Kamis, 31 Mei 2012

Edisi Mancing

Ini sebenarnya bagian liputan liburan Lahat - Pagar Alam - Empat Lawang yang belum selesai kemarin, tapi ya apa mau dikata belum dapat kesempatan yang tepat untuk merangkai cerita serunya.

Maka kali ini sedikit memamerkan foto saja, betapa edisi mancing kemarin sangat dinikmati oleh anak-anakku dan Abinya. Mereka begitu antusias sampai rela berlarian dalam gerimis menuju Empang pemancingan di belakang rumah Uwak, desa Pajar Bulan, masuk dari desa Simpang Aceh, Pagar Alam. 

Uwak adalah mantan kepala desa, saat Abi KKN tahun 1999 lalu. Kami sengaja menyambangi mereka untuk bersilaturahim dan memang rute liburan kami melewati daerah sana. Abi sudah sering berkisah tentang desa tempat KKN tersebut, penduduknya ramah dan Abi merasa dekat dengan orang-orang yang dikenalnya di desa itu, maka jadilah kami 'sanjau' ke sana.

Benar saja, orang-orang sana masih ingat sosok Abinya Hamas, hanya kok sekarang jadi 'bunder' kata mereka *nguyok... Keluarga Uwak yang mantan Kades itu berulang kali mengulang kisah serupa dengan yang sudah sering disampaikan Abi. Ooohhh berasa bernostalgia. Anak-anakpun langsung dekat dengan Uwak. Mereka langsung menghambur saat ditawari mancing. Padahal Uwak mendadak tak bisa mendampingi karena ada warga dusun tetangga yang meninggal. Jadilah Abi serasa penguasa Empang dan ahli pancing-memancing dadakan. Ini gayanya.

Menurunkan ilmu pasang umpan,
cacing lho yang dipakai, iiihhhh...
Mejeng dulu, lupa pamer ikannya,
sengaja, malu, dapatnya kecil-kecil, hehe..
Di Palembang sendiri anak-anakku pernah mancing di Pemancingan Glora, tapi ya tak seheboh ini, pancingnyapun pakai alat modern, pakai umpan yang dibeli. Acchhh, pendek kata ada sebongkah harap kelak di Kampung Datuk yang ada aliran air di belakang rumah akan kami bendung dan dijadikan Empang Pemancingan mencontoh punya Uwak *semoga suatu saat terwujud ya... Berkah silaturahim, bisa terinspirasi untuk punya Empang Pemancingan, biar bisa mancing sepuasnya saat liburan.

25 komentar:

Mami Zidane mengatakan...

memancing merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan ya mbak, semoga kelak impian mbak yunda untuk memiliki Empang pemancingan sendiri bisa cepat terwujud ya mbak.

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Amin, iya asik ya mbak kalo bisa mancing sepuasnya ntar..btw, ikannya apa aja mbak yang dipancing? hhe

dey mengatakan...

meski dapet ikan kecil2, tapi kan dapet serunya itu ...

Diandra mengatakan...

asyiknya yg lagi mancing
aq pernah sekali mancing mbak...
akhirnya kapok krn setengah hari mancing tp ikannya gak dpt satupun,krn kesel akhirnya qta memutuskan untuk menjaringnya aja....hihihi

Adenia mengatakan...

Kapan-kapan kito mancing peh mbak....

Abi Sabila mengatakan...

tapi ada juga yang jadi kurang greget kalau mancing di kolam / empang sendiri, Mbak. Lebih menantang kalau mancing di kolam orang, asal jangan mancing keributan. Hehehe...

Ririe Khayan mengatakan...

dulu di belakang rumah ortu saya juga ada emapng Mbak, kalau musim hujan pasti tiap malam kakak-2 saya masang pancingnya [istilahnya = njegog] dan paginya baru di ambil. Kalau nasib lg baik dapat ikan gabus yg besar jd bisa utk lauk sarapan deh.

Btw, saya suka mancing tapi geli kalau msang cacingnya [pdhl waktu kecil oke-ike saja megang cacing tanah]

Orin mengatakan...

Ngantuk aku mah Ummi kalo mancing hihihihi... tapi pas kecil suka bgt ikutan mancing bersama para pria2 di rumah :D

srulz mengatakan...

hmm.... mancing yah... aku selalu jengkel.. karena berjam jam nunggu, selalu hasilnya nol.. wkwk.. :D

gag punya bakat mancing kali ya.. :D haha.. padahal.. umpannya pun sama kayak temen" saya bun. :D

DewiFatma mengatakan...

Aku blom pernah mancing, kayaknya bosan nungguin umpan dimakan ikan :D

HP Yitno mengatakan...

Bagus banget sob kalau mau punya empang sendiri. Bisa menghilangkan kepenatan saat menikmati liburan. Cuma yang harus di jaga, adalah dari sisi keamanannya, kan anak2 belum bisa berenang kan?

pengobatan tradisional kanker payudara mengatakan...

mancing mania..mantap...

outbound malang mengatakan...

kunjungan gan .,.
Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

Susi Susindra mengatakan...

Asyiiik... dapat ikan berapa, mbak?
Ide memang sering datang melalui silaturrahmi, ya.

mimi RaDiAl mengatakan...

suka suka sukaaaa #meimei mode on

dlu ritual ini prnh mimi benci krn ibu alm. sgd suka mancing dan mimi disuruh nemenin...kdg msuk hutan ketemu ular hiiii
tp ini yg mimi kangen dari ibu hiiikzzz
bsok kita buat empang yg gede ya kids....tp umpannya pake ulat daun pisang aja hihi

mimi RaDiAl mengatakan...

suka suka sukaaaa #meimei mode on

dlu ritual ini prnh mimi benci krn ibu alm. sgd suka mancing dan mimi disuruh nemenin...kdg msuk hutan ketemu ular hiiii
tp ini yg mimi kangen dari ibu hiiikzzz
bsok kita buat empang yg gede ya kids....tp umpannya pake ulat daun pisang aja hihi

BlogS of Hariyanto mengatakan...

wow..jadi rindu mancing nich saat membaca postingan dan melihat foto-nya :)

Mbak Dewi mengatakan...

Salam kenal ya..........

mama

diniehz mengatakan...

Subhanallaah, bahagianya berkumpul dengan keluarga. Sambil nostalgia di lokasi KKN, nice :')

Yayack Faqih mengatakan...

Ada loh tempat pemancingan dengan tarif tertentu yg menyediakan menu menu utk memancing kita lbh kreatif, disitu bisa mengambil ikan sesukanya dan sebanyak banyaknya... sayang sya gak hobi mancing, lebih suka makan ikan nya saja.

Yayack Faqih mengatakan...

Ada loh tempat pemancingan dengan tarif tertentu yg menyediakan menu menu utk memancing kita lbh kreatif, disitu bisa mengambil ikan sesukanya dan sebanyak banyaknya... sayang sya gak hobi mancing, lebih suka makan ikan nya saja.

Anak Rantau mengatakan...

Wah kalo mancing mah hobi saya mbak hehehe.... di jembatan musi 2 juga banyak yang mancing ya mbak :)

Kontraktor mengatakan...

wah sama dong dengan saya yang suka mancing... walau dapat ikannya tidak seberapa tapi jadi kesanangan tersendiri loh...

Nurmayanti Zain mengatakan...

ikannya mana mb? :D hihihihi

hilsya mengatakan...

iya.. seneng banget bisa mancing ikan itu, apalagi kalo udah ga betah dan langsung nyebur ke kolam.. wah pasti lebih seruu..