Rabu, 16 Mei 2012

Hikmah Wudhu

Magrib tiba, Hamas menghambur ikut Abinya ke masjid yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari rumah kami. Tinggal Yunda sasaran makmumku memburu yang 27. 

Ummi : "Sholat yuk Nak..."

Yunda : *tak ada jawaban, langsung mengambil mukenanya. 

Ummi : "Yunda sudah wudhu?" *tanyaku heran.

Yunda : "Kayaknya belum batal Mi" *jawabnya sok yakin.

Ummi : "Oh gitu, iya dech... Nanti Ummi ceritakan tentang WUDHU ya, biar Yunda makin semangat berwudhu"

Dan kini saatnya aku bagikan kisah berhikmah ini, tampa bermaksud SARA.
Ahli Neurology Austria Membeberkan Fakta Mengejutkan Tentang "WUDHU"

Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater dan sekaligus neurology berkebangsaan Austria, menemukan sesuatu yang menakjubkan terhadap wudhu.
Ia mengemukakan sebuah fakta yg sngt mengejutkan. Bahwa pusat-pusat syaraf yang paling peka dari tubuh manusia ternyata berada di sebelah dahi, tangan, dan kaki. Pusat-pusat syaraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar.
Dari sini ia menemukan hikmah dibalik wudhu yang membasuh pusat-pusat syaraf tersebut. Ia bahkan merekomendasikan agar wudhu bukan hanya milik dan kebiasaan umat muslim, tetapi untuk semua umat manusia secara keseluruhan. Dengan senantiasa membasuh air segar pada pusat-pusat syaraf tersebut, maka berarti orang itu akan memelihara kesehatan dan keselarasan pusat sarafnya. Pada akhirnya Leopold memeluk Agama Islam dan mengganti nama menjadi "Baron Omar Rolf Ehrenfels".
Ulama Fikih juga menjelaskan hikmah wudhu sebagai bagian dari upaya untuk memelihara kebersihan fisik dan rohani. Daerah yang dibasuh dalam air wudhu, seperti tangan, daerah muka termasuk mulut, dan kaki memang paling banyak bersentuhan dengan benda-benda asing termasuk kotoran. Karena itu, wajar kalau daerah itu yang harus sering dibasuh.
Ulama tasawuf menjelaskan hikmah wudhu dengan menjelaskan bahwa daerah-daerah yang dibasuh air wudhu memang daerah yang paling sering berdosa. Kita tidak tahu apa yang pernah diraba, dipegang, dan dilakukan tangan kita. Banyak pancaindera tersimpul di bagian muka. Berapa orang yang jadi korban setiap hari dari mulut kita, berapa kali berbohong, memaki, dan membicarakan aib orang lain. Apa saja yang dimakan dan diminum. Apa saja yang baru diintip mata ini, apa yang didengar oleh telinga ini, dan apa saja yang baru dicium hidung ini? Kemana saja kaki ini gentayangan setiap hari? Tegasnya, anggota badan yg dibasuh dalam Wudhu ialah daerah yang paling riskan untuk melakukan dosa.

SUBHANALLAH. Semoga bermanfaat ya...
Sumber : BBM

22 komentar:

puteriamirillis mengatakan...

bucek, subhanallah ya dengan wudhu ini, dan betapa orang yang menjaga wudhunya teramat terjaga sekali. andai pu bisa begitu..amiin...

An Maharani Bluepen mengatakan...

kalo An, lebih suka wudhu lagi meski belum batal, Bunda...segerr soalnya^^

ada juga kisah wudhunya si Bilal (sang penjaga wudhu hingga dimasukkan ke surga)

www.aniamaharani.blogspot.com

Mabruri mengatakan...

subhanallaah... luar biasa ternyata wudhu ya bu..

ehh, tapi sya juga jarang wudhu lagi ketika shalat Isya, itu lantaran seleps magrib di masjid langsung tadarus sampai isya... hihihi

outbound di malang mengatakan...

salam gan ...
menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
di tunggu kunjungan balik.nya gan !

Mami Zidane mengatakan...

wuah, ternyata di balik wudhu ada banyak manfaat yang bisa diperoleh ya mbak

terimakasih sudah bagi2 infonya mbak

I Love Indonesia mengatakan...

kunjungan perdana.. blognya dah q follow/#148DSP.. follbek ya..

Didin Supriatna mengatakan...

setelah beberapa waktu lalu berkunjung kini daku balik lagi.. artikelnya mantab.. menambah pengetahuan.. trims..

Lyliana Thia mengatakan...

Subhanallah...

Mbak Keke... makasih pencerahannya...
emang yah, kalau qta lagi libur sholat seminggu itu... rasanya muka kusaaam aja gitu... padahal cuci muka loh..

apa mgkn ini efek gak kena air wudhu ya?

