Senin, 17 Oktober 2011

Labu Sahabat Keluarga

Labu, salah satu makanan yang biasa dikonsumsi Rasulullah, SAW adalah tanaman yang oleh para ilmuwan telah dijadikan tema riset dan analisis, di mana akhirnya atas izin Allah mereka menemukan khasiatnya yang luar biasa.

Bukhari telah membuat bab khusus tentang labu, dalam kitabnya. Di dalamnya disebutkan hadits Nabi SAW. yang diriwayatkan dari Anas : "Bahwa Rasulullah, SAW datang kepada seorang budaknya yang ahli menjahit, budak itu menyuguhkan labu, lantas beliau terus memakannya. Saya jadi suka makan labu semenjak saya melihat Rasulullah SAW memakannya".
“…Kemudian Kami lemparkan ia ke daerah yang tandus, sedangkan ia dalam keadaan sakit. Dan Kami tumbuhkan untuknya sebatang pohon dari jenis labu…” (Ash-Shaaffat: 146)
Imam Ibnul Qoyyim secara panjang lebar juga telah berbicara mengenai labu.
Sahabat, simaklah bagaimana Allah menyebut pohon labu di dalam Al-Quran. Kemudian, mari kita perhatikan, bagaimana Rasulullah, SAW menyukai labu. Dan inilah antara lain khasiat-khasiat labu tersebut...

Labu Sahabatnya Demam. 

Makanan yang baik diberikan kepada penderita demam adalah dari unsur buah dan sayur yang memang bersifat menghantarkan dingin. Selain memberikan makanan yang lembut seperti bubur atau nasi tim, mereka yang demam sangat baik mengkonsumsin sayuran seperti labu, timun, wartel, lobak, bayam dan lainnya. Kesemuanya bisa dengan dimakan langsung, direbus atau disayur bening atau sesuai selera.

Sedangkan untuk buah-buahannya adalah apel, pisang, semangka atau semua jenis buah yang mengandung banyak air. Boleh langsung dimakan atau dibuat juice.

Sebaiknya perbanyak minum, terutama air zam-zam, air putih, air kelapa dan air yang diberi madu.


Labu Siam


Gambar dari dapurku dewe'...
Khusus tentang Labu Siam

Kandungan dan manfaat :

Sayuran ini sangat kaya akan kandungan serat, vitamin A,B, dan C, mineral dan air, niasin, dan sedikit albuminoid. Karena bersifat dingin, jika dimakan terasa sejuk dan dingin di perut.

Daging buahnya terdiri atas 90 persen air, 7,5 persen karbohidrat, 1 persen protein, 0,6 persen serat, 0,2 persen abu dan 0,1 persen lemak. Juga mengandung sekitar 20 mg kalsium, 25 mg fosfor, 100 mg kalium, 0,3 mg zat besi, 2 mg natrium, serta beberapa zat kimia yang berkhasiat obat.

Air labu siam memiliki efek diuretic yang baik, sehingga melancarkan buang air kecil maka efektif menurunkan demam.

Kegunaan Lain :
 
1. Gusi Berdarah

½ buah labu siam, dicuci, lalu diparut. Beri 2 sendok makan air matang dan 1 sendok makan madu. Peras, saring. Minum 3x sehari sebanyak yang diperlukan

2. Sariawan
Makan buah labu siam sebagai lauk atau bisa juga dimakan mentah sebagai lalapan.

3. Garis Hitam di Tumit
Getah labu siam dioleskan pada tumit yang bergarishitam itu. Biarkan sampai kering. Setelah itu buka perlahan-lahan.
 

Info tambahan: Labu Siam juga sangat baik dikonsumsi oleh pasien darah tinggi untuk menstabilkan tekanan darah. Dan cocok dikonsumsi saat sahur terutama bagi mereka yang DM karena lebih sering merasa haus.

Labu Air

Gambar disini
Kandungan dan Manfaat : 
Mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin C. Labu air terkenal bersifat mendinginkan, karenanya baik sekali dimakan oleh penderita demam. 

