Vertigo biasanya kerap cemas. Maklum penyakit ini sering datang tiba-tiba tanpa pemisi. Meskipun hanya terserang Vertigo ringan, penderita sering harus berhenti beraktivitas secara total. Dan berhenti beraktivitas secara total inilah sangat tak disukai Datuk. Ngak suka disuruh istirahat...
Untuk itu pola hidup sehat tentu harus dijalankan, antara lain dengan menjaga asupan makanan bergizi, menjaga takaran karbohidrat, dengan menghindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol, mengurangi kafein, dan juga menghindari makanan berminyak wajib hukumnya karena bisa menjaga tubuh tetap sehat.

Tak kalah penting menghindari sumber elergi, karena alergi juga bisa menjadi salah satu pemicu vertigo. Alergi dapat menyebabkan terkumpulnya cairan dalam telinga dalam dan gejalanya mirip dengan sindrom meniere alias kerusakan telinga bagian dalam yang berakibat pada pendengaran dan keseimbangan. Datuk Hamas alergi dingin, maka sudah lama beliau tak berani minum es.

Gejala secara umum, penderita merasa seolah-olah dirinya bergerak atau berputar; atau penderita merasakan seolah-olah benda di sekitarnya bergerak atau berputar. Ini juga yang sering dialami Datuk, kemarin serangan tersebut berlanjut dan muntahnyapun sulit berhenti walau sudah dibawa tiduran.

Tentang pengobatan Vertigo, sangat tergantung kepada penyebabnya. Bila penyebab sudah diketahui, siapkan obat untuk pertolongan pertama. Dan bila sakit berlanjut segera hubungi dokter, jangan coba-coba minum obat semaunya sendiri.

# Terima kasih untuk semua yang sudah mendo'akan Papaku, Alhamdulillah hari ini beliau sudah jauh lebih sehat...


# Dan terima kasih juga untuk para sahabat yang sudah menebak aksi Hamas pada foto yang mendapatkan hadiah di 'Kontes Ayo Ngakak Sejenak'.  Yups benar sekali, foto yang dimaksud adalah foto yang memakai kaca mata orange. 


# Kami sekeluarga masih di Bumi Petani, Blambangan Umpu, Way Kanan. Lampung dengan sinyal yang hilang timbul, untuk BW masih sangat sulit, so maaf yaa...

28 komentar:

RanggaGoBloG mengatakan...

kalo sering pusing dan mual mual termasuk gejala vertigo gak yah...?? apa karena kebanyakan main game ":D

Ummi Nabil mengatakan...

selalu ada hikmah dari setiap kejadian ya mba

dey mengatakan...

Alhamdulillah, papa udah sehat kembali ...

Mbak, 10 tahun yang lalu saya pernah vertigo sampai muntah2 dan beberapa hari kemudian kena stroke ringan. Karena memang aku mengidap hipertensi dan saat itu aku sedang menghadapi situasi yg sulit di tempat kerja (stress juga kali ya ..). Alhamdulillahnya, hasil CT scan menunjukkan tidak ada pembuluh darah yang pecah.

Cukup sekali itu aja deh saya kena vertigo.

Makasih ya, info ini berguna sekali buat saya.

Ulla von Wieben mengatakan...

Wahhh lagi di Lampung ya ^^
Alhamdulillah Datuknya membalik :)

ketty husnia mengatakan...

syukurlah Papa mbak Keke sudah baikan..btw, yang membekam itu siapa mbak? koq sering baca postingan mbak Keke setelah bekam, baikan gitu..apakah keluarga mba bisa bekam? atau memang tukang bekam mudah diperoleh ya?? hehehe banyak tanya nih mbak..maafkan ya :)

bunda kanaya mengatakan...

pengobatan bekam memang banyak yang berhasil ya ummi... mamaku juga dulu rutin sebulan sekali

al kahfi mengatakan...

setidaknya saya jadi tau tentang vertigo ternyata juga gejala awal terjadinya stroke ringan, tapi mudah2an saya belum mengalami yg namanya vertigo ini...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

adik saya juga kena vertigo tapi sejak ikut fitnes jadi sembuh. mungkin utk orang tua bisa ikut tai chi atau senam ringan,mbak.

btw, bukunya sudah dikirim ya.

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

Allhamdulillah sudah sehat kembali ya bu,danblog ini sudah kembali bisa saya buka. ngeri juga ya bun efek dai vertigo

Nia mengatakan...

