Sabtu, 02 Juni 2012

Mie Koba

Satu porsi Mie Koba, harganya sekitar Rp. 15.000,-
*kuahnya belum ditambahkan, maaf...

Koba nama sebuah kota di Kabupaten Bangka Tengah. Sementara ragam cita rasa mie, hampir semua daerah di Negeri ini punya kekhasannya masing-masing. Sebut saja Mie Aceh, Mie Celor, Mie Cikalang, bahkan di Pelembang ada yang namanya Mie Jawa.

Adapun foto Mie Koba diatas, aku ambil saat di Kantor, Yuk Yaya yang asli Bangka membuat Mie tersebut. Mudah ternyata, ini resepnya.

Bahan dasar Mie, 

Mie kuning 1 kg, sebaiknya buat sendiri. Kalau tidak, silakan cari mie kuning (basah) di pasar.
Bisa ditambahkan kecambah dan irisan sawi sesuai selera.

Kuah,
Daging ikan tenggiri yang dikukus kemudian dipisahkan dari tulangnya, bukan ikan giling ya...
*ikan boleh diganti sesuai selera, tapi umumnya ikan laut.
Bumbu yang dipakai. bawang merah 5 siung, bawang putih 7 siung
kemiri 1, jahe satu ruas besar. Terasi udang seruas jempol kaki.
Semua bumbu dihaluskan, tumis dan ditambah air secukupnya. 

Selamat mencoba, kalau gagal jangan khabarkan aku ya, hehe...

16 komentar:

Hany Von Gillern mengatakan...

Coba ah kapan-kapan ... thanks for sharing the recipe< Aku suka ikan mbak :)

Adenia mengatakan...

Jum'at ntar mau bikin mi koba gak mbak? kan kita mau kopdar.. hehe

An Maharani Bluepen mengatakan...

Mie KOba seperti mie Miso (mie ayam pake bakso) ^^

monda mengatakan...

di sini yang banyak dijual mi Bangka, tapi isinya ayam....,ngelihat penampilannya mirip juga dengan mi Koba...

Andy mengatakan...

kaya enak nih,tp rasanya pasti masih kalah sama Mie Aceh :D

Lozz Akbar mengatakan...

gratis nih Yunda.. beneran nih, saya bungkusin dua ya

Mami Zidane mengatakan...

terimakasih resepnya mbak...praktis juga ya...

Diandra mengatakan...

kuahnya pk kaldu ikan ya...?
itu mungkin ciri khasnya ya mbak...?

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

harus daging ikan tenggiri ya mbak? mbak keke apa kabar? maaf baru bisa mampir

HP Yitno mengatakan...

Mie koba malah mirip soto ya?
Mie aceh dah pernah, enak rasanya.
Mie cikalang, ane pas nggak kebagian(oleh2 temenku)
Kalau mie jawa, dah sering soalnya asli jawa he..he..

Tebak Ini Siapa mengatakan...

Belum pernah liat Mie Koba di sini hehe...

Indra Kusuma mengatakan...

Baru dengar saya dengan nama mie ini. Semoga suatu hari dapat mencobanya pada saat aku datang ke daerah sana.

Sukses selalu
Salam

Ejawantah's Blog

Della mengatakan...

Kayaknya semua yang pakai tenggiri itu enak ya, Mbak *sambil inget rasa pempek buatan mertua.. slllrrrrpppp..*

srulz mengatakan...

paling fave makan yang berbau mie.. :hehe kayaknya enak bun.. :D

Trica Jus mengatakan...

berbagi kata kata motivasi gan
Bercerminlah dari kesalahan orang lain, selain dari kesalahan diri kita sendiri,bercermin pada kesalahan diri sendiri supaya tidak terjatuh pada lubang yang sama, dan dengan bercermin dari kesalahan orang, maka akan lebih memacu kita agar kesalahan itu tidak menimpa kita.
semoga bermanfaart dan dapat di terima ya,

Dieddy Polo Duro mengatakan...

wah kayaknya enak ni???
minta donk,,,,,