Jumat, 02 Desember 2011

Gurindam Muharam plus 33

Sebuah Pengantar... 

**Sticky Post

Terinspirasi dari buku kecil karya Buya Mohd. Iqbal Romzi yang berjudul Gurindam Salam. Dalam buku ini terdapat 2 bab, yaitu:
Bab 1 Tentang Adab Bergaul dalam Masyarakat
Bab 2 Tentang Sifat Terpuji

Yang masing-masing ada 14 judul lagi, bagus dan penuh petuah. Salah satunya yang sudah pernah aku tulis disini tentang Adab Bergaul Suami Istri. Sayangnya buku ini tak diperjualbelikan, aku dapat sebagai souvenir disebuah acara.

Membaca buku kecil ini aku diingatkan lagi pada kenangan indah tentang pelajaran Bahasa Indonesia di SMP dulu, tentang sebentuk gurindam, gurunyapun aku masih ingat, secara dulu pernah dimarahinya juga, hiiihhhiii…
 
Ya, gurindam adalah salah satu bentuk puisi lama yang lahir dari rahim sastra melayu klasik. Dan untuk lebih jelasnya, ini yang aku dapat dari Wikipedia:
Gurindam adalah satu bentuk puisi Melayu lama yang terdiri dari dua bait, tiap bait terdiri dari 2 baris kalimat dengan irama akhir yang sama, yang merupakan satu kesatuan yang utuh. Gurindam ini dibawa oleh orang Hindu atau pengaruh sastra Hindu. Gurindam berasal dari bahasa Tamil (India) yaitukirindam yang berarti mula-mula amsal, perumpamaan. Baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau perjanjian dan baris kedua berisikan jawabannya atau akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama tadi. Contoh:
Barang siapa tiada memegang agama,
Sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama.
Barang siapa mengenal yang empat,
Maka ia itulah orang yang ma’rifat.
Gendang gendut tali kecapi
Kenyang perut senang hati
Pengarang gurindam yang terkenal adalah Raja Ali Haji, saudara sepupu Raja Ali yang menjadi raja muda di Riau (1844-1857). Gurindam 12 pasal karya Raja Ali Haji yang terkenal berjudul “Gurindam Dua Belas”.
Selanjutnya, berhubung sebentar lagi Muharam datang *tentu sahabat sudah banyak yang tahu kan ya… maka dari itu, kami merasa terpanggil untuk berbagi berkah di bulan awal pergantian tahun hijriah ini. Dengan membuat satu GIVE AWAY bertemakan Muharam. 

Agar memberikan nuansa yang berbeda, kami kemas dalam bentuk gurindam. Panjangnya minimal 4 kalimat *cuma 4 kalimat kok, mudah bukan? 
Kami juga bukan ahli bergurindam ...
Niatnyakan menghidupkan sastra melayu dan mensyiarkan tahun baru hijriah. Jadi kami beri judul GURINDAM MUHARAM. (Skor 100) 

  
Nach supaya terasa makin hangat kami mengemasnya sekaligus juga dengan 3 hal terkait SEBELAS. 3 x 11 jumlahnya 33. 
Kami beri nama Plus 33. 
Apa sajakah? Simak terus lanjutannya setelah yang satu ini...
Kami? Iya jadi Give Away ini kami buat berdua, Aku dan Tia, Bunda Vania.
Duet nich ceritanya…
Bukan duet sembarang duet
Bukan pula karena kepepet
Kami emak-emak yang ngakunya tidak cerewet
Sedang ingin berbagi walau bukan berupa dueet
Jadi untuk syarat, cara, waktu dan tempat pendaftaran silakan ke blognya Tia di Kontes Menulis Gurindam Muharam

Selamat berkarya dan semoga tahun depan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya...

Salam dari Kami Berdua
Umminya Hamas dan Bundanya Vania

57 komentar:

Abi Sabila mengatakan...

segera ke TKP, Bunda.
Semoga bisa berpartisipasi. Insya Allah.

Abi Sabila mengatakan...

Balik lagi, Bunda.
Syarat dan ketentuan berlaku eh maksudnya belum di publish sama Mbak Thia.

Yunda Hamasah mengatakan...

Maaf Mas, itu Bundanya Vania mendadak terjebak arisan ibu-ibu, qiqii...

Tunggu ya, bentar lagi katanya.

Terima kasih untuk reaksi cepat tanggapnya :)

Nia mengatakan...

wahhh bisa ngga yach kau bikin gurindam.....nnti coba cari inspirasi dulu dech heheh....smoga GAnya sukses....

mabrurisirampog mengatakan...

sebelum brangkat jum'at, ngintip sebentar, ternyata ada kontes gurindam,, ini nih yang ditunggu, bagus sekali idenya,, menghidupkan kembali budaya kita sekaligus untuk belajar kembali.
Smoga bisa berpartisipasi & smoga sukses bu..

dmilano mengatakan...