Wallahu'alam ya mbak.. :-D

cara mengobati asam urat mengatakan...

berbagi Kata Kata Motivasi
Orang slalu bilang km perlu melakukan ini dan itu, tp km tahu yg terbaik ttg dirimu dan apa yg perlu km lakukan.

Tulus dalam menggali potensi diri. Meniru hanya membuatmu menjadi orang lain, tak ada yg bisa dibanggakan. Jadi dirimu sendiri.

Keikhlasan hati dan ketegasan sikap, akan menjadikan kamu lebih siap dan lebih berani dalam menyelesaikan setiap masalah.

Apapun yang kamu rencanakan, apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.

Doaku hari ini: Tuhan, berikan aku keberanian, kesabaran dan keikhlasan untuk menghadapi sulitnya kehidupan. semoga dapat di terima gan, dan salam kenal :D

Diandra mengatakan...

subhanallah....
mbaaaak....aq sampai merinding membacanya
teringat akan dosa di sekujur tubuh qta...hiks

makasih pencerahannya yaaa....
*peluk erat*

TricaJus mengatakan...

berbagi Kata Kata Motivasi
Orang slalu bilang km perlu melakukan ini dan itu, tp km tahu yg terbaik ttg dirimu dan apa yg perlu km lakukan.

Tulus dalam menggali potensi diri. Meniru hanya membuatmu menjadi orang lain, tak ada yg bisa dibanggakan. Jadi dirimu sendiri.

Keikhlasan hati dan ketegasan sikap, akan menjadikan kamu lebih siap dan lebih berani dalam menyelesaikan setiap masalah.

Apapun yang kamu rencanakan, apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.

Doaku hari ini: Tuhan, berikan aku keberanian, kesabaran dan keikhlasan untuk menghadapi sulitnya kehidupan. semoga dapat di terima gan, dan salam kenal :D

Abi Sabila mengatakan...

keutamaan menjaga wudhu juga dibahas di pengajian malam Rabu kemarin, Bu Dokter. Pernah mencoba menjaga wudhu, tapi ternyata tidak mudah. selalu saja ada godaannya, dan yang paling sering merasa ingin buang angin. Tapi banyaknya godaan ini menjadi masuk akal mengingat besarnya faedah/keutamaan wudhu seperti yang usdadz saya umpamakan orang yang menjaga wajahnya akan bersinar seperti warna kuda putih diantara kuda-kuda hitam, sangat terlihat bedanya.

Semoga kita bisa menjaga wudhu, segera memperbaruinya, bukan saja karena manfaat untuk fisik kita tapi juga ruhani kita. amin, insya Allah.

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

kalau mau pergi keluar rumah saya suka wudhu tapi itu kadang batal lagi, bolak balik wudhu :)

Pakde Cholik mengatakan...

Wudhu juga akan menjadikan wajah kita bercahaya.
Disunnahkan wudhu tanpa batal, artinya jika wudhu kita batal maka wudhu lagi, wydhu lagi,wudhu lagi.
Sebelum tidur sebaiknya juga berwudhu.
Terima kasih atas pencerahannya bunda.

Salam takzim dari Surabaya

Lukman Nulhakiem mengatakan...

Itulah mengapa kita diperintahkan untuk melaksanakan apa2 perintah Alloh SWT. Hikmah dibalik amalan2 yg kita kerjakan insya Alloh barokah, termasuk perintah wudhu ini.

Sami'naa wa atho'naa...

Outbound di Malang mengatakan...

salam super sahabat,
tetap semangat dan sukses selalu ya
ditunggu kunjungan baliknya :)

Ririe Khayan mengatakan...

Membaca alsan si kakak [yunda], berasa saya sendiri tuh Mbak, saya juga demikian kalau belum batal wudhlunya. Ma kasih sharing pencerahnnya, semoga setelah ini saya jd lebih rajin wudhlu meskipun belum batal.

kakaakin mengatakan...

Kalo saya, gampang banget batalnya...
Keknya gas di dalam perut sering meminta keluar :(

Nurmayanti Zain mengatakan...

MasyaAllah... wudhu itu akan menjadi cahaya bagi kita kelak :D

mintarsih mengatakan...

betapa bahagiannya jadi muslim ya bu.

Bintang mengatakan...

Bermanfaat banget, Yunda...trima kasih sudah menambah pengetahuan saya tentang manfaat ber-wudhu...
Apa kabar?
Kangeeen sekali.
Maaf ya lama nggak berkunjung :)

obat panas lambung mengatakan...

semoga menjadi informasi yang bermanfaat
salam kenal

NANGKRING.
obat tradisional lambung.
OBAT SAKIT GIGI ANAK .