Kamis, 13 Oktober 2011

Menatap Purnama

Semalam saat mati lampu, *gelap gulita dung... tapi tampak dari celah jendela kamar diluar terang benderang, ahhaaaa... ini tepat pertengahan bulan ya? (bulan hijriahkan pakai penanggalan berdasarkan peredaran bulan tho, makanya disebut qomariah kan artinya bulan, bener nggak ya?*masih mikir memastikan)

Hmmm, karena dah niat mau bangun dan melakukan serangkaian aktivitas, jadi sekalian dech ambil jebretan ini, dan beginilah hasilnya...

Asli moto dengan perangkat seadanya...
Apa yang terfikir oleh kita saat menatap bulan purnama?
Beragam pastilah ya...
Aku sebenarnya dulu waktu kecil suka bingung kenapa ya ada orang yang bilang kecantikan wajah itu diibaratkan dengan keindahan purnama, dari mana lihatnya ya? * maluuuuuu eyy:oops: tapi duluuuu banget ;)
Sampai aku temukan banyak hadist yang memakai istilah ini, ternyata bahasa ini sudah dipakai sejak 14 Abad yang lalu lho...

Dan ini diantara hadist tersebut, karena sebenarnya masih banyak yang lain:


Tatkala Jabir Samurah menatap wajah Rasulullah di malam terang bulan, ia berkata:

“Aku memandang wajah Nabi, lalu melihat ke arah bulan, maka bagiku beliau jauh lebih indah dari bulan yang sedang memancarkan cahaya itu. ” (HR. AtTurmidzy)

 Al Hasan bin ‘Ali meriwayatkan dari Ibnu Abi Halah, bahwa Rasulullah berparas muka sangat gagah, berwibawa dan berseri-seri, bagaikan bulan purnama. Demikian menurut At- Turmidzy.
Alangkah indahnya hidup ini
andai dapat kutatap wajahmu...
kan pasti mengalir air mataku 
karena pancaran ketenanganmu
Ya Rasulullah ya habiballah aku rindu padamu
Bait-bait syair penggugah kerinduan, semoga mampu menghantarkan rasa rindu ini...

*apalah ya, entah sebenernya aku mau cerita apa, hanya mewakili sebuah rasa :) 
...saat menatap indahnya purnama.

22 komentar:

dey mengatakan...

iya mbak, semalem juga liat bulan purnama, indah bannget...

anazkia mengatakan...

Jarang keluar malam2...

Gambarnya cantik, Mbak.

Susindra mengatakan...

Dan rasa yang indah. Bulan tampak benderang malam ini.

yayack mengatakan...

bulan purnama bulan dimana sedang menampakan dirinya secara utuh. inilah yg mungkin sering di analogikan dengan kecantikan banyak orang. hehe

kalo sya boleh menebak nebak mungkin ada org yg lag rindu sma sesorang. hehe...

Lyliana Thia mengatakan...

aku juga suka motoin bulan purnama mbak... ihiiiy siapa tuuuh yg bilang mbak Keke spt bulan purnama... berarti bercahaya wajahnya... ^_^

Oot...
Aku pernah denger seorang teman bilang, dia bisa ngebedain antara wajah orang yang suka wudhu dan yang jarang wudhu... biar orangnya cantik atau ganteng spt apapun, kalau nggak kena wudhu tetap terlihat kusam menurut dia... aku pribadi sih blm bisa ngebedain...

arr rian mengatakan...

Subhanallah..Jadi kangen banget sama Rasulullah...
coba dengerin lagu maher zain yang Choseen one Bunda..suka nagis.. #Cengeng!

Eh malah kesitu.

Setahu saya, bulan purnama itu bertepatan dengan Yaumul Bidh..dianjurkan juga buat puasa.
Karena bulan purnama tidak hanya pasang surut llaut, alam atupun binatang.
maka manusia juga, perasaannya labil.

nah akhirnya dianjurkan puasa.
referensi ini saya dapat dari baca blog seseorang, tapi lupa linknya. mungkin tanya mbah google

NERDina mengatakan...

yaah, sayang sy gag liaaat :(

#sy semester 5 kak:)_kunjungan balasan^^

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

udah jarang liat purnama. soalnya kalo malam biasanya baca novel. heheh.terus gak lama bobo deh.

Obrolan Blogger.com mengatakan...

Bicara Rasulullah saw, sungguh... tak hanya wujud fisiknya yang begitu teduh, nyaman banget dilihatnya, juga sikap, pola fikir dan tindak tanduk kesehariannya, beruntung banget aku bisa mengenal beliau walo ga secara langsung.

