Rabu, 12 September 2012

Keliling Dunia dari Rumah Saja

Dulu saat mendengar percakapan Ibu-ibu yang anaknya kelas IV-VI SD, jujur mampu membuatku berkernyit. Masa sich? Seingatku zaman aku SD dulu, belajarnya saat EBTANAS sudah dekat saja, tapi ya itukan era tahun 80-an... Katanya kalau sudah kelas IV keatas PR juga tugasnya banyak dan makin sulit. Maka saat Yunda masuk kelas IV kemarin aku yang sudah berjaga-jaga sempat bengong juga.

Bagaimana tidak? Pekan pertama di Sekolah Yunda dapat tugas IPS menggambar peta Sumatera Selatan, yang artinya sukses membuat kami beredar ke Toko Buku mencari ATLAS yang cocok. Belum lagi jangka dan perlengkapan lainnya. Yang membuat lama, Yunda termasuk perfeksionis *ada turunan Emaknya juga... ingin yang benar-benar pas tapi tak mau dibantu saat membuatnya. Jadilah waktu 3 hari yang diberikan lumayan mepet untuknya menentukan skala dan memoles warna. Syukurnya semua dinikmatinya dengan baik, saat tugas sudah dikumpulpun, ATLAS yang terlanjur membuatnya jatuh hati itu masih setia dibolak-baliknya. 

Jatuh hati pada ATLAS? Bisa ya... Iya, sebab aku punya caranya bersahabat dengan buku PETA itu *emang Dora? :P Hari-hari pertama saat si -ATLAS ada di rumah kami, dengan melibatkan Hamas aku bercerita tentang belahan dunia yang bisa kami sambangi lewat lembaran petanya. Rupanya hal itu menarik minat anak-anakku. Mereka tertarik melihat peta Lampung, dimana letak Kabupaten Way Kanan, dimana posisi rumah Datuk mereka *gleekkk... Adakah Blambangan Umpu juga disebutkan? Sampai ke halaman-halaman akhir saat mata mereka tertuju pada istilah 7 keajaiban dunia. Pendeknya hingga hari ini ATLAS itu sudah berhasil membuai mereka lewat satu istilah "Keliling Dunia Bisa dari Rumah Saja"

Sampai-sampai suatu hari saat aku pulang kantor, Yunda dan Hamas sedang duduk di depan pagar, bahkan Hamas sambil makan pisang coklat, karena khusyuknya mereka tak menyadari kehadiranku. Dan jadilah foto 'colongan' berikut ini.

Hamas dan Yunda sedang keliling dunia  :)
Ada yang mau ikut?
Selain tugas IPS yang fenomenal itu *lebay... Beberapa hari yang lalu Yunda juga dapat tugas IPA menggambar tulang kepala manusia, iya tulang tengkorak. Huuuaaaaa... aku ya langsung terbelalak lantaran terkejut. Itukan tugasku zaman kuliah dulu, hanya bisa berguman dalam hati, takut menyurutkan semangat Yunda. Alhasil, tugas ajaib itu selesai juga sebelum dikumpul, ada seminggu waktu yang disediakan. Yunda menyelesaikannya nyicil, maklum tipe Yunda kan tak mau asal jadi.

Lain Yunda maka berbeda pula Hamasku. Malam yang sama saat Yunda mengerjakan tugas IPA, Hamas dengan bangga mengumumkan bahwa diapun ada tugas IPA. Menggambar seekor burung dilengkapi dengan tulisan bagian-bagian tubuhnya. "Ada contohnya kok Mi!" Serunya seantusias biasanya. Aku yang penasaran langsung mencari di buku IPA kelas II milik Hamas. Dan memang ada, elok pula rupanya. Sempat pula aku membatin, butuh waktu berapa lamakah Hamas meniru gambar burung ini? 

Dan ternyata, hanya beberapa menit saja gambar burung itu rampung dengan gemilang, beserta nama-nama bagian tubuhnya. Burung yang dicontoh menghadap ke kanan, sementara gambar Hamas menghadap ke kiri. Asli kalau tak kutahan, meledaklah tawaku. Wong penampakannya sama sekali tak mirip contoh kok :oops: Tapi yang membuatku senang karena Hamas tetap PeDe, inilah burung hasil karyaku, yang penting ada badan, ada kepala, ada paruh, ada mata dan 2 kaki, tak harus menyerupai contoh bukan? Kira-kira demikian yang aku tangkap dari gelagatnya.

Anakku sayang teruslah berjuang, tuntutlah ilmu sepanjang usia, dimanapun dan kapan saja, Ummi akan selalu mendo'akanmu...

25 komentar:

Anak Rantau mengatakan...

Dulu tugas kuliah, sekarang jadi pr anak SD ya mbak hehehe...

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

Insya Allah doa umi terkabul ya. pascal belum pernah lihat atlas mbak, tapi kalau bola dunia dia punya & sering tanya2

dey mengatakan...

Mbah-nya Fauzan masih menyimpan atlas jaman kakak saya SD, gak tau tuh udah berapa puluh tahun umurnya. Malah Mbah-nya itu yang pertama kali ngenalin atlas ke Fauzan.

