Minggu, 09 Oktober 2011

Jeda Kuliner: Somay Labu

Melongok Rainbow Menu punya Tia, daPur keTty miliknya Mbak Kenia atau Kuliner & Usaha-nya Ibu Dini, sebenarnya aku ingin sekali punya blog yang khusus berisi rupa-rupa kuliner serupa ini.  Tapi sekarang belum memungkinkan :lol: Maka akhirnya blogku ini berisi segala hal, komplite, pokoknya gado-gado. Berisi apa saja, ada liputan, curhatan sampai sampahan, termasuk ragam kuliner ala la long :P

Jum'at lalu, setelah uji coba pada hari seninnya untuk skala internal keluarga, akupun PeDe membuat somay untuk acara pengajian Ibu-ibu, go eksternal, cie...

Hasilnya, tak mengecewakan yang datang, terbukti sepulang acara banyak yang minta dicatatkan resepnya, tersanjung aku :oops: Dan beginilah tampilan Somay Labu ala bilik kulinerku...

Somay Labu yang lezat dan sehat.

Resep Warisannya:
Bahan untuk Somay
1. Ikan giling (Ikan gabus lebih baik) 1 Kg
2. Sagu (Kalau di Palembang Sagu Udang) 3/4 Kg
3. Udang segar 1 Ons (Dihaluskan)
4. Labu 1/2 Kg (Biasanya 2 Buah)
5. Bumbu yang dihaluskan: Bawang Putih 5 siung besar, merica sesuai selera, bawang goreng.

Bahan untuk kreasi Somay.
Semua bahan 1-5 dicampur, bentuk sesuai selera, tak perlu dipadatkan, uleni pakai sendok saja. Lanjutkan dengan mengukus. Bisa dikreasikan dengan memakai pare dan wartel.

Bumbu Kacang:
Bahan dan Cara Membuat: 
1. Kacang Tanah 1/2 Kg (Digoreng dan haluskan, kalau aku cukup pakai blender saja, praktis. Beri air secukupnya saat memblender)
2. Haluskan: Bawang Putih 5 siung, bawang merah 3 siung, terasi seujung jari (sebelumnya disanggrai), gula 3 sendok atau sesuai selera, gula merah 1 buah ukurang sedang, garam secukupnya. Setelah dihaluskan, tumis semua bumbu sampai harum kemudian masukkan bumbu kacang yang sudah dihaluskan. Masak sampai mendidih.

Tarraaaa... jadi dech :lol:
Hidangkan hangat-hangat, bisa puas juga sampai 25 porsi.
Sulit keluar dari ragam kuliner khas palembang dari yang serba ikan, walau sudah berusaha cari jenis lain ujungnya kembali juga ke ikan.

22 komentar:

Tarry KittyHolic mengatakan...

wah resep baru ini mbak, ntar mau nyoba buat keluarga hehe

puteriamirillis mengatakan...

terus dikukus ya mbak? wah asyik nih, kapan2 mau coba ah..makasih ya mbak

Danu Akbar mengatakan...

Wah, belum pernah denger dan liat nih siomay labu.. :D

enung syafa'ah fauziah mengatakan...

pinter masak juga nih bu dokter

btw labunya dicampur dg sagu? o ya kalo disini terigu dan sagu beda teksturnya, terigu lebih keras sagu lebih alus, warna terigu lebih gelapdari sagu. jd yang dipake sagu yg biasa buat pempek kah?

vira mengatakan...

hii salam kenal iya dari vira .. :)
jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....
SALAM BLOGER INDONESIA..:)

Lyliana Thia mengatakan...

Mbak... asik sekaliii... hihihih...

mbak, kayaknya pake terigu nggak bisa dibikin kenyal deh tuh siomay... pernah coba soalnya, smpe skrg aku blm berhasil bikin siomay :-P

enak ya Mbak di Palembang kan udah tersedia ikan yang udah halus dan tepung sagunya ya mbak... biasa bikin pempek :-D

btw, Rainbow Menu nggak sama dgn Dapur Ketty and Usaha dan Kuliner ah Mbak... jadi malu... itu cuma catetan aku dan resepnya pun resepnya mbak Atun atau ibu mertua... hihihi... ^_^

aku cuma ingin nunjukkin sih, klo diet itu juga bisa makan enak... hehehehe...

*jd penasaran sm siomaynya mbak Keke*

al kahfi mengatakan...

ya gak masalah sih mbak blogny camur aduk,, asl di letakkan di folder2nya yg sesuai postingan,,

hilsya mengatakan...

iya bener.. labu siam emang dipake untuk membuat tekstur somay jadi lebih lembut

arr rian mengatakan...

Senengnya memasak....
kalau dikirm bisa nggak ya, lewat apa tapi #halah...hehehhheee

Ibu Hebat!

Susindra mengatakan...

Wah, aku baru tahu siomay labu ini. Jadi pengen nyoba. tapi saya tidak telaten masak.

Ila Rizky Nidiana mengatakan...

wah, labu biasa, mba? kukira labu yang sering buat buah itu, yang labu kuning. :D

kreatif banget dehh! *jempooll*

bundadontworry mengatakan...

baru lihat gambar dan baca resepnya dah ngiler duluan nih Yunda :)
catet dulu akh resepnya ,
kalau pas lagi mood masak, baru nyoba bikin :)
terimakasih utk resepnya ya Yunda :)
salam

Abi Sabila mengatakan...

Waduh, semestinya saya baca postingan ini hari Minggu kemarin, jadi nda nahan iler begini. heheheh...tapi gpp, bukan Bunda yang menggoda, tapi sayalah yang tergoda mencicipi somay ini.

bunda kanaya mengatakan...

waduh ummi... bikin laper ajah... sebagai pendekar meja makan, kudu nyicipin ini... hehehe

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

oh, siomay...mamaku sering buat tapi pake pare bukan labu.

Ayu Abdillah mengatakan...

satu-satunya yang saya nggak bisa cuma masak.. padahal kalo kerjaan laki-laki, saya malah bisa.. :(

Nia mengatakan...

baru tau kalo bikin adonan somay dicampur labu......eak yach mom? jadi ngiler hehehe...

Chilfia Karunianty mengatakan...

ini blog isinya resep masakan ya :) hhmm.. nyummy ^^

Ticka Y mengatakan...

uhuuhu, *mupengdotkom

gambarnya aja mengundang selera, apalagi kalo bisa ngicip langsung, hehe

wajib di coba nih bund, makasih bund resepnya..

IbuDini mengatakan...

Yun...bolehya copy paste..., mb punya ikan di rumah pengen bikin somay sama batagor ada resep dari kawan tapi smapai skg gak di buat2..soalnya gaka da waktu hehehhe.

hmmm sepertinya enak...

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

aku juga baru dengar nih mbak somay labu. tapi boleh juga nih resepnya dicoba sehat

Yunda Hamasah mengatakan...

All:
Bukan ahlinya, hanya sedang belajar :)
Kalau ada yang mau nyoba, atau mau mengcopy silakan, dengan senang hati. Monggo...

Terima kasih untuk kunjungannya ;)