Senin, 10 September 2012

Menguak Cerita Belitong Timur

Koran Republika, tertanggal 4 September 2012 itu tak sengaja kubaca *Iya, ngaku, sudah sekian lama aku tak baca koran. Sejak bisa buka yang online, (sok) gaya banget yak... Bagaimana tidak memancing rasa ingin tahuku saat di kolom DINAMIKA tertulis judul "BKKBN Puji Keberhasilan KB Pria di Beltim" Dan coba simak cuplikan isinya:
...Pada tahun 2006 peserta KB Pria di Beltim hanya 5.000 orang. Sementara pada 2011 jumlahnya meningkat menjadi 25 ribu... Berdecaklah aku, sebuah hal yang patut disebut sebagai  peningkatan, hingga wajar bila menuai pujian.

Aku tak hendak membahas tentang apa itu KB Pria, ragam serta hukumnya. Karena bisa leluasa membacanya disini, dimari dan disana. Tapi yang membuatku tertegun adalah ternyata kesuksesan proram KB Pria di Beltim itu berkat ide kreatif Pemerintah setempat yang melibatkan keberadaan Warung Kopi. Ya, memang Warung Kopi adalah icon daerah ini. Dan tanpa bisa kutahan, melayanglah kenangan akan sebuah perjalanan dinas antara Tanjong Pandan - Manggar - Gantong, penghujung April lalu. Meski banyak yang tak sesuai harapan, sehingga aku belum berkesempatan mencicipi aroma dan rasa Kopi Manggar. Juga belum bisa mengunjungi sekolahnya Bu Mus, SD Muhammadiyah di Gantong, tapi tetap saja berkesan.

Gerbang Kota:
"Selamat Datang di Kota Wisata 1001 Warung Kopi"
Letak geografis Manggar sebagai Ibukota Kabupaten Beltim yang dipinggir laut *silakan lihat PETA ya... dan sejak dulu terdapat sebuah pelabuhan, sangat potensial membuat daerah ini selalu disinggahi oleh kapal-kapal besar dari berbagai belahan dunia. Dan seperti umumnya gaya hidup kota pelabuhan, Manggar sangat lekat dengan itu semua. Ingat kisahnya Ikal cs dalam Laskar Pelangi? Ya seperti itulah. 

Manggar dan Gantong yang memang penghasil komoditi Timah terbaik *dulunya berjaya dikelola pihak asing oleh PT. Timah, sekarang hanya dikelola secara perorangan... banyak sekali menyedot tenaga kerja dari luar daerah. Seringkali mereka (para pekerja) tak membawa serta keluarga, dan disinilah celah hadirnya 'lokalisasi'. Sebuah fenomena. Dan apakah karena ini pula program KB Pria di Beltim banyak pesertanya? Wallahu'alam. Perlu penelurusan lebih jauh.

Hanya sebatas inilah aku berhasil menguaknya, tak sampai mengungkap banyak fakta. Maaf buat  semua yang kecewa membaca tulisan ini *sebagai gantinya aku kasih bonus ceritaku saja ya... Selama di Belitong, baik di Tanjung Pandan ataupun Manggar kami disuguhi kuliner yang khas, sepertinya yang pernah ketulis di Kuliner Belitong. Nama rumah makannyapun sama "BERAGE" kalau dibahasa Indonesiakan artinya "Menghidangkan", hanya nuansa RM yang berbeda. Yang di Manggar lebih asri, lengkap dengan gelayutan Markisa.

Ini RM Berage di Manggar.
Makanan khasnya juga Gangan.
Selain ke Manggar aku kebagian tugas ke Gantong dapat di SMAN Gatong dan SMA PERGIB 3 Gantong. Dua SMA yang teramat berbeda dari segi prestasi. Dan karena lama di SMA inilah aku tak bisa menyambangi Replika SD Laskar Pelangi, waktu dipacu karena aku harus segera tiba lagi di Manggar. Tak bisa juga kukunjungi SMA tempat Ikal cs syuting *ingat saat dihukum membersihkan WC, pokoknya banyak tempat yang masih membuatku penasaran karena belum bisa aku lihat langsung saat ke Beltim *semoga ini satu pertanda, suatu saat aku bakal diutus ke Belitong lagi...

SMAN Gantu/ong.
PERGIB=Perguruan Islam Belitong.
Masih ingat Bapak Yusril Iza? Tokoh nasional yang katanya berasal dari Belitong itu, ternyata orantuanya ada di desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Rumah kediaman orangtuanya aku lewati saat menuju Pantai Lalang. Aku bahkan sempat-sempatnya minta berhenti untuk memoto gerbangnya, ya hanya gerbangnya, takut disangka menyatroni rumah orang kalau sampai berlama-lama, hehe...
Rumah Bapak Yusril Iza Mahendare di Lalang, Manggar.
Apa yang bisa kuliput dari Pantai Lalang? Jujur aku penasaran, karena foto Pantai Lalang ini terpajang di Kantor Dinas Kesehatan Beltim, cukup mempesonaku. Dan rasa penasaranku itulah yang mengantarkan aku sampai ke Pantai Lalang.