Hamas samaa dengan Fauzan ya, sama2 kelas 2 SD ? Fauzan kemarin dapat tugas IPA membuat pertumbuhan binatang.

kakaakin mengatakan...

Saya suka banget membuka2 atlas. Dulu alm. bapak saya sangat sangat suka menemani membuka-buka atlas, lengkap dengan kaca pembesar milik beliau :)

Srulz mengatakan...

Amin.. :D
bunda do'ain aku juga.. #eeaa #hehe

BlogS of Hariyanto mengatakan...

aamiinn,
ada beberapa pakar pendidikan yang mengatakan, bahwa kurikulum di Indonesia sekarang seakan-akan terlalu memaksakan diri untuk usia anak sekolah, yang seharusnya untuk SMA, sudah diajarkan di SD...begitu seterusnya, entah benar atau tidak...wallahualam,
semoga Yunda dan Hamas bisa melalui semua itu dan semoga ALLAH melapangkan jalan hingga mereka berdua bisa menyelesaikan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi.....,
salam hangat dari Makassar :)

Hany Von Gillern mengatakan...

ibunya jadi ikutan belajar dan jadi balik sekolah lagi ya mbak :) InsyaAllah bermanfaat, aamiin ..

Mami Zidane mengatakan...

anak jaman sekarang memang pintar-pintar ya mbak....:)

bunda Lily mengatakan...

ya ampuuuun....susah2 banget tugas2 sekolah anak zaman sekarang ya ....
dulu kayaknya bunda bikin peta gitu, waktu sudah SMA deh ....

tapi, benarlah ibu yang hebat menghasilkan anak2 yg hebat dan cemerlang juga , seperti Yunda dan Hamas....
mereka punya ibunda yang luar biasa .....
salam

Fajar mengatakan...

pinter..pinter ya mbak..putra putrinya.. semoga menjadi anak yang sholeh/ah..amien..

Adini mengatakan...

Iya Yun, pelajaran anak sekolah skg ngak seperti dulu. Kelas 1 aja udah sulit.
Mungkin itu slah satu anjuran kenapa anak-anak umur 6 tahun ngak boleh masuk SD.

Della mengatakan...

Subhanallah, seneng deh bacanya. Dua anak dua tipe ya Mbak, tapi dua2nya ud tau cara belajar yang paling pas buat mereka :)
Moga kelak Yunda dan Hamas bisa keliling dunia beneran ;)

Orin mengatakan...

Tugas waktu kelas 4 SD? yg paling aku ingat adalah menggambar bangun ruang itu Ummi, kalo ga salah aku pilih Limas.
Dan seperti biasa jadi deadliner, besok dikumpul malamnya baru ngerjain qiqiqiqi

*semoga tidak ditiru Yunda n Hamas* :D

Sugiantoro mengatakan...

Mungkin pas lihat atlas, anak-anak itu sekalian berimajinasi sedang jalan-jalan beneran...indahnya dunia anak

Tebak Ini Siapa mengatakan...

Hihi dulu pas SD aku juga ada tugas gambar peta...
Malesin... wkwkwk...
Kalo liat atlas doang sih seneng-seneng aja :D

HP Yitno mengatakan...

Sama kayak kita waktu sd dulu. Tugas menggambar salah satu peta yang ada di atlas. Kalau ane nyari yang gambarnya kecil dan tulisannya sedikit he..he..

Annisa mulia mengatakan...

Kadang-kadang kasian juga sama anak-anak SD yang tugasnya seabrek. Liat adik sendiri, rasanya cape banget..
Huhuhuhu

Kalo aku keliling dunia dari perpustakaan, kalo ke pustaka suka muter-muterin globe. wehehhe

ekoeriyanah mengatakan...

subhanallah - Keluarga Bahagia "Aamiin"

prih mengatakan...

Yunda dan Hamas berhasil belajar menikmati tugas belajarnya ya mbak, Salam

Rohis Facebook mengatakan...

gk nyangka lho ternyata PR tuk buat Peta msh berlaku mpe sekarang dan klo gk salah sama tuh dgn tugas anak kuliahan hehhe...

Selamat berakhir pekan ya Bu... *smile

jiah mengatakan...

bunda, kalo aq kelilig dunianya pake google earth heheh

Masnady_Bloegreen mengatakan...

iya nih..g perlu kluar ongkos banyak buat keliling dunia...cukup depan kompi saja dah bisa....?

ke2nai mengatakan...

kl belajar yg tulang2 itu seinget sy pas sy SMA pelajaran biologi.. Sy pas baca blog ini bareng Keke.. Dan Keke komen "kelas 2 SD udah belajar ttg tulang2? Keke blm". Seinget sy wkt Keke kls 2 kmrn pelajaran sciencenya masih yang ringan2 loh mbak.. Ternyata lain sklh, lain kurikulum ya ^^

Asep Haryono mengatakan...

Salut dengan ibu yang satu ini hiehieieiee. Belajar dan belajarlah terus ya Semoga akan menjadi pintar seperti Umminya. Salam kami sekeluarga di Pontianak, Kalimantan Barat

obat panas lambung mengatakan...

semoga menjadi informasi yang bermanfaat
salam kenal

NANGKRING.
obat tradisional lambung.
OBAT SAKIT GIGI ANAK .