Minggu, 26 Februari 2012

Makin Sehat dengan Ngeblog

Ngeblog banyak manfaatnya, itu pasti, sudah banyak yang mengakuinya. Bagaimana tidak, dengan ngeblog kita bisa saling berbagi cerita. Baik pengalaman, mimpi, juga curhatan. Dengan aktif ngeblog juga bisa saling mengenal, menambah sahabat yang menghangatkan hati. Ada beragam acara yang diadakan sahabat maya diblognya, unik, seru dan tentu saja banyak hadiahnya, kalau menang atau beruntung. Tapi ingat jangan jadikan hadiah sebagai tujuan utama kita ngeblog ya... Pokoknya ngeblog saja dengan bahagia, itu yang membuat hati kita secerah mentari dan hari kita berwarna pelangi, cie...

Tapi jangan salah, ada juga lho yang setelah ngeblog jadi bete, kurang tidur, kerjaan terbengkalai, silaturahim ke tetangga jadi langka dan ada beberapa keluhan lainnya yang masih dalam batas kewajaran sich sebenarnya, misal mata lelah atau berair. Maka untuk kondisi yang seperti ini, aku sarankan kegiatan ngeblognya dievaluasi lagi, ditinjau ulang sejenak :mrgreen: Mungkin ada yang kurang pas. Sebab sejatinya (menurutku) ngeblog itu justru bisa membuat kita para 'Emak Hebat' makin sehat, asal benar cara pemanfaatan ngeblognya.

Menurutku yang baru ngeblog sejak akhir Mei 2010, tapi baru terlibat aktivitas BW sejak April 2011 ini sesungguhnya ngeblog itu adalah sarana efektif bagi para 'Emak Hebat' agar makin sehat. Asalkan memperhatikan keseimbangan 3 potensi dasarnya. Apa sajakah ketiga potensi dasar tersebut?

Potensi Fisik
Secara umum fisik kita perlu makanan seimbang juga minuman yang sehat. Maka saat ngeblog agar makin sehat kitapun tak boleh lupa makan, kurang minum. Selanjutnya mata tak boleh terlalu dekat dengan monitor, posisi duduk juga harus benar, tegak lurus, jangan membungkuk. Batasan jam ngeblog menurutku sangat relatif, yang penting istirahat kita tak sampai terganggu alias kurang tidur.

Dan ngeblog justru bisa membuat kita makin sehat secara fisik, karena dengan BW kita bisa mendapatkan sharing ilmu gizi seputar makanan, wisata kuliner dari dalam sampai luar negeri. Banyak rupa dan ragamnya. Sesekali memungkinkan lho untuk kita praktekkan resepnya di rumah.

Selanjutnya info kesehatan seputar pengalaman minum madu dan herbal, tips untuk bugar bagi keluarga juga bisa kita dapatkan diblog para sahabat. Info sehat ini bisa kita dapatkan dengan gratis, tampa membayar jasa konsultasinya. Menyenangkan bukan?

Potensi Akal
Bagaimana cara menyehatkan akal kita, apakah kita harus selalu minum suplemen agar tak gampang pikun? Atau kita harus terus belajar mengejar gelar S sampai kita bergelar profesor? Benar, akal yang sehat adalah yang selalu dipakai untuk belajar, karena dengan belajar akal kita aktif untuk berfikir.  Sehingga otak kita terstimulasi menyimpan memori dengan baik. Dengan ngeblog artinya kita terbiasa mencerna ulasan dalam banyak tulisan, kita juga terpacu untuk terus menuliskan apa yang ada dalam fikiran kita. Menulis itu bisa membuat kita terhindar dari kepikunan lho...

Bahkan kata Ali bin Abu Thalib, ra
"Ilmu itu ibarat kuda, dan menulis itu ibarat tali kekangnya. Maka ikatlah ilmu itu dengan menuliskannya". 
Menulis diblog salah satu cara termudah yang bisa kita lakukan. 

Potensi Jiwa
Jiwa yang sehat adalah yang terbiasa berbagi, punya fikiran positif yang optimal dan pandai bersyukur. Dengan ngeblog kita dilatih untuk itu semua.

