Selasa, 28 Februari 2012

Tentang Ketiga Adikku

Aku sulung dari 5 bersaudara. Merantau, jauh dari keluarga sejak tamat SD, saat pertama kali merantau aku masih punya 3 orang adik. Artinya si Bungsu lahir saat aku tak ada di rumah. Dan sekarang, mari kukenalkan pada saudara-saudara serahimku ;)

Adik yang persis dibawahku seorang laki-laki, tampan dan pendiam. Nama aslinya Aria Fatra, lahir saat Iedul Fitri. Tapi sejak kecil aku biasa memanggilnya De' Fata. Tingginya menjulang, diatas rata-rata keluargaku. Kata orang-orang dekat paling mirip Almarhum Nek Anangku (Abahnya Mamaku). Manda kalau anak-anakku menyebutnya.

Manda sekeluarga di Kaliurang.
Alumni UII, Fakultas Teknik Industri. Sudah menikah dengan wanita asli Jogya, yang biasa disapa Nency oleh anak-anakku. Sekarang mereka sekeluarga bermukim di Kota Gudeg, tepatnya didaerah Godean. Ada rencana hijrah ke Lampung. Terkait promosi ditempat kerjanya. Semoga jadi...

Raffa dan Mama, mirip.
Naura dan Papa, mirip.
Sejak menikah aku paling jarang bertemu dengannya, terakhir Oktober 2009 saat Naura, anak keduanya lahir kami sekeluarga berkunjung ke Jogya. Putra pertamanya sekarang sudah TK, Raffa namanya, mirip banget sama Mamanya. Sebenarnya saat Iedul Adha 2010 mereka sekeluarga sempat mudik ke Way Kanan, tapi karena aku sedang menunaikan tugas sebagai TKHI, jadilah hanya aku saja yang tak berjumpa mereka. Kebayang dong rinduku pada De' Fata sekeluarga, secara sudah 2 tahun lebih tak pernah bertemu raga. Kapan ya bisa kumpul...

***

Avig, Abqar dan Abrar.
Ketiga jagoannya Bicak Anggun.
Berikutnya, adik tengah yang wajahnya paling mirip denganku, kata orang lho ya... Meski kulitnya sedikit lebih mateng dan jago masaknya itu lho yang membuat kami jadi tak mirip. Maklumlah adikku ini alumni Akademi Gizi Palembang. Kami lama sekamar bersama saat dikost depan Rumah Sakit Moch. Hussein. Namanya Anggun  Berbara, dan memang sosoknya saatlah anggun. Sekarang tinggal di Way Kanan, hanya berjarak 1 Km dari rumah Papa-Mamaku. PNS di RSUD sebagai Kepala Instalasi Gizi disana. Bicak sapaan Yunda dan Akang.

Bicak dan si kembar.
Avig, Ibu dan Babanya.
Suaminya asli Jawa tapi lahir dan besar di Lampung, sekarang bertugas di Dinas Lingkungan Hidup, PEMDA Way Kanan. Baba panggilan anak-anakku. Sudah dikarunia 3 orang jagoan, yang nomor dua kembar. Penampakannya, si sulung, Avig, sangat mirip Mahkungnya (Kakek dari pihak Baba), sedangkan si Kembar satu mirip Mas Avignya dan yang satu cenderung mirip Hamasku. Jadilah sering dibilang Abqar adiknya Avig, dan memang secara kebetulan tak begitu mau kalau kugendong. Sedangkan Abrar disebut sebagai adiknya Hamas, kalau aku datang langsung minta gendong. Lucuuunya...

Aku lumayan sering bertemu dengan De' Anggun sekeluarga, saat mudik ke Blambangan, Way Kanan. Biasanya kalau kami datang, mereka sekeluarga ikut boyongan menginap di rumah Papaku. Menambah seru suasana. Keahliannya masak sering kami manfaatkan, biasanya aku bagian ngasuh bocah-bocah, dan urusan mengolah menu sepenuhnya Bicak yang membereskan. Tak heran kalau anak-anak kami juga sangat dekat. Bahkan Avig nyata-nyata mengidolakan Akang Hamasnya. Dari model rambut sampai baju favorite Avig berusaha mencontoh Akangnya.

