Sabtu, 12 Mei 2012

Martabak Cuko

Martabak isi Kentang, makannya dengan cuko,
made in Tanteku^^
Di Palembang ada banyak makanan yang berkaitan erat dengan cuka atau 'cuko'. Sampai aku pernah lihat ada orang makan donat pakai cuko. Ada yang pernah lihat? Yupss, kalau bakwan pakai cuko, itu biasa. Risoleh atau roket pakai cuko juga sudah umum. Pisang goreng pakai cuko, ternyata di kotaku, lumrah saja. 

Nach kalau martabak pakai cuko? Tergantung jenis martabaknya. Secara garis besar, aku tahunya ada martabak manis dan martabak asin. Contoh martabak manis adalah Martabak Bangka, itu lho biasanya isinya coklat-keju atau bisa juga kacang. Adapun martabak asin, contohnya Martabak HAR, ada juga martabak isi kentang yang makannya pakai cuko pempek. Seperti tampak pada gambar. Udah pernah nyicip? Euunaaak lho...

Cara membuat Martabak Cuko biasa saja, seperti membuat roket, tebal tipis kulitnya tergantung selera. Sudah pada tahu kan? Dan apakah martabak cuko sudah masuk daftarBisnis Martabakmilik Komandan BlogCamp? *silakan dicek sendiri ya :D :)

22 komentar:

Mami Zidane mengatakan...

makan donat pake cuko mbak ? wah, saya malah baru tahu nih mbak....

kalo martabak isi kentang saya belum pernah makan mbak, dari penampakan nya sih kayaknya enak banget nih di makan malam-malam begini...:)

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

temanku orang palembamg kalau makan pisang goreng pakai cuko :)

srulz mengatakan...

wow, mau dung bun.. belum pernah makan masakan palembang saya, selain pempek... :D

Pakde Cholik mengatakan...

Di Bolaang Mongondow pisang goreng dimakan pakai sambal (dabu2), namanya Gorho ( jangan2 tulisannya salah ya)
Ketika saya bilang "enak gorhonya" , pak besan lalu bawa dua sisir pisang kepok dan semuanya digoreng untuk gorho.
Wah.....

Martabak kentang kayaknya saya belum pernah merasakan, mungkin mirip martabak HAR.

Terima kasih sudah promo bisnis martabak di sini jeng.

Salam hangat dari Surabaya

Esti Sulistyawan mengatakan...

Kayaknya enak ya mbak martabaknya

Salam kenal dari Semarang

Anak Rantau mengatakan...

Ooo... martabak HAR itu asin ya mbak? belum pernah coba hehehe...

Andy mengatakan...

dijakarta ada kagak yah,tipe makanan tsb ? soalnya yang sering aku lihat pempek aja yang pakai cuko mba :)

mimi RaDiAl mengatakan...

klo wong sumatra la dak heran lg y mba....ngopi be klo bs diganti cuko gkgkgk

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah baru tahu ada martabak cuko..hmm...tapi kalo ada penyakit maag gak boleh pake cuko ya

prih mengatakan...

Martabak kentangnya mengundang selera mbak Keke,melengkapi donat kentang. Salam

al kahfi mengatakan...

assalamuaikum mbak,, apa kabarnya ,, lama nian sy tdk berkunjung kemari,, krn hiatus,, sekali berkunjung di hidangkan martabak cuko,, hehe,, sepertinya di palembang semua cemilan serba pakai cuko ya mbak,, oh ya,, menurut penilitian kalao sering2 makan pakai cuko,, katanya bisa buat gigi cepat keropos,, bener ap tdk tuh mbak

Ririe Khayan mengatakan...

Cuko itu cuka ya Mbak? saya tahunya martabak yg asin saja deh. oia, ada juga ding martabak ndeso isinya bihun..hehehe

Bayu Hidayat mengatakan...

wih wih. kalo di bisniskan bisa success nih bu. ayo bisnis. pengen cobain jadi nya

pengobatan tradisional asam urat mengatakan...

kayanya asem-asem seger ya martabak pake cuka,,,

outbound malangh mengatakan...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
hilangkan rasa gengsi mu untuk maju lebih baik.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

Haya Nufus mengatakan...

Wah aku suka pempek pake cuko martabak pake cuko juga keliatannya enak ya mbak. Srepppp deh ^^

Diandra mengatakan...

aq udah gak kuat makan cuko mbak
maag ku langsung kambuh

alaika abdullah mengatakan...

Kalo makan pisang goreng pake saus cabe sih aku sering mba, tapi kalo pake cuko belum pernah, ide bagus juga itu, patut dicoba, hehe.

Nah kalo martabak seperti yang tampak pada foto ini, wah aku jadi ingin banget mencobanya tuh mba, uenak tenan tuh kayaknya ya? Mau donk mba keke... :)

Elsa mengatakan...

baru tau ada martabak isi kentang
makannya dengan cuko...

masih membayangkan gimana rasanya ya

Outbound di Malang mengatakan...

salam gan ...
menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
di tunggu kunjungan balik.nya gan !

nh18 mengatakan...

Waaahhh ...
Ini pasti enak banget nih ...
siang-siang liat makanan jadi lapar nih ...

Salam saya

Rosita Wirawan mengatakan...

Biar ga maag kambuh asam cukanya pke asam jawa ya ibu2..jgn pke cuka putih :D