Saat membaca curhat sahabat yang sedang tertimpa musibah, lahirlah syukur dalam jiwa kita, selanjutnya kitapun juga bisa mendo'akan sahabat tersebut. Ach indahnya saling berbagi sayang lewat do'a-do'a kita yang mengangkasa. Saat ada sahabat yang sedang berbagi pengalaman, kita bisa diingatkan pada pengalaman kita sehingga kitapun terpanggil untuk ikut berbagi, ketok tular dalam berbuat baik, bahagianya. Saat ada sahabat yang sedang emosi kita upayakan tetap berprasangka baik, menghidupkan iklim untuk terus berfikiran positif, demi sehatnya jiwa kita.

Adalagi yang namanya potensi tambahan, sebut saja potensi finansial. Nach pada tingkatan profesional aktivitas ngeblog bisa diberdayakan untuk membangun kekuatan finansial. Banyak lho yang sudah memetik hasilnya, mereka yang sudah berhasil mendapatkan cring-cring dari ngeblog. Aku belum bisa membahas tentang ini lebih lanjut sebab belum berpengalaman, semoga dimasa mendatang akupun bisa memberdayakan potensi finansial dengan ngeblog.

Selanjutnya, ngebloglah dengan suka cita. Ngebloglah dengan bahagia. Seimbang dalam semua hal. Terus menulis apasaja yang kita bisa tulis dengan tetap memperhatikan adab kepada sesama blogger. Dan agar makin besar manfaatnya, ngeblog dan menulislah dengan niat ibadah, semoga menjadi tabungan amal kebaikan kita kelak.

Maka marilah ngeblog dengan seimbang, agar makin sehat jiwa dan raga. Emak hebat itu banyak, tapi tak semuanya mau berbagi, atau bisa jadi suka berbagi tapi belum menemukan sarana untuk berbaginya. Adapun menurutku ngeblog adalah sarana efektif untuk berbagi. Kita sudah menemukanya. Maka teruslah berbagi dengan aktivitas ngeblog ini. Kumulai dari diri sendiri dan mengajak emak-emak blogger semua untuk tetap ngeblog dengan sehat dan menyehatkan. Sehat untuk diri sendiri, dan membagi sehat untuk yang lainnya, syukuri bila bisa ikut menyehatkan sekitar kita.

Maka teruslah menjadi Emaks Hebat yang pandai berbagi,
agar hidup kita makin terasa lebih nikmat di dunia dan lezat di akhirat.
Ayo Emaks Hebat berbagi sehat dengan NGEBLOG!!!


Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes "Ngeblog di Mata Perempuan" yang diselenggarakan oleh EmakBlogger"

28 komentar:

HP Yitno mengatakan...

Betul juga ya sob. Makin sehat dengan ngeblog, asal kita bisa memanfaatkan Blog-walking itu sendiri. Ngeblog dan blog-walking ibarat membaca buku. Hanya dalam bentuk digital saja. Disamping menambah wawasan, juga memperkaya jiwa dengan pikiran-pikiran positif. Dengan pikiran positif, kita selalu optimis dan nggak gampang menyerah juga kan sob.
Mensana in korpori sano :)

Fajar Kurniawan Januar Efendi mengatakan...

Saya suka kalimat ibu "menulislah dengan niat ibadah, semoga menjadi tabungan amal kebaikan kita kelak" :)

sangat memotifasi dan menjadi fondasi niat kita dalam segala sesuatu, termasuk menulis dan ngeblog :D

semoga sukses kontesnya bu.. salam :)

Fahrie Sadah mengatakan...

Wah, tulisan hebat dari seorang emak hebat ^^

Ummi Nabil mengatakan...

memang harus seimbang dalam segala sesuatu ya mba

Evi mengatakan...

Aihh..setuju sekali pada 3 point diatas Mbak. Nge-blog berpotensi membuat jiwa sehat, tapi juga berpotensi bikin tugas sehari-hari kocar-kacir. Tapi alam semesta sukanya yang seimbang yah..Jadi mari kita seimbangkan kegiatan nge-blog dengan kegitan sosial offline.
Sukses ya dengan kontesnya :)

Lidya mengatakan...

harus seimbang ya bun dunia maya dan dunia nyata

Mami Zidane mengatakan...

ayo semangat terus nge blognya....tapi jangan sampe melupakan tugas sebagai emak2..iya kan mbak...?

mimi RaDiAl mengatakan...

sempat seperti kalimat pertama diatas, lupa diri lupa waktu, Astaghfirulah, smg ga terulang lagi ya yunda ihiiikz

Ririe Khayan mengatakan...

kurang tidur..hehehe, sptnya itu saya masuk d situ Mbak, kalau hari libur bisa OL sampe lewat tengah malam. Nah ini juga sdh lewat tengah malam belum tdr...#ampun deh

Djangkies mengatakan...

