Selasa, 25 Oktober 2011

Yunda di 8 Tahun




Nama lengkap
Khodijah Auliya Tsabitta
Kelahiran 
25 Oktober 2003 
di Klinik Mama Palembang



Khodijah panggilan spesial Abi, dari nama yang memang disematkannya.
Wanita Penghulu Syurga, 
istri yang selalu dikenang dan teramat dicintai Sang Idola.
Yang dari rahimnya lahir wanita penghulu Syurga berikutnya, Fatimah Az Zahra.
Aku dan keluarga lain awalnya memanggilnya Tsabitta, berasal dari kata Tsabatt ~Teguh, kokoh

Tapi sejak mempersiapkannya untuk punya adik, diusianya yang belum genap 2 tahun
Kami menganugerahkannya panggilan sayang Yunda.
Yunda  artinya sama dengan  Ayunda ~ Ayuk ~ Kakak Perempuan
Dan semua keluarga ‘dekat’ pun ikut memenggilnya Yunda, juga sejak di TK ada banyak kawan dan Bunda gurunya yang ’nyaman’ ikut memenggilnya Yunda (mungkin karena mudah dilafadzkan ya...)

Adapun Yunda sendiri? Sebenarnya aku sangat yakin sulungku menyukai nama lengkapnya tapi karena nama sapaannya tersebut sudah terlanjur melekat, maka sampai kelas 2 SD, Yunda selalu menuliskan namanya hanya dengan Y U N D A saja, bahkan disemua kertas ujian semester juga. Oaaalaa....nak, nak....tak kusangka sejauh itu :D 
Tapi menurutku, bukan karena ia tak menyukai nama aslinya lho... Mungkin fikirnya kala itu, mengapa mesti menuliskan yang panjang, kalau nama Yunda saja dapat mewakili.
Dan sekarang seiring bertambahnya waktu, sudah diubahnya dengan menulis K H O D I J A H. Yunda saat ini kelas 3 SD di SDIT Bina Ilmi, Palembang. "Sekolah Para Bintang, Cinta Al Qu'an, Berakhlak Mulia"

Sekilas tentang Yunda 

Yunda dulu pernah suka kartun Srowberry dan Upin Ipin.
Cakap berjalan umur 11 bulan. 
Hobby renang dan manjat-manjat, motorik sejak dulu menonjol.

Tamat Iqro di Usia 5 tahun lebih 7 bulan, akhir TK B.
Bisa lancar membaca awal TK B, usia 5 tahun 1 bulan. Sekarang sedang senang banget baca KKPK (Kecil-kecil Punya Karya), sebulan jatah beli 1 KKPK, sampai rela mengumpulkan uang sakunya. Kata banyak orang pemalu, tapi menurutku Yunda tipe pengamat Ulung.

Cucu pertama dari Datuk dan Jidah. A N D A L adalah nama panggilan dari Datuk *Orang Lampung punya nama sendiri untuk cucunya. Cucu keempat dari Nyai Yai, yang punya mata istimewa menurut Yai, siratkan bakat cerdas lagi cemerlang. Aamiin YRA...

Cita-Cita Yunda

Seusai wisuda Ammah Evi*adiknya Abi,
saat umur hampir 3 tahun.
Cita-cita Yunda masih suka berubah-ubah, dulu pernah bercita-cita jadi dokter, pernah juga pengacara, pernah juga ilmuwan. Biasalah namanya lihat orang-orang terdekat. 

Tapi belakangan Yunda selalu sebut G U R U sebagai cita-citanya, bahkan ditulis pada saat isi formulir dari Sekolah.

Aku sempat pernah membayangkan Yunda kalau jadi Guru, kira-kira seperti siapa ya? *akupun bahkan sibuk membayangkan sosok para guru yang kukenal, dari guruku TK sampai para dosen saat kuliah, hingga sadarku mengungkap bukankah hakikatnya kita semua adalah guru. Guru Peradaban.
 
Melebur segenap do'a...

                       Semoga Yunda jadi guru yang handal
                       Guru yang mengajarkan cinta
                       Guru yang mewariskan kebaikan
                       Guru yang menapaki jejak kemuliaan

                       Guru yang mendidik
                       Guru yang menempa Generasi Robbani
                       Guru yang mencerahkan
                       Guru sebuah peradaban Agung


Yunda shalihat, anak Ummi dan Abi.
Penyejuk mata, abadi dalam do'a.
Hari ini tepat 8 tahun yang lalu dirimu lahir...