Alhamdulillah papanya Mbak Keke sudah sembuh.....smoga vertigonya ngga kumat lagi yachh....terimakasih infonya mbak....sangat berguna sekali

Lyliana Thia mengatakan...

mbak, dulu aku jd pernah vertigo... parah.. sampe nggak bisa bangun... waktu sma dan ptt... padahal tensi normal... entah penyebabnya apa.. tp sama dokter aku dikasih obat lambung.. mgkn gas lambung jg ya..

terakhir vertigo waktu melahirkan vania, waktu tensinya tinggu banget...

ternyata bekam dan kehadiran cucu2 bisa menyembuhkan Datuk ya mbak... syukurlah Datuk sudah sehat ya... ^_^

dhenok habibie mengatakan...

waaahh lagi di Lampung to yundo ini.. oleh-oleh yaa yundo, kripik pisang coklat.. okeh?! hehe :D

dulu dhe juga pernah kena gejala kayak vertigo gitu yundo.. tapi itu dulu dan dulu sering kumat.. tapi alhamdulillah tak lagi sekarang.. serem yaa ternyata vertigo itu..

Gaphe mengatakan...

saya punya temen yang kena vertigo, dan sepertinya memang kalau tidak dijaga dengan baik bisa kambuh sewaktu-waktu. pernah suatu ketika kumat sampai pingsan karena saking sakitnya. memang mengganggu sih, tetapi ada hikmahnya untuk menjaga diri lebih baik lagi.

semoga datuk tidak sering kambuh vertigonya

bunda Lily mengatakan...

Alhamdulillah, Datuk sudah sehat kembali .......

Semoga Datuk selalu diberkahi dengan rezeki kesehatan oleh Allah swt ,aamiin

Bunda pernah sekali terserang vertigo diawal2 masuk masa menopause ,Yunda
dan, alhamdulillah, vertigo tsb utk yg pertama dan semoga saja juga yg terakhir :)
salam

mabrurisirampog mengatakan...

Alhamdulillah, kalau sudah membaik.

jadi tahu ttg vertigo ini, dan alhamdulillah semoga saja saya tak mengalaminya.. :D

Dri setiap kejadian, pasti selalu ada hikmah yang bisa dipetik :D

yuniari nukti mengatakan...

Tak ada yang bisa membahagiakan orang tua selain bertemu dengan Cucu ya Mbak.. :)

jiah al jafara mengatakan...

semoga selalu sehattt~
nambah ilmu nih ^^

alaika abdullah mengatakan...

vertigo ini memang meresahkan mba... aku pernah mengalami serangannya beberapa tahun yang lalu. Penyebabnya karena aku lelah oleh perjalanan keluar daerah sepanjang tahun itu, kurang istirahat. Hingga suatu pagi ketika bangun tidur, aku merasa seakan dunia ini berputar, pusing dan tak mampu bangkit dari tempat tidur. Untung kantorku sigap, saat kutelp mrk segera kirim driver utk antar ke RS dan aku segera ditangani dokter. Diberi obat2an dan istirahat yang cukup.

Alhamdulillah dan Insyaallah si vertigo tidak menyapaku lagi...

Informasi di artikelmu sangat membantu mba... trims. Semoga papamu juga dapat sehat kembali ya .... amin.

rusydi hikmawan mengatakan...

semoga semua kita sehat2 saja. jadi inget dulu bapak saya juga pernah kena vertigo, tapi kata temen, tenang aja, bener gak sampe stroke. yang namanya sakit memang bikin gak tenang, tapi semua tetep ceria ya

Dee Ayu mengatakan...

alhamdulillah jika sudah baik ya Mba, semoga Papanya diberikan kesehatan terus. Aamiin..

Terima kasih sharing-an mengenai vertigo nya :)

ajeng rismaniar mengatakan...

Semoga sehat selalu yah buat ayahnya...
:0

Yayack Faqih mengatakan...

saya baru tau sekarang kalo ada penyakit yg punya nama vertigo, mungkin umum yg artinya bsa di alami oleh banyak orang cuma beda nama aja kali ya buu.. Terimakasih sharenya mudah2an bsa bermanfaat di kemudian hari. Salam :)

tunsa mengatakan...

vertigo memang menyakitkan, saya alhamdulillah tidak terkena, tapi melihat cerita orang-orang sekitar saya jadi takut.. :(
salam

the-netwerk mengatakan...

nice :)
saya senang mengikuti postingan anda
postingan yang menarik .

salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
website kami.

hajarabis mengatakan...

i love ur post, keep share^^
mampir balik ke website kami yaa...

obat tradisional hepatitis mengatakan...

barui denger mbak saya penyakit vertigo,kurang update..
mbak apa penyakit vertigo itu berbahaya??

kakaakin mengatakan...

Hehe... saya nih sering terserang vertigo setiap kali naik ambulan saat merujuk pasien ke rumah sakit. Ampun deh, supir ambulan kami... Mungkin bisa ikut balapan formula 1 :D

sanman mengatakan...

Semoga sehat selalu ya buat papanya...