Saleum,
Menarik banget acaranya mbak, disamping mengasah pengetahuan kita untuk bergurindam ria, juga sekaligus membangkitkan kembali budaya melayu itu.
semoga saya bisa ikutan :)

saleum dmilano

Ummi Nabil mengatakan...

cari ide dulu mba

dey mengatakan...

plus 33 ? banyak banget mbak .. boleh nawar gak ? hehehe ...
Soalnya saya barusan ngerjain 33 pertanyaan nih ..

Lyliana Thia mengatakan...

haaaah mbak Kekeee.. knapa ada acara arisan kebawa di kolom komen disini... jadi maluuu.. wkwkwkwkw

Lyliana Thia mengatakan...

@ Bu Dey.. ini kan beda Bu... buat ko0ntes, bukan PR... hihihi... *nawar lagi*

umahnya fityanakifah mengatakan...

tantangan berat mba **bisa ga ya

Workshop Bisnis Online mengatakan...

berkunjung sob..salam blogger
sukses selalu yah..:)

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

duh bun susah bener nih :) bisa gak ya aku buat gurindam

DewiFatma mengatakan...

Hmm, aku suka ini... *banci kontes kepedean*

So harus belajar lagi bikin gurindam. Siapa tacuuuutt... *niru Pakdhe Cholik*

Pakde Cholik mengatakan...

Jika tak pernah mencoba
Menang dan kalah tak pernah dirasa

Jika hadiah jadi tujuan utama
Gurindam hambar maknapun tak akan kena

Semoga acaranya sukses bu Model.
Artikel Saya sih sudah klar,publishnya masih menunggu saat yang indah.

Salam hangat dari Surabaya

Baha Andes mengatakan...

harus karya sendiri ya bun?

ketty husnia mengatakan...

hmm..garuk2 kepala sambil mikir2 nih mbak keke :)

puteriamirillis mengatakan...

sore makcik...

aih makcik, awak tak begitu paham soal gurindam ini makcik, tapi insya Allah awak cubo yo makcik...

panduan belajar blog mengatakan...

selamat mengadakan kontes giveaway ya, semoga sukses! :)

rusydi hikmawan mengatakan...

ya ya, saya pernah belajar tentang gurindam. ini juga bagian dari kekayaan bersastra nusantara, tapi sekarang udah banyak ditinggal. sayang sekali. sukses buat kontesnya

Lyliana Thia mengatakan...

mbak Keke... ntar dibikin sticky post aja... tanggal posting ini diganti.. misalnya jd tanggal 2 des., jadi posting terbaru munculnya dibawah sticky post... trus bannernya kupasang di sidebar...

hmm.. mbak... yg sayembara drg gaul (maap mudah2an dia nggak baca) diganti aja.. kan udah bln okt kayaknya udah selese...

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

dulu pernah dpt pelajaran bahasa ttg gurindam, tapi kayaknya dah pada lupa. hehhee...

nique mengatakan...

"Kami emak-emak yang ngakunya tidak cerewet"

baru tau klo ada emak2 ga ngaku cerewet
biasanya yang ga ngaku itu justru paling cerewet lho hahaha

sek tak carinya ide dulu ya mba Yunda
kompakan niy sama Thia ya hehehe

tunsa mengatakan...

alhamdulillah.....masih bisa nulis di tahun ini..
coba saya pikir lagi ah, mau ikut apa enggak, hehe

Mood mengatakan...

Kontes menulis yang gampang gampang susah ya :P

Semoga bisa ikutan.

Selamat tahun baru Islam ya.

Salam.. .

kakaakin mengatakan...

Anak sholeh selalu mendo'akan orang tuanya
Kalau boleh, saya ikutan giveaway-nya :)

Pakde Cholik mengatakan...

Jika tak ikut kontes bu dokter
Tanda awak mriang dan gemeter

Jika Gurindam awak di garis start
Tanda awak bakal melesat

Gurindamku sudah berada di garis start bu dokter
Insya Allah besok pagi diluncurkan.

Semoga sukses acaranya.

Salam hangat dari Surabaya

Masbro mengatakan...

Masih cari ide buat bikin gurindam nih Mbak..

nurlailazahra mengatakan...

aku malah baru tau pengertian gurindam setelah baca pemaparan dari Ummu Hamas di atas, hehehe. Semoga sempet ikutan deh, soalnya lagi sibuk...buk....buk....nih mbak, hehehe sukses ya GA nya

yuniari Nukti mengatakan...

Langsung ke TKP.. :)

advertiyha mengatakan...