Kegunaannya sebagai Obat :

1. Demam
Cara I : Labu air diparut, lalu diperas untuk diambil airnya. Minum air ramuan ini 3x sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.
Cara II : Makan rebusan buah labu.

2. Flu
4 jari labu, 1/3 genggam bayam ditumbuk, sambil diberi ½ gelas air. Peras dan saring, lalu beri sedikit jeruk nipis. Minum ramuan ini 2x sehari, masing-masing 3 sendok makan.

3. Sariawan
Sama dengan resep no.1. Airnya jangan langsung diteguk, tapi dipakai untuk kumur-kumur dahulu.
 
***

Belum lagi kisah tentang si Labu kuning, yang juga mantap untuk perawatan kulit *satu ini lain kali ya...

Jadi sahabat, sungguh benar adanya bahwa para pelaku riset ilmiah telah menegaskan bahwa tumbuhan jenis labu-labuan merupakan pencegah penyakit sekaligus obat dan juga makanan bergizi. Terlebih 14 abad yang lalu Rasulullah SAW sudah mencontohkan. Maka semoga cukup alasan bagi kita untuk menjadikan labu sahabat keluarga.
Dulu, aku juga tak suka labu, tapi setelah tahu khasiatnya berusaha menjadikannya sahabat. Dengan ilmu mengubah prilaku *slogannya Neno Tour, tahu saat nonton PILDACIL.

*) dari banyak sumber...











26 komentar:

hilsya mengatakan...

aku suka makan labu siam kecil yg direbus.. juga labu parang kukus.. enak buat yang sakit maag..

TFS

Baha Andes mengatakan...

Aku lebih suka disayur oseng wuenk rasanya.

oya selamat ya Bu telah masuk dalam 10 besar contest book preview di BlogCamp.

Tarry KittyHolic mengatakan...

Mbak yunda selamat, menang di kontesnya pakde

2 jenis itu ndak pernah saya makan. Plng2 yg labu yg buesar itu di soup bisa menghilangkan panas dlm :)

al kahfi mengatakan...

terus terang nih mbak awalnya sy sepele dgn tuh sayur labu,, tp dgn ngebaca ini,, y ternyata byk manfaatnya

mabrurisirampog mengatakan...

saya suka labu siam...
ternyata manfaatnya banyak ya
mau dioseng, mau direbus tetep enak. :D

Obrolan Blogger.com mengatakan...

Kutambahkan ya,
bahwa LABU SIAM sangat efektif bagi penderita darah tinggi, dengan sering mengkonsumsi hal itu Ibu Mertuaku hingga saat ini alhamdulillah sehat & tidak ada gangguan. Para tetangga juga pada heran apa resep beliau, Labu Siam lah rahasianya.

_ciids mengatakan...

wah ternyata.. manfaatna banyak juga..
takukira labu yg tak kusuka bnyak manfaatna :)

lam kenal ya :)
ijin follow..
mhon follow balik..
thanks :)

Keluarga Zulfadhli mengatakan...

Dear.

wahh ternyata gw baru tahu buah itu namanya labu siam.... kalo di riau perasaaann gw namanya laennn tapi juujuur gw juga lupa namanyaaa...

pumpkin... I like it...... baru tahu rupanya labu ini juga tercatat dalam hadits nabi.... karena tak fikir ini tanaman tropica only....

regards.
... Ayah Double Zee ...

anazkia mengatakan...

Aku suka masak n makan sayur labu, Mbak :) tapi baru tahu khasiatnya yah sekarang ini :)

arr rian mengatakan...

Pagi ini saya makan sama sayur labu Bunda di Warung pojok...enyyyak!

IbuDini mengatakan...

Dulu aku gak suka makan labu siam, karna sering di kasih ibu mertua dan suami suka akhirnya aku jadi suka masak labu siam.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

dimasak sayur asem enak tuh.