Anak Pantai diterpa terik Mentari.
*kayak judul film ya...
Lihat pasir pantainya yang tak begitu bersih.
Berbeda dengan Pantai Tanjong Tinggi, Lokasi syuting Laskar Pelangi.
Foto yang sangat mirip dengan yang aku lihat di DINKES Beltim.
Entah mengapa sebelum ke Pantai Lalang, foto ini membuatku penasaran. Kamu? :D

Dan memang Pantai Lalang adalah pantai rakyat yang dekat dengan perkampungan, dimana perahu nelayanpun berserakan dibibir pantainya. Meski pasirnya tak begitu putih, pantainya tak kumuh. Banyak anak-anak pantai yang bermain dibawah terik matahari, menikmati alam dengan segala kepolosannya. Aku juga sempat berkenalan, meski tak banyak informasi yang berhasil kugali.  Pulang dari Pantai Lalang, aku melewat perumahan dinas PT. Timah yang tak ditempati lagi, *nelangsa lihatnya,sayang tak ada fotonya... terbengkalai tak bertuan. Lalu kamipun melanjutkan perjalanan ke Tanjong Pandan, Kabupaten Belitong, tempat kami menginap. Di Pulau Belitong, ada 2 Kabupaten, yaitu Belitong beribukota Tanjung Pandan dan Belitong Timur dengan Manggar sebagai pusat kotanya. Meski sejenak, namun Belitong Timur memang telah menorehkan cerita tersendiri buatku.

26 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

asyiik tenryata aku ada temannya, gak pernah baca koran edisi cetak mbak :)

mimi RaDiAl mengatakan...

cantik y bun,,tp sayang transportasi dan penginapan susah ya ?

Monda mengatakan...

aku penasarannya sama makanan Bangka..., belum pernah nyobain

Mugniar mengatakan...

Yunda ... gerbang rumah pak Yusril keren ya, baru gerbangnya itu. Eh malah ngomeni gerbang orang hihihi.

Eh, salut lho kalo laki2nya bisa sampai 25ribu ber-KB. Laki2nya sudah bisa melewati egoisme mereka. Biasanya kan yang KB dianggap urusan perempuan saja. Laki2 mau enaknya ...

Harun Ar mengatakan...

Pemandangan di sana bagus..., banyak juga orang kampung kami yang merantau ke Bangka di tambang timah.

Kunjungan malam mbak... salam sahabat

NF mengatakan...

baca ini jadi menghubung2kan sama film laskar pelangi, PT. Timah, SD Muhammadiyah, pantainya :D rumah ortunya pak yusril gede yaa ... 1 lagi, itu rumah makannya asri bangeettt

ke2nai mengatakan...

kl sy py om yg org bangka mbak.. kl liat foto2nya kayaknya indah bgt ya..

JUNAEDI mengatakan...

Dari foto-2 itu, Indah sekali ya Belitong itu, baru fotonya, apalgi kalau datang langsung :)

arr rian mengatakan...

kereeen Wisata 1001 Warung Kopi :D

kakaakin mengatakan...

Adanya perusahaan besar di suatu tempat, memang mempengaruhi gaya hidup masyarakat di sekitarnya ya, Mbak. Geliat perekonomian lebih terasa. Tapi sayangnya tumbuh pula tempat semacam 'lokalisasi' itu :(
Rasanya saya ingin banget berkunjung ke negri laskar pelangi, tapi sayang.. jauuuh... :((

Enny Mamito mengatakan...

aku pernah liat pantainya di tivi m..cantiik yaa :)

Nia mengatakan...

pantainya bener2 indah yachhh......pasirnya putih.....jadi pengen main ke pantai.....

ngomongin soal KB...aku ngga KB loch...itu malah suami yg nyuruh ngga usah KB....soale takut ngga cocok....jadi pengen nanya kalo KB utk cowok itu adanya apa aja yach?

Rohis Facebook mengatakan...

suasana disana tampakx masih hijau ya Bun..? beda dgn disini makassar yg ada tuh hny ruko dan mall, panas.....

Penyuluh Perikanan mengatakan...

wah suasana yg sangat indah ya sob,
terima kasih infonya

alaika abdullah mengatakan...

kapan yaaaa bisa ke Belitong? rumah makannya itu asri banget ya mba? Pasti selera makan tumbuh sempurna deh kalo makan disitu, hehe....
Belitong memang penuh pesona ya mba....

Bunda Kanaya mengatakan...

suamiku bilang klo ke belitong dari Palembang deket ya mbak... naksir pantainya....

Orin mengatakan...

Aku pengen deh berlibur ke negerinya si Ikal itu Ummi. mudah2an kesampean ya, nanti kita kopdar di warung kopi manggar, ocey? ;)

Indah Kurniawaty mengatakan...

Pengen deh ke Belitong. Padahal aku sendiri orang Bangka dan lama menetap di bangka malah belum pernah samsek ke Belitong.

Ananda Mutiara mengatakan...

Bicara tentang Belitong, jadi inget film "Laskar Pelangi" :)

Jadi pengin ke pantai Mbak, kangen dah lama nggak jalan-jalan :)

DewiFatma mengatakan...

Kalau aku nanti ke sana, akan kukunjungi semua tempat yang ada di novel LAskar Pelangi :D

evi mengatakan...

Sayang yah gak sampai ke sekolahannya Ical Mbak Keke..Padahal sudah kesana gituh..Tapi sekarang sekolah itu kayaknya mulai pada dedel deh..Walau sering dipakai tempat tujuan wisata, kayaknya pemerintang Belitong tak begitu merawat bagunan tersebut..Duh Belitong..pengen deh kesana lagi...

Harun Ar mengatakan...

Datang lagi mbak, follow back sukses mendarat di 176. tq.
Salam dari Megang Sakti Sumatera Selatan

Arif Chasan mengatakan...

wiiiiih... negeri laskar pelangiiii... XD

A. Y. Indrayana mengatakan...

ingin ke sana ... belitung ...


liburan ... sambil reportase :)

Hany Von Gillern mengatakan...

di tunggu cerita detail peran warung kopi atas keberhasilan kb pria ya mbak. Penasaran ;)

obat panas lambung mengatakan...

semoga menjadi informasi yang bermanfaat
salam kenal

NANGKRING.
obat tradisional lambung.
OBAT SAKIT GIGI ANAK .