 ***

Adikku selanjutnya adalah seorang yang disapa Ami Aang oleh anak-anakku. Punya nama asli Angkasa Pranata. Sekarang mahasiswa semester akhir juga di UII, semoga segera kelar.
Ami Aang, narsis apa axis?
Si Ami yang gaya dan unik...
Rame kicaunya, suka main bola, kulitnya gelap, tinggi dan ceking. Suka jahil dengan para keponakan. Anehnya malah sering ditanya oleh anak-anakku.  Kapan Ami Aang datang? Ami Aang lebaran dimana? Kapan Ami Aang wisuda? Kapan nikah? Pertanyaan terakhir atas provokasi Emaknya :D

***

Lalu mana foto barengnya? Nach itu dia, kalau diingat-ingat kapan ya kami terakhir foto bareng? Sudah sekian lama tak ada foto-foto keluarga yang lengkap. Acara GIVE AWAY dari Mbak Susi menyadarkanku, walau foto bersama memang bukan satu-satunya cara melukiskan sayang, tapi paling tidak bisa dijadikan kenangan untuk diceritakan pada dunia, ini asli ranahnya kelebayyy-an, silakan diabaikan saja...

Tulisan ini bukan untuk diikutkan diacara manapun, jujur terinspirasi dari 'Aku Sayang Saudaraku' dari Mbak Susindra. Dan juga bermaksud membuat catatan yang bisa kujadikan arsip untukku dan keluarga. Sekalian menyiapkan serpihan 'dokumen penting' untuk hajatan Pakde Cholik mendatang,  kalau tak salah tentang 'Membangun Silsilah Keluarga'.

 Ssssttt, satu lagi adik yang belum kuceritakan, si Bungsu.

Sengaja :D biar ada bahan postingan berikutnya...

26 komentar:

Mama Olive mengatakan...

Ami Aang emang aneh..keren ya..
tuh ada yang mirip Mba Keke Mba Bicak ya..

Aduh senengnya punya saudara laki-laki..
jadi penasaran sama si Bungsu..

semoga kasih sayang selalu ada diantara kita dan saudara-saudara ya Mba..

Mami Zidane mengatakan...

saya juga jarang banget mbak berfoto ria bersama saudara-sadara saya mbak...paling2 kalo pas ada acara keluarga aja...hehe...

umahnya fityanakifah mengatakan...

Anggun dulu masih imut-imut dan sedikit manja sama mba Ke, wah sekarang sudah emak-emak pula ternyata :)

mimi RaDiAl mengatakan...

indahnya bersaudara kompak ya yunda...smg selalu terjalin silaturahmi buat yunda dan adek2nya.

ami aang paling ganteng dong heheh

HP Yitno mengatakan...

Keluarga yang harmonis ya sob. Jadi orang jogja, asli godean ya..
Wah mau transmigrasi nih ceritanya...

Orin mengatakan...

Iya ya Mi, aku jg jadi teringat adik2ku pas baca GAnya mba Susindra itu, lg nyari2 fotonya dulu he he.

Niar Sri Sadono Ningrum mengatakan...

wah keluarga besar yaa buunda :D

Lyliana Thia mengatakan...

wah mbak,.. rame deh kalo 5 bersaudara... apalagi punya saudara perempuan... aaah, iri aku... :-D

btw, mbak Pakde Cholik bikin acara apa lagi nih.? hehehe

jiah al jafara mengatakan...

keluarga oh keluargaaa~
pnasaran sama si bungsu

Ummi Nabil mengatakan...

wah, saudaranya jauh ya.. pasti rindu ya.. saya saja yang masih satu kota suka ada rindu

vizon mengatakan...

Akhir 2010 yang lalu, saya sekeluarga "terpaksa" pulkam ke Sumatera karena berpulangnya ibu mertua. Kepulangan itu justru memberi kesempatan bagi kami untuk berkumpul sekeluarga besar, baik keluarga dari pihak istri maupun dari pihak saya. Alhamdulillah, akhirnya saya bisa foto bersama dengan keluarga besar dalam arti yang sesungguhnya. Laporannya bisa dibaca disini: http://hardivizon.com/2011/01/19/pulkam5-duri/

Mbak Keke.. kesempatan berkumpul dengan keluarga besar dalam kondisi kita saat ini memang sangat langka ya. Namun, jika ada kesempatan, sebisa mungkin jangan sampai dilewatkan.. :)

chartini mengatakan...