34 komentar:

Sitti Rasuna Wibawa mengatakan...

Oalah... ternyata Yunda itu panggilan anaknya tho :)

Djangan Pakies mengatakan...

Iqro tamat usia 5 tahun, semoga
kelas 1 SD tamat Juz 30
kelas 2 SD juz 29
Tamat SD Hafidza, amin

Semoga dengan semangat dan bimbingan Ummi dan Abi dengan keteladanan yang sholih dalam mentarbiyah Yunda, Insya Alloh kelak menjadi generasi Robbani

Hariyanti Sukma mengatakan...

Alhamdulillah ... Yunda .... telah menjadi kebanggaan Abi dan Umi. semoga Yunda menjadi wanita sholeha, dan semg cita2 mulia Yunda tercapai ya....menjadi guru yg berhati mulia.Aamiin

Tarry KittyHolic mengatakan...

Selamat ulang taun buat yunda.
Smoga jd anak yg sholeha, jd kebanggaan orang tua dan negara amin

mabrurisirampog mengatakan...

Selamat milad buat Yunda,, semoga Allah memberkahi... aamiin

Owalah, itu nama sapaan toh, dan nama aslinya, ternyata nama depannya sama dengan nama Ibu saja... :D

Ummi Nabil mengatakan...

Yunda yang sholihah... semoga doa Ummi dan Abi yang begitu mulia di-ijabah Allah. Subhanallah Nak... teruslah menjadi penyejuk hati kedua orang tua mu..

hilsya mengatakan...

selamat ulang tahun ya Nak... semoga jadi anak sholehah

al kahfi mengatakan...

wah smoga menjadi anak yg pinter dan berbakat y mbak,,btw manisnya tuh mirip siapa mbak,,papanya atau mamanya

IbuDini mengatakan...

Selamat hari lahir Yunda, semoga apa yang sudah menjadi cita-cita Yunda dapat tercapai dan berjalan lancar.
Rajin belajar, tambah pinter sayang sama kedua orang tua dan sehat selalu....
Semoga kepintaran dan kecerdasan Yunda dapat menular pada adik Dini.

Sun sayang dari Tante dan Adek Dini di Riau ya...

dhenok habibie mengatakan...

selamat ulang tahun Yundaaaa, semoga jadi anak yang sholehah yaa dan segera bisa khatam Al-Qur'an.. dan juga, face Yunda bener2 face wong Palembang nian yuk, hehe :D

OOT : lah dhe add yuk FB nyo

rita mengatakan...

selamat ulang tahun Yunda
semoga menjadi anak yg shalihah beriman dan bertakwa

arr rian mengatakan...

Barakallah ya Yunda...
teramat cinta ya Bunda sama Yunda..hihihii...

puteriamirillis mengatakan...

yunda sholiha, selamat hari lahir ya sayang
semoga segala cita2 yunda menjadi guru tercapai. amiin menjadi guru peradaban. amiin

MbahKung mengatakan...

Selamat ulang tahun nak Yundha. Semoga Allah swt memberimu panjang umur, kesehatan yang prima, dan semoga kelak menjadi anak yang sholehah, pintar, dan berguna bagi sesama, masyarakat, bangsa, negara dan agama. Amiin.

Jangan lupa, berbakti kepada orangtua ya nak.

Salam hangat dari MbahKung di Surabaya

Andy mengatakan...

Mungkin cita - cita akan terus berubah seiring umur bertambah pada nantinya,karena setiap dari kita memilih yang pilihan terbaik selalu & selalu yang penting tetap semangat & menjadi anak yang patuh kepada orang tua aja ya

_ciids mengatakan...

wah skarang ultah ya :)
met ultah ya
moga semua cita2na tercapai :)

bunda kanaya mengatakan...

met milad ya yunda.... semoga selalu menjadi penyejuk mata buat abi dan ummi...

Phuji Astuty Lipi mengatakan...

waaah lucu lucu,..salam sayang buat yunda..

dey mengatakan...

tadi udah nulis komen, gak masuk ya ...

selamat bertambah umur ya buat Yunda, ikut mengaminkan doa orang tuanya.