Yunda Hamasah mengatakan...

Ibu Dey, Mbak Anaz, Mbak Susi, Mas Yayack:
Terima Kasih ya udah baca tulisan ini, semoga membawa barokah ya...

Tia:
Iya Tia gitu dech kayaknya orang yang wajahnya seperti bercahaya biasanya itu salah satu tanda wudhunya...

Rian:
Betul sekali, bertepatan dengan Ayyaumul bidh, ada sunnahnya kan, puasa pertengahan bulan selama 3 hari setiap bulannya, semoga kita dimudahkan ya untuk menjalankannya...

Yunda Hamasah mengatakan...

Dina, Mbak Fanny dan Pak Satrio:
Terima kasih banyak ya...Pak Satrio semoga kita selalu berusaha meneladaninya....

puteriamirillis mengatakan...

iya semalam pu juga melihat bulan purnama bunda ketika sedang membonceng motor abi waktu kita berempat hendak ke rumah nenek. dan umar teriak, ummi bulan purnama. jadilah kita menikmati bulan purnama itu :D

bundadontworry mengatakan...

bulan purnama memang selalu mengagumkan krn keindahannya ya Yunda, itu juga mungkin kenapa penyair zaman dulu selalu bilang wajahmu cantik bagai bulan purnama
salam

bunda kanaya mengatakan...

kanayaku paling senang kalo liat bulan purnama... tunjuk-tunjuk ke atas terus... makasih sudah berbagi ummi...

Djangan Pakies mengatakan...

saya seringkali membuat pengandaian dengan membayangkan bagaimana fisik Rosululloh setiap kali membaca shiroh Nabawi, sungguh ada banyak kerinduan ingin bertemu walo dalam mimpi. Semoga kelak kita di hari akhir mendapatkan syafaatnya dan dipertemukan dengan indah

Orin mengatakan...

Ngacuuuung, saya juga pecinta purnama ummi...pecinta bulan tepatnya ya, karena tetap indah saat dia bulat sempurna walaupun terpotong sebagian he he

umah fa mengatakan...

jadi kebayang bgm kaum anshor menantikan kedatangan Nabi saw dg tola'al badru 'alaina...

bulan yang indah, kuasaNYA

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

ooh semalam purnama ya mbak? aku tuh setelah jam 5 jarang keluar rumah lagi :-d

Kakaakin mengatakan...

Subhanallah...
Semalam saya juga melihat bulan purnama saat jaga di puskesmas. Hingga subuh bulan itu tetap terlihat indah dengan sebuah bintang menemani sinarnya (bintang apa ya namanya?)
Ehm... semoga kelak kita juga bisa memandang wajah rasulullah ya, Mbak :)

Zulfadhli's Family mengatakan...

Dear.

hhmmm...... gw sulit untuk membayangkan atau menerima ketika keindahan bulan dengan baginda rasulullah SAW...... terlalul agung untuk di bandingkan..... terlalu suci buat di bicarakan sedemikian rupa. Sesungguhnya gw sangat kagum dengan bait2 lagu yang di tulis diatas yang juga merupakan petikan lagu nasyid........ salam kenal..


regards.
... Ayah Double Zee ...

Yunda Hamasah mengatakan...

Pu, Bunda Lily, Bunda Naya, Pak Is, Orin, De2k, Mbak Lid, Kakakin:
Thank's ya untuk silaturahimnya, semoga kelak kita bisa berjumpa dengan Rosulullah junjungan dan mendapatkan syafa'atnya.

Ayah 2 Zee:
Terima kasih kunjungannya, semoga kita makin merasakan keagungan Sang Pencipta Purnama.Akupun sepakat bahwa tak Rasulullah melebihi keindahan purnama seperti redaksi hadist diatas Pak, mungkin judulnya yang seolah bilang begitu ya Pak, jadi agar tak salah kuganti saja judulnya ya Pak, trims untuk perhatiannya ;)

Salam untuk keluarga...

Dokter Gigi Gaul mengatakan...

bulan purnama bukan disamakan dengan kecantikan, dok. Tapi dengan "wajah yang seakan bercahaya". Persis kaya bulaan purnama di tengah "bulan".

Soalnya gag ada yang bilang "wajahnya cantik kayak bulan sabit.." soalnya cahaya bulan sabit gag sebercahaya bulan purnama..

Dulu saya pikir bulan akan "purnama" tiap tengah "bulan" Romawi. ternyata "purnama"nya di tengah "bulan" Hijriyah..