Jumat, 04 November 2011

Kambing dan Susu Kambing

Jaga kesehatan ya...
Makan yang banyak,
Istirahat yang cukup,
Aku ndak mau kamu sakit lho...
Karena hari H kita tinggal sebentar lagi....

         Pesan spesial untuk Kambing Tersayang.         
(Tertanda Panitia Qurban)

Dan dengarlah jawaban sang Kambing Jawara...


photo edited for free at www.pizap.com


Ragam rahasia seputar kambing, diantaranya…

1. Memelihara kambing merupakan sunnah Nabi-nabi. Walaupun ada unta, namun para nabi juga ditarbiyahkan dengan mengembala  kambing.

2. Kambing termasuk binatang yang hidup berkelompok, walaupun ada yang suka juga memisahkan dii. Sering dalam satu kumpulan kambing mesti ada seekor yang lari. Jadi, kesabaran pengembala diuji disini.

3. Kambing suka makan rumput. Tapi kambing anehnya ia tak suka makan di padang terdekat yang disediakan untuknya. Kambing lebih suka makan tanaman tetangga. Maknanya, memelihara kambing memerlukan pengawasan yang maksimal dari pengembalanya.

4. ”Saya pergi ke Mekkah, saya melihat kambing-kambing ini menjilati lumut yang melekat diatas batu”  kesaksian Dr. Jamnul Azhar. Kambing ini menjilat lumut yang banyak sekali khasiat nya. Dan kita tidak boleh menjilat lumut maka kita dianjurkan minum susu kambing tersebut.


Mengembala kambing mampu mengajarkan rasa tawadhu’.  Apa bedanya bila memelihara  unta? Ada yang berpendapat karena unta lebih besar dibandingkan dengan kambing, seolah unta dan kambing diibaratkan kereta Ferrari dan kereta Kora. Dikhawatirkan jika memelihara unta akan lahir sifat mazmumah seperti sombong, riak dan bangga diri. Wallahu’alam…

Cerita tentang Susu Kambing.


Ada yang sudah pernah minum? Tahu khasiatnya kan?

Mengkonsumsi susu kambing adalah Sunnah Rasulullah, SAW.
Rahasia kecantikan Ratu Cleopatra dan cocok untuk menyehatkan segala usia.

Minuman susu yang paling digemari oleh Nabi Muhammad, SAW ialah susu kambing.

Susu Kambing adalah minuman yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Cocok untuk semua umur. Susu ini boleh diminum panas atau dingin, sesuai selera. Bahkan bisa  dibuat menjadi es cream, keju dan mentega. Sekarang semakin banyak industri kosmetik berbahan dasar  susu kambing seperti shampho, cream wajah, sabun, pewangi dan juga cream pencukur.
Kandungan dan Khasiat Susu Kambing

Berdasarkan kesimpulan dari beberapa referensi, bahwa susu kambing memiliki kandungan mineral yang sempurna dan sangat bermanfaat untuk memperbaiki system jaringan tubuh manusia diantaranya :
1. Mengandung Zincum (Zn) pembentuk system kekebalan tubuh
2. Mineral Alkaline baik untuk penderita Maag Kronis.
3. Zat Flourin serta betakasein,  Kandungan fluorine bermanfaat sebagai antiseptik alami dan dapat membantu menekan pembiakan bakteri di dalam tubuh. Bisa membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung, menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit, saluran napas dan pencernaan. Sangat disarankan bagi penderita Bronchitis, Asma, TBC, Pneumonia.
4. Kandungan A2-betakasein dan Asam Amino Esensial pembentuk Insulin berguna bagi penderita diabetes
5. Cynokobalamin pembentu zat Hb bagi penderita Demam berdarah, Anemia, Thalasemia
6. Kalium (K) berguna bagi penderita Arteriosclerosis, Tekanan Darah Tinggi maupun Darah Rendah
7. Enzim Xanthine Oxydase dan niasin (Vit B3) berfungsi mengatasi sel Kanker/Tumor dan mengurangi efek toksis kemoterapi
8. Kandungan Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan mencegah Osteoporosis
9. Kandungan MCTnya (Medium Chain Trygliseride) berguna bagi program Dietary dan penyembuhan akibat stroke
10. Kaya dengan lactoglobulin penahan protein penyebab alergi
11. Tingkat keasaman yang menyerupai kulit dapat melembabkan dan mempercantik kulit
12. Mengandung mineral, belerang metionin, riboflavin (Vit B2) dan B3 yang menumbuhkembangkan sel otak serta system saraf bagi kecerdasan anak.
13. Riboflavin (Vit B2) bermanfaat menurunkan frekuensi serangan migrain
14. Lactoferrin (LF), lactoperoxidase, lysozyme dan peptide dapat meningkatkan aktivitas CD4 dan sel T sebagai pembentuk system kekebalan tubuh bagi penderita infeksi virus HIV