Irly mengatakan...

Wuahhh..another surprise...Miladnya yunda sama dengan mama saya..huwaaa..

Met milad ya Yunda sayang..Semoga menjadi penerus penuh berkah buat umi dan abinya..

Nia mengatakan...

wahh anaknya pintar sekali mbak...klo boleh tau yunda mulai ngaji umur brp? hebat yachh umur 5 thn dah tamat iqro...mudah2an ina bisa mnegikuti jejak kk yunda...

met ulang tahun kk Yunda...smoga mnjadi anak soleha kebanggaan orangtua....amiin

Lyliana Thia mengatakan...

Selamat Ulang Tahun, Yunda... ^_^
Semoga cita2nya tercapai kelak...
dan semoga selalu diberikan yang terbaik oleh Allah, amin... :-)

Orin mengatakan...

Happy milad Yunda, semoga kelak menjadi guru seperti doa Ummi yaa, Aamiin... :)

jadi ingat dulu, karena keluarga dekat selalu memanggil saya dengan sebutan 'Neng', pas ditanya namanya siapa ya jawabnya begitu hihihihi

Danu Akbar mengatakan...

Berkunjung dimalam hari sebelum pergi.
Maaf gak bisa komen yang bermutu.
Waktu yang tidak memungkinkan :)

Salam.

kakaakin mengatakan...

Wah... pengen jadi guru ya...
Semoga cita-citanya bisa terwujud dan kelak bisa memajukan pendidikan di Indonesia :D

Bunda Hana mengatakan...

Selamat ulang tahun, Yunda. Selamat juga untuk Ummi dan Abi yang telah mendidik Yunda dengan baik :).

Abi Sabila mengatakan...

Met milad, Yunda.
Semoga ridho Allah senanatiasa melingkupi hari-harimu, hingga tercapai apa yang Yunda cita dan cintakan. Amin, ya Rabb. Insha Allah.

Salam hangat untuk keluarga tercinta.

ketty husnia mengatakan...

amiiin. Semoga Yunda senantiasa menjadi penerang dalam keluarga dalam gelap maupun terang..:) dunia akhirat

Mama Kinan mengatakan...

salam kenal bun..:) kunjungan balik..senang berkenalan dengan bu dokter cantik dari palembang Happy Milad buat Ayuk atau Yunda cantik, semoga sehat selalu tumbuh cerdas dan pintar..., jadi anak sholihah kebanggaan Ayah dan Bunda :)
soal cita cita, semoga jadi dokter aja yah yunda..kayak bunda tuh :)

umahnya fityanakifah mengatakan...

semoga Yunda tambah bertambah ilmu nya, menjadi anak sholehah yg membuat umi dan abi masuk syurga.

dan menjadi Guru peradaban

salam buat Yunda ya mi

mawar merdeka mengatakan...

met hari lahir yunda (calon bu "guru peradaban" yg cantik)....moga usianya barokah dan semakin sholihat,,,

Pakde Cholik mengatakan...

Wahhhh...ide yang cihuyyyy
Enak dan tentu sehat wong yang membuat bu dokter.
Dan jika ada sentuhan cinta disitu maka sekeluarga akan tambah menikmatinya.

Saya akan minta orang rumah membuat donat ini.

Saya pernah bilang sama Captain Thomas Vogeley-class sponsorhip saya waktu sekolah di Fort Huachuca-Arizona bahwa donat itu asalnya dari kata dough dan nut. Artinya adonan yang dibuat kue yang bentuknya kayak mur.
Dia heran " Ehhh iya yaaa, kamu kok tahu ??"
" Abdul Cholik gitu loch", kataku gemagus.

Salam hangat dari Surabaya

Pakde Cholik mengatakan...

Komen saya tentang donat kentang kok tega-teganya nempel disini ha ha ha ha. Beginilah kalau menulis komentar sambil melihat foto profil pemilik blog. Maaf bu dokter...

salam hangat dari Surabaya

Yunda Hamasah mengatakan...

All:

Aamiin YRA... betapa semua do'a dari sahabat semua sangat berarti buat kami sekeluarga terlebih untuk sulungku Yunda ;)

Terima Kasih semua, salam hormat dari Yunda.