Undangan atau tantangan buat banci kontes inih?? hehehe...
insyaAllah ikutan mbak... :)

ke tekapeh ah...

Workshop Bisnis Online mengatakan...

berkunjung sob..salam blogger
sukses selalu yah..
salam

al kahfi mengatakan...

bentuknya gurindam ini masih belum tau persis sih,, tapi insyaallah akan mencoba ikutan,,

alaika abdullah mengatakan...

salam kenal ya mba...

hehe... jadi masih ingat dengan guru Bahasa Indonesia nya karena pernah dimarahin ya mba? bukan karena kelebihan lainnya? hihihi....

ingin ikutan GAnya, tapi ga pede dan bingung how to make a gurindam...
semoga sukses acaranya ya mba....

liza mengatakan...

wahhh bagus sekali idenya mba. gurindam muharam plus 33... pingin ikutan juga.. sebelumnya salam kenal dari liza :)

dhedhi mengatakan...

wah... mantap, pak... makasih sedikit bocorannya. saya senang, gurindah masih ditulis orang sampai saat ini. semoga bermanfaat :)

Zh!nTho mengatakan...

Wah bagus ini kayak nya :D

Citromduro mengatakan...

bisa tidak ya saya menulis gurindam??
tapi harus dicoba dan mencoba

salam dari pamekasan madura

al kahfi mengatakan...

mbak tolong cek inbook FB nya saya ada kirim pesan penting mengenai pengiriman

epay mengatakan...

semoga masih bisa ikutan ya umi ^^
kalo bikin gurindam tampak agak lama mikirnya nih hehe

Ejawantah's Blog mengatakan...

Hadir untuk mencoba ikut melestarikan budaya bangsa. Sukses untuk acaranya Mba, dan saya langsung ke TKP.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

honeylizious mengatakan...

makasih sudah diundang bunda, siap meramaikan.

Andy mengatakan...

udah banyak ya,yang meramaikan give away kali ini,hehehe
sayang aku kurang pintar nulis,jadi mau ikut masih ragu mba

Ririe Khayan mengatakan...

Terima aksih untuk invite'nya, semoga masih bisa ikutan...meski saya sejujurnya kurang begitu paham ttg gurindam dan belum pernah membuat

dunia kecil indi mengatakan...

wah, menarik :) sayangnya aku kurang paham. good luck untuk giveawaynya ya :)

Falah Mulyana mengatakan...

Blog yang sangat bagus gan,,,,, kunjungan balik and follow balik ya gan,,,,,,,

minta back link alexa.a gan soal nya punya ane baru ganti domain nih,,,

http://www.falahmulyana.com/

makasih ebelum nya gan.........
happy blogging gan

monda mengatakan...

kayaknya kontes yang ini pas dulu deh

Dokter gigi Gaul mengatakan...

kalo 4 kalimat berarti 2 kalimat Sebab dan 2 kalimat akibat ya? :( Gabegitu paham GURINDAM juga. Padahal tinggal di Riau, tanah aernya Raja Ali Haji.
Tapi emang Gurindam Dua Belas tuh ada ditiap Lembaga Adat Melayu yang ada di Riau. Terkenal banget..

rusydi hikmawan mengatakan...

sebagai penikmat sastra, pengen ah ikut meramaikan gurindam 12. dulu pas smp inget tuh di pelajaran bahasa. salam

Gaphe mengatakan...

oh ini dia postingan pertama yang akhirnya kontesnya saya temukan dimana-mana. selamat menyelenggarakan kontes yaa, semoga sukses!

KAIFA mengatakan...

Alhamdulillah...sy bisa memenuhi undangan Mba Yunda..salam kenal dari rumah kaifa

bintangair mengatakan...

salam kenal dari bintangair bunda....
wah kontes persahabatan nih.
sementara komen dulu ya bun..
masih mempersiapkan gurindam :)

Bayu Hidayat mengatakan...

ikutam ya mbak

Bayu Hidayat
Gurindam Muharam Plus 33

http://oioisquad.blogspot.com/2011/11/gurindam-muharam-plus-33.html

Bayu Hidayat mengatakan...

eh maaf bunda. mangil nya hrus nya bukan mbak. salam kenal yah akku ikutan give away lho. belum telat kan. kan disini masi tanggal 1

terapi qolbu mengatakan...

ikutan juga....

Nia Angga mengatakan...

hiks sedihnyaa aku salah baca pengumuman..
ingetnya pendaftaran di tutup tgl 7. ternyata bukan 7 desember, melainkan 7 muharram..

padahal aku udah bikin gurindamnya.. :((

zoothera mengatakan...

Bu dokter, laporhh ijin pasang linknya di blogroll zoothera.. laporan selesai :)