Dikutip dari dr. Zen Djaja MD, Praktisi pengobatan herbal dan dr. Imelda Margaretha, Healt Consultan PT Diamond Interest International


Susu kambing dapat meningkatkan IQ dan EQ.
Susu kambing adalah susu yang kandungannya mendekati kandungan ASI. 
Jadi, susu kambing BAIK dijadikan sebagai supplement dan BUKAN menggantikan ASI.

Susu kambing mudah dicerna dan mempunyai kalori yang tinggi. Susu kambing juga kaya dengan enzim yang diperlukan oleh manusia. Kadar lemak, protein dan air dalam susu kambing menyamai kadar lemak, protein dalam ASI. 

Semua anak-anak boleh minum susu kambing. Tidak masalah, bahkan buat yang alergi susu sapi sekalipun.  Bagi orang dewasa, susu kambing juga baik sebagai  pencahar alami yang dapat mencegah penyakit undigestable food (sembelit).

Ia juga dapat meningkatkan stamina baik lelaki maupun perempuan. Bahkan menurut Dr. Jamnul Azhar Mulkan; ”Perempuan-perempuan yang ingin awet muda disarankan untuk minum susu kambing secara teratur”

Susu kambing tidak akan rusak walaupun dibekukan. Khasiatnya tak kan hilang berbanding susu-susu lainnya. 
Ada riwayat yang mengungkap bahwa Nabi Muhammad, SAW meminum susu kambing pada setiap hari Selasa dan Jum’at. Ada juga yang meriwayatkan Nabi Muhammad, SAW meminum segelas susu kambing hangat sebelum tidur. 

)* dari banyak sumber...

28 komentar:

Lyliana Thia mengatakan...

Mbak.. Jujur aku blm pernah minum susu kambing... Ternyata banyak sekali manfaatnya ya.. Dan aman utk yg alergi tnyata (vania alergi keju mbak..)

Ada gak sih kemasan kecil2 susu kambing itu mbak? Spt susu uht ultra gitu..?

Thanks for sharing mbak keke.. ^_^

hilsya mengatakan...

ada yg bentuk tablet.. mesi ditambah flavor, baunya tetep kuat... gimana cara nelennya ya?

al kahfi mengatakan...

kalau di mekah kambing makan lumut di bebatuan , mungkin karena di mekah juga tdk ada rumput kali ya,, sehingga naluri bertahan hidupnya nemu lumut di bebatuan yg byk mineral dan byk mengandung hasiat

bunda Lily mengatakan...

subhanallah, ternyata banyak sekali khasiat dr susu kambing,Yunda
namun masih kurang ya promosinya...
terimakasih utk sharing hal yg bermanfaat ini, Yunda
salam

Adini mengatakan...

Subhanallah ya Yun, tapi sangat di sayangkan banget untuk aku....apapun yang dari kambing aku gak suka, jadi bisa dibilang sudah besar gini aku belum pernah makan daging kambing apalagi susu kambing.

Kalau suamiku hmmm rajanya, suka banget..

Djangan Pakies mengatakan...

wah komplit sekali, hampir semmua aspek tertuang di tulisan ini, manteb.
Kalo minum secara langsung belum pernah, selama ini hanya mengkonsumsi susu kambing etawa dalam bentuk tablet, cuman akhir-akhir ini jadi sering lupa meminumnya karena lagi seneng minum kapsul habat

Mulyani - Ibunya Dini mengatakan...

