Selasa, 25 September 2012

Belajar Nyamuk

Seruangan sama entomolog ternyata mengasyikkan ya, aku jadi bisa belajar tentang nyamuk. Aku bahkan baru tahu ternyata untuk bertahan hidup itu nyamuk hanya perlu mengisap sari bunga dan buah. Jadi saat nyamuk menggigit manusia dan menghisap darah itu untuk berkembang-biaknya, meneruskan generasi. Berguna untuk mematangkan sel-sel telurnya. Artinya yang menggigit manusia itu memang hanya nyamuk betina. 

Bukan kumbang saja, yang menghisap bunga.

Nyamuk jantan? Tak pernah menggigit kita, sebab ia akan mati segera sesaat setelah mengawini pasangannya, kurang dari seminggu bahkan *alangkah setianya nyamuk jantan pada pasangannya ya, komment tak penting... 

Itu yang baru aku ketahui dari si nyamuk, kalau jenis nyamuk itu bermacam-macam sudah lama aku tahu :D Ada Aedes yang terbagi menjadi Aedes Albofiktus dan Aedes Agipty si penular DBD. Ada Anopheles yang jadi vektor penyakit malaria. Ada Culex dan Mansonia pembawa vektor filariaris. Hanya Armigeres dan Toxorhyncities yang baru aku kenal hari ini. Dan penulisan namanyapun, aku tak yakin benar, maaf yaaa...

Belum lagi ciri-cirinya, yang aku ingat luar kepala hanya bahwa Aedes Agipty itu tubuhnya belang, hitam putih, menggigit di pagi sampai sore hari. Semua juga tahu kan ya :D Ini dia penampakannya.

Hitam putihnya jelas terlihat.

Semetara ciri lainnya yang bisa dilihat dari sayap, antenanya, mengenali jantan betina. Khasnya saat menggigit itu semua ternyata ada ilmunya. Ho ohh... ternyata ya ilmu yang aku punya masih sangat sedikit. Hanya separoh titik, mungkin malah tak sampai. Jadi tak ada gunanya merasa sombong. Yang ada adalah mari kita terus belajar. Dan belajar itu tak mesti di bangku sekolah bukan? tapi bisa di Universitas kebanggaan kita. Meski maya, disini banyak kelebihannya, dan inilah yang selalu membuat aku rindu membuka blog ini, meski tak berkelas. Aku terlanjur cinta.

Gambar kedua nyamuk di atas aku copy dari materi pelatihan entomologi :D

30 komentar:

nicamperenique mengatakan...

wah saya baru tau klo nyamuk jantan itu matinya dengan cara yang mengenaskan :D tapi kesetiaannya jadi teruji hohoho
ehm wlo begitu gak mau ah suaminya seperti nyamuk jantan itu hehehe *dibahas*

monda mengatakan...

dari mahluk sekecil itu kita bisa banyak belajar dan banyak yg belum kita tahu, subhanallah

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

kasihan banget ya nyamuk jantan, eh tapi biar lah mati ya mbak hehehe. oh ya sama ingat nyamuk itu tidak mengigit ya tapi menusuk :)

Boll mengatakan...

yang saya tahu, nyamuk jantan mencari makan dari tumbuh tumbuhan

kalo yang menggigit manusia itu nyamuk betina

Risablogedia mengatakan...

nyamuk jantan : setia hingga maut memisahkan hehehe

Mami Zidane mengatakan...

berarti di rumah saya nyamuknya betina semua mbak...soalnya semuanya suka menggigit kami....:)

bunda Lily mengatakan...

ikutan belajar ttg nyamuk disini.
terimakasih Yunda krn telah berbagi...
selama ini tau nya cuma nyamuk itu hewan yg menyebalkan krn gigitannya yg bikin gatel....
salam

mamairma mengatakan...

baru tau kalo yg suka gigit itu nyamuk betina to...
ma ksh infonya bund...:)

Bunda Kanaya mengatakan...

ooh yg suka gigit kita itu nyamuk betina yaa....pantes sakiit.. hehehe

HP Yitno mengatakan...

Lho nyamuk makannya sari bunga ya. Sedangkan darah yang dihisap untuk merangsang sel telurnya gitu ya kak?

Indra Sejati mengatakan...

Informasi yang memilki pembeljaran untuk kita semua Mba. Kita bisa belajar dari seekor nyamuk ya Mba.

Sukses selalu

Salam,

Pakde Cholik mengatakan...

Dibalik keusilannya karena menggigit manusia, nyamuk juga menghidupi banyak orang yan jeng
- yang punya pabrik obat nyamuk, pekerja di pabrik obat nyamuk, pengusaha pabrik doss obat nyamuk, raket anti nyamuk, dan pembuat semprotan anti nyamuk, dll

Salam hangat dari Surabaya

ettyzweisibungsu mengatakan...

Nice info, baru tau kalo yang menggigit itu nyamuk betina, walaupun gigitannya sangat menjengkelkan tapi ada cerita romantis di balik hidup mereka.. lha nyamuk jantannya setia banget..

prih mengatakan...

Dari nyamuk yang umur hidupnya tak terlalu lama menjadi sumber belajar banyak pihak melalui entomologi ya. Trim mbak Keke tlah berbagi. salam

Enny Mamito mengatakan...

kasihan sbnrnya ya nasib nyamuk jantan.. tapi aku gak mau digigit juga mb :D

kakaakin mengatakan...

Berarti yang sedang mengerumuni saya malam ini adalah nyamuk2 betina...
Mari kita belajar lagi, Mbak :D

Obat Rematik Herbal mengatakan...

makasih banyak infonya

Mas Huda mengatakan...

aku juga baru tahu kalau yang menggigit manusia itu nyamuk betina.. hadeeh

Obat Alami Ace Maxs mengatakan...

mantap

Obat Gondok Herbal mengatakan...

keren

cara menyembuhkan ambeien mengatakan...

hmm baru tau tuh kalo yg suka gigit itu nyamuk betina.. kirain jantan juga sama..

cara menyembuhkan ambeien mengatakan...

hmm baru tau tuh kalo yg suka gigit itu nyamuk betina.. kirain jantan juga sama..

Lozz Akbar mengatakan...

Untung saja saya gak terlahir jadi nyamuk ya Yunda.. kalau tahu gitu kan saya malah takut nanti nikah hahaha

Rawins mengatakan...

wah, disini nyamuk sudah jadi teman setia sampai mati seperti pejantannya. makanya aku suka mikir, andai kata ada yang mau buka usaha pabrik rempeyek nyamuk
hehe

octarezka mengatakan...

jadi yang gigit itu nyamuk cewek ya mbak,
kalo dulu malah dibilangin kalo anak perempuan yang gigit nyamuk nya jantan...#gakpenting

jiah al jafara mengatakan...

walah, ilmuku msh cetek, baru tau ternyata yg gi2t nyamuk betina, pantes aja ya kdg aq liat nyamuk nangkring d kembangan

Ririe Khayan mengatakan...

Banyak pelajran yg bisa di ambil dr Nyamuk..dan sebenarnya nyamuk gak makan darah kan?

hilsya mengatakan...

aku bikin posting ttg ACD, barangkali ibu akan mengoreksi? hihihi...

Abi Sabila mengatakan...

Benarlah bahwa tak ada satupun di dunia ini yang tercipta sia-sia, semua tergantung dari kemauan kita untuk mempelajarinya. Betul kan, Bu Dokter?

obat panas lambung mengatakan...

semoga menjadi informasi yang bermanfaat
salam kenal

NANGKRING.
obat tradisional lambung.
OBAT SAKIT GIGI ANAK .