Selasa, 17 Mei 2011

Menata Kebun

Waaw.... apa tak salah tu judul, kebun gitu lho, emang seberapa luas yak....Mau bilang menata taman kok tambah tak pantas, intinya ya beresin halaman. Jadi malu :(  

Akang dan tanamannya yang sudah berbuah.
Mumpung ada waktu luang, tidak juga sekaligus rampung kok, dicicil sejak beberapa hari yang lalu, bareng-bareng Mbak Endang. Inget Mbak Endang kamikan? Aku sudah merekam sosoknya di Mbak Endang KK. Hmmm....ada info penting dirumahku, kemarin Mbak Endang pengumuman kelulusan. Alhamdulillah LULUS. Senangnya, sejak semalam aku sudah menjadwalkan makan diluar, sekedar mengekspresikan rasa syukur.Tapi jadwal Abi kami yang belum kunjung klop, semoga nanti malam ya Bi....
"Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).  QS Adh-Dhuhaa : 11
Lanjut tentang membereskan halaman, banyak bunga eforbia yang kupensiun dini-kan, penyebabnya karena menurutku, makin tua si-eforbia makin tak tanpak eloknya. Jadi biar potnya bisa kuganti dengan tanaman lain saja. 

Eforbia yang tereliminasi.
Adapun tanaman buah yang kian subur dihalamanku adalah, pohon belimbing yang sudah beberapa kali panen, kedondong yang mulai berbunga dan jeruk kunci yang masih kecil.

Jeruk Kunci.

Belimbing Manis.

Kedondong.
Sementara bunga juga tanaman obat yang tetap kupertahankan, bahkan rencananya akan kuperbanyak adalah kenanga, jenis adenium.sp, kuping gajah dan kuping kancil juga ada tanaman lidah mertua yang menyatu dengan tanaman srei (untuk bumbu dapur dan obat), termasuk pegaga ditanah yang makin subur merambat karena rerumputan sudah disingkirkan.

Bunga Kenanga yang sudah rajin berbunga.
Adenium yang kupunya.Cantik pinknya.
Adenium lain, makin tua makin cantik.
Kuping gajah. Bunga jadul yang tetap exis dihatiku.
Kuping kancil, elegant.
Katanya ini Lidah Mertua.Serai yang ikut tumbuh.
Anterium bunga yang kusuka.
Ada juga tanaman kencur, kunyit, cabe dan tomat yang masih bayi, hihi
Anggrek juga ada beberapa yang masih imut-imut, belum pernah berbunga, maka belum layak tampil dech....


Okelah kalau begitu, tugas kami selanjutnya adalah merawat, terlebih sepertinya sekarang menjelang ambang kemarau. Butuh perjuangan menyiraminya. Semoga tetap subur, makin rajin berbunga, tumbuh berkembang, berbuah dan terus berkembangbiak.

8 komentar:

warsito mengatakan...

wah kebun cantik amat ya andaikan aku punya kebun sebagus itu

Lyliana Thia mengatakan...

Wah asik sekali kebunnya Mba Keke... :-D
Yunda bantuin yah dikebun? hehee...

Mba,... eforbianya dimatiin yah? kasian jg yah, tapi emang makin tua, dia makin kurang bagus keliatannya yah... trus... dijadiin bahan kompos yah Mba? Lumayan hehe...

Ditunggu panen cabe ama tomatnya... :-D
ohyaa... hati2 kutu putih di pohon kedondong Mba... kmrn punyaku kena kutu :-(

Bunda Loving mengatakan...

buk, ternyata kita punya hoby yg sama...
Plbg dekat dg Bkl....jd kalau ada waktu mapirlah ke Bkl..ntar kubagi bunga2 yg lebih cantik dan juga tanaman buah2an...

Yunda Hamasah mengatakan...

Warsito:
Ojo ngenyek Pak :(
Pepatah mengatakan kebun tetangga selalu tampak lebih "bagus" ~ rumput tetangga lebih hijau.
Jadi inget kebunnya Thia yang 'jelas' lebih layak disebut 'kebun'.

Thia:
Yunda juga suka nimbrung kok...makanya pas lihat foto Akang mejeng diposting ini, Yundapun bertanya? Kok ndak ada foto Yunda? Yunda juga kan suka bunga, gitu katanya protes. Jadi next bakal ada cerita tentang Yunda :)

Panen? Hihi....metik kali, wong cuma berapa batang kok, jadi malu.
Kedondong ada kutu putih juga ya...aku pernah lihat dirosella, apa dong obatnya? Atau bisa kah dicegah? Konsul gratis....

Bunda Luv:
Kalu ke Bengkulu ntar aku cari alamat Bunda, semoga kapan-kapan kami sekeluarga bisa main ke Bengkulu. Dulu pernah 1x pas zaman gempa tahun 99/ 2000 ya, ikut tim kesehatan dari KAMMI.

Aku suka berkebun walau belum ditunjang dengan tanaman yang oke, jadi pasti senang kalu ada yang kasih bibit tanaman. Semoga mendatang kami sekeluarga punya lahan yang lebih luas, agar terealisasi kebun or taman impianku :)

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

kedondongnya kalau istri saya lihat pasti ntar minta beliin....hehehehe soalnya dia waktu hamil suka banget sama kedondong...hehehehe

paibiopai mengatakan...

waaaaa saia juga mau berkebuuun aaahh..
kebun singkong ma kebun jagung, hihi..

Yunda Hamasah mengatakan...

Bayu:
Kedondong emang seger dibuat rujak.
Ayo nanam sendiri di kebun :)

Yunda Hamasah mengatakan...

Pai:
Semoga subur kebunnya....thanks dah sempat melihat kebun kami :)