Jumat, 04 Mei 2012

Sosok Cantik Kartini Modern yang Kukagumi

Siapakah yang aku maksud? Beliau adalah Almarumah Yoyoh Yusroh, yang telah berpulang pada 21 Mei 2011, artinya hampir setahun yang lalu. Beliau sosok yang hebat dimataku, meski aku mengenalnya hanya sekilas saja, saat beberapa kali kunjungannya ke Palembang. Tapi jujur, beliau sudah mampu menginspirasiku dalam banyak hal. Maka tak heran bila saat hari kepergiannya, aku sengaja menuliskan sedikit kenanganku akan sosoknya, bisa baca selengkapnya di In Memorian Ustadzah Yoyoh Yusroh, kuberi tajuk spesial "Bukan Bunga Biasa". Yang membuatku bangga juga terharu, sampai hari ini tulisan ini menduduki posisi tertinggi sebagai entri populer pada blogku, yang paling banyak dilihat. Ohhh ternyata, mencapai  > 2571 gituu dechhh... bangga dong :)

Balik ke sosok Almarhumah Yoyoh Yusroh, beliau salah satu dari sedikit wanita yang mengukuhkan dirinya berjuang di ranah parleman Negeri ini. Beliau juga konsent mengurusi bantuan ke Palestina. Tapi yang mengagumkan beliau tak melupakan tugasnya sebagai istri dan ibu dari 13 orang anak yang luar biasa. Kiprahnya pada masyarakat sekitarpun tertoreh nyata. Banyak kesaksian tentang hal ini yang terangkum dalam buku "Yoyoh Yusroh, Mutiara yang Telah Tiada" terbitan Gema Insani Pers. Pokoknya tak akan habis 3 paragraf bila menuliskan kekagumanku pada sosok beliau.
  

Bersama sesama Kartini.
Saat kunjungan ke Palestina.

"Dan jasadmu memang telah pergi, tapi jejak juangmu akan abadi. Izinkan kami mengenangmu sebagai guru dalam banyak kebaikan. Telah sempurna engkau tunaikan amanahmu. Dan kami akan mengabadikan pesonamu dalam memoar perjuangan ini. Dikau guru sekaligus Ibu bagi banyak orang. Dirimu Srikandi dan layak disebut sebagai sosok cantik Kartini modern. Karena dirimu wanita yang diakui hebat oleh halayak tapi tetap berpijak pada kodrat. Allahumma firlaha warhamha waafiha wa'fuanha Allahumma latahrimna ajraha wala taftinna ba'da ha wagfirlana walaha buat Almarhumah Ustadzah Yoyoh Yusroh"


 maaf, lagi-lagi foto pinjeman, dari http://yoyohyusroh.com

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes “Blogger Kartinian” bersama21BloggerKartini

16 komentar:

Mami Zidane mengatakan...

luar biasa ya sosok ibu yoyoh yusroh ini mbak....berkarir di luar namun tak melupakan tugas sebagai ibu dari 13 orang anak ya.....semoga Allah memberikan tempat terindah untuk beliau.

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

udah keduluan mbak keke, aku gak pede mau posting tentang ustadzah yoyoh takut ada kesalahan :) good luckya mbak

Cerita Ocha mengatakan...

ooo, aku baru tau. pasti orang ini baik, semoga dia udah nyampe surga

Pakde Cholik mengatakan...

salut bkepada wanita2 seperti mereka yang giat dibidangnya.
Semoga berjaya dalam kontes.
Salam hangat dari Surabaya

Monda mengatakan...

semoga karya dan teladannya jadi amal jariah bagi beliau, aamiin

Adang N M I mengatakan...

Kunjungan Malam,,, sambil menyampaikan undangan hajatan untuk para blogger..

Salam dan Sukses selalu

I'am Sadah mengatakan...

Semoga kartini-kartini masa kini bisa mengambil tauladan dari beliau.. ^^

Hany Von Gillern mengatakan...

Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan amal baik, insyaAllah ... semoga amal beliau diterima Allah SWT, amiin ...

Jurnal Transformasi mengatakan...

Semasa hidupnya aku jarang membaca tentangnya. Namun setelah kematiannya, karena banyak sekali berita tentang Bu Yoyoh, baru aku tahu kehebatannya. Kagum sekali aku padanya Mbak :)

Mama Olive mengatakan...

Sosok ibu yoyoh..
Luarr biasa,,
Ahh semoga beliau di terima di sisiNya..
Amin..

Sukses ya ngontesnya..

cara pembelian jelly gamat luxor mengatakan...

SOSok yang memang luar biasa...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

semoga sukses ya kontesnya.

dhenok habibie mengatakan...

yundooooooo...!!!! *peluk yundo*

kangeeeeeen, lama kali kita gk saling tukar kabar.. dhe sampe ketinggalan kuis noh disini.. aaaahhh gk rela, mosok dhe gk ikutan kuisnya yundo sih.. :(

komen kali ini OOT, biarin lah soalnya lagi pengen teriak kangen aja.. *dilarang protes yaaaa*

Della mengatakan...

Iya Mbak, aku juga kagum banget sama almarhumah terutama karena jumlah anaknya itu, lho. Kebayang kan, kalau semuanya jadi anak soleh-solehah..
Subhanallah, betapa kayanya beliau di surga.. T_T

Ria lyzara mengatakan...

Subhanallah ya tante..
semoga beliau diterima disisi Nya..:)

syukron udah ikut berpartisipasi dalam blog saya :)

obat panas lambung mengatakan...

semoga menjadi informasi yang bermanfaat
salam kenal

NANGKRING.
obat tradisional lambung.
OBAT SAKIT GIGI ANAK .