Suamiku suka kambing, diapain aj adia suka....kalau aku sama Dini gak suka, sampai skg aku belum pernah makan kambing apalagi susunya....

dey mengatakan...

kata Fauzan, susu kambing itu enak ... hehe, saya sendiri belum pernah coba.
Fauzan saya kasih susu kambing karena dia sering batuk2 & pernah kena TB paru. Memang sih, harga susu kambing jauh lebih mahal dari susu sapi ..

mabrurisirampog mengatakan...

subhanallah, khasiatnya ternyata luar biasa,,
saya sendiri yang juga punya kambing malah blum pernah minum susu kambing.. :D

bunda kanaya mengatakan...

paragraf pertama... adddaaa aja si ummi...hehehe

Sitti Rasuna Wibawa mengatakan...

Aku belum pernah minum susu kambing~
udah geli sama bau prengusnya :-s

Hajarabis mengatakan...

hanya ingin mengikuti postingan agan .
postingan yang menarik dan menambah pengetahuan .
makasih infonya yya gan .

sempatkan mampir ke website kami
http://www.hajarabis.com

dunia kecil indi mengatakan...

iya, bagus ya buat naikin cd 4. memang kaya manfaat. sayangnya aku gampang terharu kalau lihat kambing disembelih... *ga nyambung* hehehe...

Nia Angga mengatakan...

pengen minum susu kambing, tapi geli bayangin minum susu segar hehehe... (takut amis)
ada yang udah dikemas kayak UHT or susu pasteurisasi gak sih?

Orin mengatakan...

Sepertinya saya blm pernah minum Ummi, entah ya kalo msh kecil dulu..

jadi pengen, banyak sekali khasiatnya, hunting ah ;)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hahaha kirain sms dari suaminya.hahhaa

Lyliana Thia mengatakan...

mbak Keke... aku kembali lagi... ^_^

ada PR buat mbak Keke ya, selamat mengerjakan... :-D

http://www.thegreenpensieve.com/2011/11/momori-masa-kecil.html

Mama Ani mengatakan...

hmmmmm....... minum susu kambing ? gak dl deh, takut amis.. hehhehe

Puji mengatakan...

Saya juga suka beternak kambing bu, meski hanya dalam sekala kecil. ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari beternak kambing maupun ayam.

Beternak juga merupakan sunnah yang dicontohkan oleh Rosul Saw. Dengan menghargai para peternak juga berarti menghargai hidup.

Thanks sharenya

panduan belajar blog mengatakan...

wah, gak kebayang ya bagaimana rasanya susu kambing. :D
#belumpernahnyoba

kakaakin mengatakan...

Saya juga belum pernah nyoba susu kambing nih, Mbak.
Keknya gak ada yang jual di sekitaran saya :)

umahnya fityanakifah mengatakan...

susu kambing enak, sunnah ^_*

Tarry KittyHolic mengatakan...

Kayaknya tadi udah kesini tapi belum comment.
Sayangnya saya kok ga doyan susu segar (kambing) ya?? Dagingnya kambing juga ga doyan hikz

Mbak Yunda ada PR sudahkah mengerjakan?? Hehehe
http://tarryholic.blogspot.com/2011/11/pr-sekolah-dasar.html

catatan kecilku mengatakan...

Aku belum pernah tuh minum susu kambing... kalau makan daging kambing sih doyan banget hehehe

Ejawantah's Blog mengatakan...

Lengkap dengan penjabaran manfaat dari susu kambing. Semoga ini dapat bermanfaat untuk kita semua dalam hal bukan saja proses pengobatan, namun juga dalam hal pencegahan dan pemeliharaan kesehatan.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

aku belum pernah minum susu kambing loh bun, rasanya gimana tuh?

Pakde Cholik mengatakan...

Wah wah..ternya kambing mempunyai kisah yang unik dan menarik ya bu dokter.

Selain dagingnya enak dan bermanfaat ternyata ada makna yang lebih dalam dari seekor kambing.
Saya belum pernah minum susu kambing, apalagi langsung glex di tempatnya.

Saya sudah berhenti makan daing kambing sejak di Palembang.

Salam hangat dari Surabaya

Susindra mengatakan...

Membaca posting mbak Yunda, selalu menemukan hal baru. Sangat islami, sangat informatif. Terima kasih, ya...
Alhamdulillah pernah minum susu kambing waktu kuliah dulu. Sekarang dekat dengan tetangga yang memelihara kambing, tapi malah tak pernah minum. Malah cenderung sebel karena suka makan tanaman hiasku. (sesuai dengan posting mbak Yunda, nih. Sayang tetangga pemilik kambing tidak bisa memelihara kambing dengan benar)