Minggu, 17 April 2011

Kenanga juga Obat

Diminta Bunda Aspi (Kepsek SDIT Bina Ilmi, sekolahnya Yunda) ngisi kajian Ibu-ibu majelis taklim yang dibinanya di Seberang Ulu hari Jum'at 22 April nanti dengan tema pengobatan alternatif sebagai bentuk mengamalkan pengobatan ala Nabi dan kembali ke obat-obatan herbal termasuk memanfaatkan tanaman obat yang ada disekitar. Wech....ini siapa ya yang kasih rekomendasi. Btw, mesti siap-siap dong....
Baca blog tentang tanaman obat keluarga, asli baru tahu juga, ternyata KENANGA yang selama ini hanya kuanggap bunga adalah salah satu obat untuk penyakit Ashtma.
Langsung kehalaman lihat tanaman KENANGA-ku, Alhamdulillah tumbuh subur dan mulai berbunga. Ingat baru beberapa bulan lalu membeli bibit 'bayi'nya ke penjuanl bunga di jalan menuju sekolah anak-anak.

Kenangaku, yang baru belajar berbunga.

Nama botani: Canangium adoratum
Famili:  Annonaceae

Dengan bunganya yang cantik dan wangi, kenanga menjadi pokok hiasan yang tidak asing lagi.
CANANGA ODORATA dalam bahasa Latin dan dikatakan berasal dari Malaysia.

Pokok ini boleh ditemui di negara-negara Asia Tenggara manakala spesies lain juga terdapat di Afrika. 
Banyak hidup meliar di hutan-hutan. Tingginya boleh mencapai 30 dan 35 meter.  
Batangnya lurus, berwarna kelabu asap dan terdapat dahan-dahannya yang agak melentur. 
Daunnya pula membujur tirus dengan tujuh hingga 23sm panjang dan empat hingga 10sm lebar. 
Bunganya berwarna kuning bergugus-gugus membentuk mahkota dikelilingi tiga helai daun hijau dengan jambak kembang enam kelopak. Di setiap jambak terdapat tujuh biji buah yang berbentuk bujur. Selain tarikan pada kecantikannya, bunga kenanga juga mempunyai kegunaan lain termasuk dalam perubatan berasaskan herba.
Khasiat dan kegunaan

Bunga kenanga berkhasiat mengubati sesak nafas, lelah dan malaria.
  • Untuk sesak nafas, segenggam bunga kenanga yang telah dibasuh bersih direbus dengan sedikit air sehingga masak.
Ketika menggelegak, masukkan setengah sendok gula pasir dan tunggu sehingga tahap air berkurang sepertiga daripada jumlah asal. Kemudian minum air berkenaan sedikit demi sedikit pada waktu pagi dan petang serta ulangi amalan ini terutama pada hari-hari diserang sesak nafas.

  • Berbeda untuk penggunaan mengobati lelah dan malaria adalah lebih mudah. Ambil tiga kuntum bunga kenanga dan celurkan dalam semangkuk air panas selama kira-kira 5 menit atau sehingga air menjadi hangat.
Buangkan kuntum-kuntum bunga tersebut dan kemudian minum air itu secara perlahan-lahan. Ulangi dua kali sehari.
  • Sementara itu, bunga kenanga turut dijadikan ramuan untuk mandi bunga dan juga ramuan air mandian ibu-ibu lepas bersalin.

2 komentar:

Lyliana Setianingsih mengatakan...

Bunga kenanga bisa untuk asthma, pengobatan apa pencegahan dok? Mama saya ada asthma soalnya... Bagaimana dengan malaria? apa bisa mengobati sampai tuntas...? Saya rekomen ke teman saya ya dok yang baru sembuh dari malaria... makasih infonya dok.. :-)

Yunda Hamasah mengatakan...

Ini jujur saja belum aku coba sendiri, baru tahu juga :) Yuk kita cobain bareng-bareng. Mana tahu khasiatnya bisa kita bagi ke saudara-saudara yang lain....