Permisi, cuman mau share aja nih. ada info lomba bikin artikel. Hadiahnya lumayan ada 2 buah printer laser jet dan voucher. Caranya tinggal like fanpage >> http://www.facebook.com/anugrahpratamacom. Dan ikuti Contest menulis artikelnya.
Terima kasih

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah seru ya melihat adik2 kita bergaya.

Nia mengatakan...

bener Mbak...Bicak mukanya mirip mbak keke....duhh anaknya kembar yachh...pasti seru yach ngasuh anak kembar cowok pula hihihihi.......

senang yach mbak kalo saudaranya banyak dan kompak kayak gitu...klo lebaran pasti rame yachh....

Lozz Akbar mengatakan...

wow saudara mbak Yunda ganteng-ganteng dan cantik-cantik loh... ya nih mbak kapan foto-foto barengnya.. ditunggu posting tentang si Bungsu ya..

semoga sukse GA-nya mbak

Atma Muthmainna mengatakan...

wah lengkap ya mbak?keluarga bahagia....
klo begini ceritanya,aku jadi kangen ma dede bontotku...hehee

dhenok habibie mengatakan...

berhubung ncie udah bilang keren.. yowes, dhe titip salam untuk Ami Aang ya yundo.. hehe, tapi agak aneh.. setahu dhe, Ami itu panggilan untuk bibik, ngapo jadi ke mamang tu?? :D

Hany Von Gillern mengatakan...

sama kita mbak, aku juga anak sulung!

anazkia mengatakan...

Lho, Mbak, ini gak diikutkan lomba?

Jadi tahu, keluarga yang sukses, alhamdulilah... Dari latar belakang berpendidikan tinggi semua :)

Elsa mengatakan...

mirip itu sebuah keajaiban loh...
hehehee

Bintang mengatakan...

Keluarga itu harta yang paling berharga Yunda, mereka selalu ada dalam setiap suka dan duka.
Salam kenal buat keluarga Yunda, siapa tau dengan foto-foto yang ada disini, saya jadi tahu pas ketemu dengan mereka, suatu saat nanti...

the others mengatakan...

Ternyata mbak Keke punya banyak saudara kandung ya? Asyik banget... aku cuma punya soerang adik kandung. Eh, kita sama2 anak sulung ternyata #tos

Susi Susindra mengatakan...

Waaah... Aang keren banget, mbak. Berapa jumlah pacarnya? Hehe..

Susi Susindra mengatakan...

Senang sekali membaca keberhasilan semua saudari mbak Keke. Semoga adik ketiga dan si bungsu segera mentas dan memasuki dunia kerja, ya..

Anonim mengatakan...

Visit his website at to learn more about printers and ink cartridgesDo it because you can Grudges contract the body, mind and spirit Kids like it simple, too, so if calling your Champion Cavalier King Spaniel Bootsie works for them, consider keeping the hoity toity name strictly for AKC purposes
Subscribe to reputable lists about Orisha and African Traditional Spirituality on the internetIn the NBA since it has been with us for a very long time basketball uniforms have gradually changed their look and incorporating it in the present times brings us memories of basketball yesteryears Planning is essential to getting things done7

Heath Miller Jersey
Cheap Jerseys Paypal

If you do not have these feelings, you are not yet ready to make room for money I your life If you are on a tight budget but want a jersey for a current player on your team, a Replica NFL jersey should be your choice If he barks and you squirt him in the face five minutes later, there will be no association and the barking will only continue

Brandon Marshall Youth Jersey

Anonim mengatakan...

[url=http://inchinaledlightmanufacturer.com ]led light manufacturer [/url]Henri did not answer. The young man had one sorry quality, for one http://inchinaledlightmanufacturer.com ir led manufacturer led manufacturers in gay colors, with flowers in the cabin windows,--boats where families