Hariyanti Sukma mengatakan...

wah ... baru tahu nih getahnya pun bermanfaat, makasih ya mbak.... telah berbagi info.

puteriamirillis mengatakan...

subhanallah labu yang kaya manfaat
saya suka makan labu ini ditumis aja bu yunda trus tambahin soun. jadi laper bu, lagi puasa. salam saya bu

bundadontworry mengatakan...

bunda juga suka labu lalapan yg kecil2 itu lho Yunda
memang terasa adem ya di perut.
salam

ketty husnia mengatakan...

aku suka makanan dg tema labu,..resep pengobatannya ok mbak,..bisa dipinjam sewaktu2 :)

umah fa mengatakan...

labu itu menentramkan :) buat yang lagi dahaga, direbus segar dan kenyang.

tambah nih pengetahuan tanaman obatku, trimksh. eh selamat ya mba menang RBC nya, hebat euy ^-^

Yunda Hamasah mengatakan...

All:
Semoga bermanfaat ;)
Seperti akunya duluuu sebenarnya taksuka labu, jadi berubah setelah tahu. Dengan ilmu mengubah prilaku*slogannya Neno Tour, hehe...

Pak Satrio:
Akan ditambahkan, trims ya infonya...

De2k ESF:
Itukan review Mbak yang kesekian, semua tentu butuh proses dek, tetap semangat ya...

Orin mengatakan...

Labu kecil2 itu maknyuss bgt dijadikan lalapan Ummi, suka bgt Orin he he
Ternyata banyak sekali manfaatnya ya, jadi tambah suka ;)

kakaakin mengatakan...

Jadi ingat dengan teman saya yang diet, ia hanya makan labu siam. [:)]
Wah, ternyata si labu siam bisa buat tumit juga ya...

Djangan Pakies mengatakan...

sejak kecil saya penggemar sayur lalapan, apalagi labu siam yang kecil dan muda dikukus terasa manis dan segar, tinggal di tambah dengan sambel terasi plus ikan asin ehmmm rasanya mengalahkan masakan resto

dhenok habibie mengatakan...

kalo labu siam sering dijadiin bahan masakan kan buk?? kalo dimasak mah masih enak makannya, tapi kalo dimakan mentah2 gitu seperti dijadiin lalapan, masih belum berani.. dan untuk labu air, saya belum pernah melihatnya..

Nia mengatakan...

bener mbak khasiat labu siam utk tumit pecah2 itu...dulu dikasih tau ibuku...lumayan manjur heheh.....aku juga senang kalo makan gado2 ada labu siyamnya...duh ademm banget pas makan labu itu....kalo ibuku dulu, setiap sahur selalu makan labu siam yg direbus.....katanya manjur utk manahan haus selama puasa hehehe....

Pakde Cholik mengatakan...

Saya suka makan labu juga.
Selain enak ternyata banyak manfaatnya ya bu dokter.

Makan labu enaknya sambil mendengarkan lagu.

Saya pinjam artikelnya ya bu dokter.
terima kasih

Salam hangat dari Surabaya

dey mengatakan...

saya juga suka labu siam, apalagi yg kecil2, di kukus, dimakan pakai sambal ..enak lho ..

labu siam juga bisa menurunkan tekanan darah kan mbak ?

Lyliana Thia mengatakan...

huaaa mbak...
selain siomay dan oseng2, bagi2 resep labu lagi dong... vania jg suka labu.. selain wortel dan bayam, cuma itu doank sayuran yg lumayan dia suka *gubrak*

kalo aku suka lalap labu baby rebus... enak manis... :-D

mantab artrikelnya mbak hehehe,... :-D

oot, mbak aku pengen coba posting ttg gmn caranya ngerubah setting comment... jd biar nggak usah pake word verification... insya Allah ntar coba kubuat mbak..

karena... setelah 3x coba komen di post ini via hape, gagal mulu, akhirnya baru konek dari klinik sore ini mbak.. hehehe