Minggu, 19 Juni 2011

Undangan Menulis

Menulis Tentang September 

September, adalah bulan yang penuh suka cita untukku. Ada banyak cerita yang berlabuh dan menyisakan segaris senyum di balik bibirku. Aku pernah memiliki dan kehilangan di bulan penuh cinta itu. Pun pernah tersenyum juga meratap pada bulan yang selalu hadir di tiap tahunku. Dan pada akhirnya, aku ingin September memberikan warna pelangi untukku. 


Tahun ini aku ingin menyambut September dengan mengundang para sahabat untuk membuat cerpen atau puis bertema september, dengan ketentuan :

Cerpen :
1. Cerita boleh Fiksi/Non Fiksi berisi tentang apa saja yang berhubungan dengan September, boleh tentang cinta, persahabatan, misteri atau hal lainnya.
2. Naskah diketik di Mic. Word 2003/2007 dengan format TNR12, spasi 1,5. Minimal 4 halaman dan maksimal 10 halaman.
3. Gunakan kalimat yang ringan dan mudah dipahami, dengan tetap memperhatikan EYD dan kaidah penulisan yang berlaku.
4. Kirim naskah ke alamat email : antologi.gado2@gmail.com, dengan format SEPTEMBER_NAMA PENGIRIM_JUDUL.
Contoh : SEPTEMBER_ANI_SEPTEMBER YANG BIRU.
5. Melengkapi naskah dengan biodata narasi maksimal 250kata lengkapi dengan prestasi yang dimiliki, nama lengkap, nama pena dan alamat FB (bila memiliki FB) atau alamat blog (bila hanya memiliki blog)
6. Memposting info Undangan ini di Note FB/Blog masing-masing (hanya info Undangan ini dan bukan cerpen/puisi yang dikirim) dengan meng-tag 20 nama sahabat.

Puisi :
1. Wajib mencantumkan kata September.
2. Puisi diketik di Mic. Word 2003/2007 dengan Format TrebuchetMS 12, Spasi 1,5.
3. Jumlah kata maksimal 300 kata.
4. Kirim naskah ke alamat email : antologi.gado2@gmail.com, dengan format SEPTEMBER2_NAMA PENGIRIM_JUDUL.
Contoh : SEPTEMBER2_ANI_RIAKKU DALAM SEPTEMBER.
5. Melengkapi naskah dengan biodata narasi maksimal 250kata lengkapi dengan prestasi yang dimiliki, nama lengkap, nama pena dan alamat FB (bila memiliki FB) atau alamat blog (bila hanya memiliki blog).
6. Memposting info Undangan ini di Note FB/Blog masing-masing (hanya info Undangan ini dan bukan cerpen/puisi yang dikirim) dengan meng-tag 20 nama sahabat.

Ketentuan lainnya :
1. Naskah ditunggu paling lambat 10 Juli 2011 jam 18.00 WIB.
2. 20 Naskah cerpen dan 50 buah puisi terpilih akan diusahakan untuk diterbitkan di penerbit major. Atau bila tidak memungkinkan, akan diterbitkan secara indie.
3. Jika naskah cerpen dan puisi akhirnya diterbitkan di penerbit Indie, maka kontributor tidak mendapatkan royalti, akan tetapi 10 naskah terbaik akan mendapat masing-masing 1 eksemplar buku.
4. 3 Naskah terbaik utama akan mendapat hadiah berupa bingkisan buku dan pulsa yang nominalnya akan diberitahukan lebih lanjut.
Saya tunggu naskah dari seluruh sahabat yang akan bergabung.