Tuh Kan, tulisan Mbak Keke selalu berkualitas, inspiratif dan tentu bisa memberikan kemanfaatan. Sepertinya tulisan ini perlu di berikan pada urutan terpilih, karena begitulah kita menempatkan diri dalam dunia maya, terutama dalam ngeblog

.:diah:. mengatakan...

ngeblog emang bikin sehat Mbak, klo lagi bete terus ngeblog baca postingan teman yg lucu2 jadi ceria dan segar kembali, sehat lagi dah otaknya :D

jiah al jafara mengatakan...

wiw~
nyeimbangin semua potensi nih :D

Andy mengatakan...

bener tuh mba,ngeblog juga harus di seimbangkan dengan kegiatan olahraga rutin ke kehidupan nyata supaya kondisi fisik kita tetap terjaga biar lancar terus ngeblog'a :)

Nia mengatakan...

siip...ternyata ngeblog itu manfaatnya banyak banget yachh......asalkan dijalankan dgn sewajarnya...soale ada kan yg sampai kurang istirahat gara2 keasyikan ngeblog...sukses mbak utk kontesnya...

Wury mengatakan...

Bener banget, dengan nge-blog saya menemukan sesuatu yang berbeda. Lebih banyak wawasan yang kita dapat, yang sebelumnya sama sekali tidak kita tahu. So... keep blogging :)

Salam kenal. Saya tunggu kunjungan baliknya.

Yayack Faqih mengatakan...

jujur, saya salut buat para emak2 yg bsa terus konsisten dalam memelihara kegiatan ngeblognya, di saat emak2 harus sibuk dgn urusan dapur sumur dan kasur, belum lagi menemani anak2nya sampai harus melayani suaminya tapi emak2 ini masih saja punya niat utk saling berbagi dalam ikatan tali silaturahmi. Sukses buu buat kontesnya :)

Indra Kusuma mengatakan...

Pokonya saya salut untuk para Ibu yang terus masih tetap eksis dalam Ngeblog ditengah kesibukan dalam kesehariannya di rumah dan di kantor.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

umahnya fityanakifah mengatakan...

seimbanglah dalam ngeblog biar sehat...sepakat mba..sukses kontesnya, aku kelewatan lagi..kebiasaan :)

Masatours Anwarsejati mengatakan...

Banyaknya para kaum ibu yang ngeblog, membuat para kaum ibu memilki wawasan yang luas dan semakin cerdas, dan kaya informasi.

Salam kenal pada kunjungan perdanaku di tempat ini.
Sukses selalu
Salam,

de hoppus mengatakan...

selama berselancar di dunia blogger saya merasa banyak dihuni kaum hawa daripada kaum adamnya....
hmmm...mungkin cuma perasaan saya aja kali yah??

Susu Segar mengatakan...

potensi jiwa yang cring cring ntu yang belom aku dapet bun. . . . .

dmilano mengatakan...

Saleum,
Asalkan digunakan dengan bijaksana, maka hasilnya pun akan dirasa lebih baik Bu...
semoga sukses Kontesnya :)

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

segala sesuatu memang tidak boleh berlebihan ya. harus seimbang.

Zainudin mengatakan...

Ngeblog memang bisa menambah kenalan, sahabat dan bisa berbagi tapi tetap harus diimbangi dengan kondisi kita. Nice article...

alaika abdullah mengatakan...

nah... ini tulisan yang sangat berkualitas mba... keren ulasannnya, ga heran kalo tampil sebagai pemenang nih... sukses ya mba.... :)

Lyliana Thia mengatakan...

*bangga jd emak2 blogger* :-D

yg penting ngeblog sesuai dosis ya mbak.. nggak kurang nggak lebih.. bisa jd suplemen yg baik bagi kesehatan tubuh.. :-D

tulisannya bagus banget mbak Keke.. semoga menang yaa.. :-D

anazkia mengatakan...

Ulasannya keren, Mbak!
Tapi semenjak ngeblog saya udah jarang baca buku, Mbak :(

Bintang mengatakan...

Yup Yunda, nge-blog dengan bijak niscaya bikin kita makin hebat karena membuka wawasan dan menjalin silaturahmi dengan teman-teman baru.
Akhir-akhir ini saya jarang nge-blog karena berbagai alasan, tapi semoga silaturahmi kita tidak terhenti sampai disini. Selamat ikutan lomba ya, sukses terus...
:)