*** 

Lowongan Naskah Antologi

Konsep Materi

  1. Konflik Kekerasan (kisah-kisah mereka yang mengalami tindakan disakiti baik secara fisik, mental, maupun intelektual (atau cerita orang lain yang boleh dituliskan) beserta cara serta usaha mereka untuk keluar dari permasalahan tersebut. Cerita kisah nyata, menyentuh, dan memberikan solusi. Artinya pelakunya sekarang sudah tidak lagi mengalami masalah tersebut. 
  2. Anak Pertama (saat-saat menunggu kelahiran anak pertama yang penuh dengan kenangan istimewa; kecemasan, panic, harap cemas, ngidam, tradisi, mitos-mitos yang menakutkan, sendirian karena suami tugas jauh, kasus-kasus penyakit, kelahiran yang sulit, campur tangan ortu dan mertua, dll) yang perlu dishare kepada orang lain dan solusi praktis yang telah dilakukan, sehingga orang lain bisa belajar dan bercermin bahwa kehamilan pertama kali bukanlah hal yang seram seperti banyaknya mitos yang beredar di kalangan pasangan muda. Laki-laki juga boleh menulis, karena ada banyak kisah istrinya yang hamil, yang jadi bawel ngidam dan aneh-aneh suaminya.
  3. Indahnya Memaafkan (setiap orang pernah melakukan kesalahan, disakiti dan didzalimi orang lain, tanpa bisa melawan atau mencari pembelaan, pernah terkena dampak kasus-kasus fitnah, persekongkolan, pengkhianatan, dll) yang membuat terpuruk dan tidak bisa menyelesaikan. Dendam, menyimpan sakit hati, iri dengki, dan tidak rela, pasti ada dalam kondisi seperti ini dan sepertinya “tidak akan memberi maaf” tetapi memaafkan jauh lebih penting, efeknya baik. Mesti ada satu hal-hal yang tertera dalam cerita kenapa akhirnya bersedia memaafkan dan apa akibatnya setelah memaafkan tersebut.
  4. Titik Balik (masa di mana seseorang berubah menjadi lebih baik; dari pecandu narkoba menjadi relawan rehabilitasi narkoba; dari orang yang pemalas menjadi rajin, dari strata minded (melihat seseorang berdasarkan kelas harta dan tahta menjadi orang yang egaliter dan social kepada siapa saja); dari pendendam yang gampang iri dengki, menjadi baik hati; pesimis ke optimis, dan hal-hal besar yang mendasari setiap perubahannya.
  5. Jujur (antologi fiksi komedi yang seluruh tokoh utamanya menggunakan nama Jujur). Kisah boleh apa saja yang penting komedi cerdas, lucu, kocak, menghibur. Tujuannya untuk mengingatkan kembali bahwa kejujuran itu penting dan mulia. Walaupun banyak orang yang menganggap jujur itu barang langka dan mahal harganya, tapi jujur sebenarnya selalu membawa kebaikan.

Aturan Umum
  1. Peserta adalah warga Negara Indonesia.
  2. Tidak SARA.
  3. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan bisa diterima, tidak menggunakan bahasa alay yang penuh singkatan dan tidak bisa dimengerti.
  4. Bukan berupa hujatan, caci maki, atau mendeskriditkan pihak lain.
  5. Tidak menggunakan kosakata kasar.
  6. Judul harus dalam bahasa Indonesia.
  7. Memenuhi aturan khusus yang ditentukan.

Aturan Khusus
  1. Di setiap konsep materi, satu penulis hanya boleh mengirim satu naskah.
  2. Naskah terdiri dari 8-10 halaman A-4, spasi 1.5 antar paragraph tidak ada jarak, batas kiri atas 4 cm, kanan bawah 3 cm, times new roman 12 point. Tiap-tiap halaman diberi nomor.
  3. Biodata dan foto disertakan di halaman terakhir naskah dengan format: foto, nama lengkap dan atau nama pena, tanggal lahir, pendidikan terakhir, pekerjaan, domisili, dan contact email. Semuanya ditulis dalam huruf miring, kecuali id email. Biodata yang lengkap dikirimkan dalam file tersendiri.
  4. Batas akhir pengiriman naskah 24 Juli 2011. Makin cepat makin baik, tidak perlu menunggu deadline kalau anda sudah memiliki naskah yang dirasa sesuai dan memenuhi syarat.
  5. Pengiriman file naskah ke griyakinoysan@yahoo.com dengan format “konsep dan nama penulis” misalnya “Konflik Kekerasan-Rani”; biodata dikirimkan dengan format “konsep, biodata, dan nama penulis” misalnya “Konflik Kekerasan-Biodata-Rani”.
  6. Pengumuman naskah yang lolos seleksi tanggal 6 Agustus 2011.
  7. Editor Griya Kinoysan berhak mengedit naskah yang lolos seleksi, termasuk mengganti judul, menyarankan nama pena yang tepat, dan lain-lain berkaitan dengan naskah tanpa mengubah substansi materi.

Silakan teman-teman memilih dan mengikuti mana yang paling cocok dengan kisah-kisah yang anda miliki. Silakan share ke teman-teman lainnya dan ajak mereka yang tertarik untuk menulis.

Salam menulis,
Ari Kinoysan W
Griya Kinoysan

***

by Awam Penulis Instan on Wednesday, 25 May 2011 at 22:35

Audisi Naskah " PERINDU SAMARA"
Ada istilah pernikahan seumur jagung.
Ada berita seorang suami yang hidup puluhan tahun tidur dengan "jasad istrinya" yang di awetkan.
Ada seorang teman yang masih usia belasan tahun tapi sudah berganti istri tiga kali.
Ada seorang kakek yang mengakhiri jalinan kasihnya bersama istri setelah bersama puluhan tahun.
Ada seorang pria beristri yang masih suka wakuncar dengan mantan pacar.
dan..... banyak lagi

Menikah adalah penting! Menikahlah segera....
Dalam rangka sosialisasi pentingnya pernikahan dan mencari naskah berkualitas dengan tema pernikahan. Ikutan yuk
Audisi Naskah " PERINDU SAMARA" 

Tema 1 : Jodoh Impian
 Khusus buat sobat yang belum nikah. Kira2 jodoh seperti apa sih yang paling diidam-diamkan. Trus, apa saja sih yang sudah dilakonin biar dapet jodoh seperti itu?

Tema 2 : Mengejar Jodoh
Kisah unik, kocak, tragis, waktu ngincer calon istri/suami. Kalo sampe jadi nikah, gimana kiatnya dan kalo batal gimana solusinya…

Tema 3 : Suami-istri yang aneh
Kira-kira apa saja kelakuan/kebiasaan istri atau suami yang tidak disukai dan menimbulkan konflik keluarga. Bila sampai bercerai apa alasannya. Bila langgeng gimana kiatnya.

Tema 4 : Samara
Khusus buat yang sudah ngejalani pernikahan lebih dari 5 tahun. Apa saja masalah yang paling berat dihadapi dan bagaimana kiat mengatasinya. (minimal 5 masalah)
PENGUMUMAN NASKAH TERPILIH HANYA JUDUL TANPA NAMA PENULIS UNTUK MENJAGA PRIVASI

Syarat Umum :
1. Seluruh peserta audisi harus menjadi teman Kang Rama Dani http://www.facebook.com/rhama.nirwana
2. Seluruh peserta audisi harus posting materi audisi ini di note FB (wajib ngetag Kang Rama Dani dan 19 teman lainnya). 3. Tulisan harus kisah nyata pribadi atau orang-orang terdekat (nama boleh disamarkan)
4. Naskah belum pernah dipublikasikan di manapun.

Syarat Khusus :
1. Naskah harus sesuai dengan tema.
2. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari 1 naskah dengan tema berbeda.
3. Naskah berupa tulisan nonfiksi popular (Bebas tapi santun)
4. Panjang naskah 3 halaman kertas A4, ketik 1,5 spasi, huruf Times New Roman 12. file Word (.doc).
5. Naskah dikirim dalam bentuk attachment ke e-mail: majalengkabisa@gmail.com tidak ditulis di badan e-mail. Pada subyek, tuliskan: Tema - Judul Naskah.
6. Sertakan nama asli, nama FB dan biodata deskriptif sepanjang satu paragraf di akhir naskah.
7. Akan dipilih 40 naskah yang dinilai paling unik, penuh hikmah, memotivasi dan menginspirasi untuk dibukukan.
8. Naskah ditunggu hingga tanggal 20 Juni pukul 24.00 WIB.
 9. Pengumuman naskah terpilih akan di-posting di Notes FB Kang Rama Dani dan media lain blog/web tanggal 25 Juni 2011 Jam 20.00 WIB
10. Naskah yang terpilih dibukukan dan mendapat royalty dari penjualan.
(naskah yang masuk lebih awal akan langsung dikabari kelayakannya dan bisa diperbaiki)

NB : Mohon sebarkan informasi ini kepada yang lain.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

kayanya tertarik ni,,,
nyari wangsit dulu.. :D

Anonim mengatakan...

waduh.. september-nya mba kok kebalikan banget sama aku.. hiks..
tapi tetep ah, semangat cari ide :)

Artineke A. Muhir mengatakan...

Mabrur:
Ayo, semoga berhasil menemukan ide yang cocok, aku juga belum dapat, hikssz

Hilsya:
Siip Mbak, harus tetap semangat.
Aku juga baru mau mulai nulisnya, hehe...

Tarry Kitty mengatakan...

Hampir semua kategori punya pengalaman n ide xixixi
Tp soal ketik naskah blm terlalu paham mbak hehe
maklum Gaptek :)

Artineke A. Muhir mengatakan...

Terry:
Ayo kamu BISA...
Yang penting mulai ditulis ;)

ibu wulan mengatakan...

AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D
asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2
trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui
nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin
allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt,
sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami
mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW,
cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun
jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang
sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI,
malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya
dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali
lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal l
upa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin
pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet
tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh
temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke
ahliannya di teman2 facebook dengan jaminan tdk bakal kecewa,
jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami
telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya
KI PALAH kmi kenal lewat teman facebook sdh terbukti membantu
ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,
demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI,
sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang
dengan membawa hasil.
Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah
dlm 3x putaran.Hubungi 0823 8831 6351 atau kunjungi situs beliau dengan cara klik
>>>>KLIK DI SINI<<<<