Senin, 26 Desember 2011

Senyum itu Sehat

Pulang dari Posyandu. Senyum dulu ya...


“Dibutuhkan tiga puluh dua otot untuk berkerut, tetapi hanya 11-17 otot untuk tersenyum.”

Senyuman menggerakkan belasan otot-otot wajah untuk rileks, sedangkan cemberut menegangkan 32 otot wajah untuk bekerja secara paksa akibat ketegangan. Jauh lebih sedikit otot yang bekerja ketika tersenyum dibandingkan saat mengerutkan dahi atau memasang muka marah. Jadi sebenarnya senyum itu lebih mudah lho...



Postingan ini sekaligus diikutsertakan dalam d’BLOGGER | KONTES SEGGER 
(Senyum Ekspresi Blogger) di Blog
Bonus Fakta Sehat dibalik Seyuman:
1. Senyuman dapat mengubah perasaan
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa senyuman sangat mempengaruhi perasaan dan jiwa. Apabila perasaan sedang sedih, cobalah tersenyum, rasakan, senyuman yang akan membuat perasaan menjadi lebih nyaman. Perasaan nyaman bikin sehat kan?

2. Senyum itu mampu menghilangkan stress
Senyuman dapat mengurangi bahkan menghilangkan stres dan membuat pikiran menjadi lebih jernih. Maka ketika stres, luangkan untuk waktu lebih banyak untuk tersenyum, maka stres yang terpancar di wajah akan sirna secara perlahan. Cobalah!



3. Senyum dapat meningkatkan Imunitas
Sebuah penelitian mengenai senyum menggambarkan bahwa flu dan batuk bisa hilang dengan senyuman. Mengapa? Fungsi kekebalan tubuh atau imun bekerja secara maksimal saat seseorang merasa rileks adalam keadaan rileks. Saat seseorang tersenyum, tubuh bekerja membuat dan menghasilkan sistem kekebalan tubuh atau imun untuk bekerja lebih baik. Bagi yang sering terserang batuk dan pilek tanyakan diri apakah senyuman selalu terpancar?

4. Senyum dapat menurunkan Tekanan Darah
Penelitian terhadap senyum, mendapatkan hasil yang menunjukkan bahwa tekanan darah saat sesorang tersenyum lebih rendah. Tidak percaya? Segera ambil alat pengukur tekanan darah dan mulailah tersenyum dengan tulus dan lihat hasilnya. Kemudian pasang kembali alat pengukur tekanan darah dan mulailah marah-marah, coba perhatikan hasilnya. Dapat dipastikan bahwa tekanan darah akan meningkat saat dalam keadaan marah dan tekanan darah akan stabil atau rendah saat seseorang tersenyum.

5. Senyum itu melibatkan 3 hormon yang menyehatkan.
Senyuma secara otomatis akan melepaskan 3 hormon pengendali rasa sakit yaitu, endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin. Sehingga senyum diibaratkan semacam obat alami, karena saat seseorang tersenyum secara otomatis tubuh menghasilkan endorphin,pemati rasa alamiah, dan serotonin yang dipercaya sebagai analgesik atau penghilang rasa sakit

6. Tersenyum adalah resep awet muda
Saat seseorang tersenyum hanya dibutuhkan 17 tarikan otot wajah. Sementara orang yang suka marah, suka cemberut, atau suka mengomel membutuhkan 32 tarikan otot wajah. Maka tidaklah mengherankan seseorang yang suka tersenyum, terlihat lebih awet muda.

7. Senyum itu cerminan kesuksesan
Senyuman yang terukir di wajah dapat memperlihatkan bahwa seseorang lebih percaya diri, dapat dipercaya dan diandalkan yang pasti akan lebih terkenal karena lebih banyak memiliki hubungan baik dengan orang lain.

8. Tersenyum = berfikir positif
Aktifitas yang terjadi pada tubuh saat seseorang tersenyum adalah bahwa tubuh akan mengirimkan sinyal "hidup adalah baik" ke dalam tubuh, dan tubuh akan menerima dan merespon sebagai "anugerah". Seorang penulis pernah mengatakan "hati yang gembira adalah obat dan tersenyum merupakan salah satu obat alami bagi tubuh"



9. Tersenyum membuat Lebih Menarik
Orang-orang yang banyak tersenyum memiliki daya tarik tersendiri. Orang yang suka tersenyum membuat perasaan orang-orang yang bersama disekitarnya nyaman dan senang. Dan sebaliknya bagi orang-orang yang selalu merengut, cemburut, mengerutkan kening, dan menyeringai membuat orang-orang disekeliling tidak nyaman. Dan dapat d
ipastikan orang yang banyak tersenyum lebih memiliki banyak teman, juga disukai banyak orang.



10. Senyum dapat Menular
Tersenyumlah kepada orang-orang disekitar, maka aku dapat pastikan bahwa orang yang berada disekitar akan ikut tersenyum dan merasa lebih bahagia. Menularkan senyuman, mari!



So, tunggu apa lagi? Tersenyumlah :P
Karena senyum itu selain ibadah yang paling mudah plus gratis, ternyata...
Senyum itu sehat buat diri sendiri dan bisa menyehatkan orang lain.


20 komentar:

Untje van Wiebs mengatakan...

Jieeee narsis hihihi :D

Abi Sabila Juga mengatakan...

Wajah terindah manusia konon adalah ketika sedang tersenyum. selain indah, tersenyum juga bisa menjadi ibadah ( sedekah ), maka sangat disayangkan sekali bila sedekah yang 'murah meriah' ini dilewatkan begitu saja.

Dan saya masih mencari file-file lama, bukan tidak pernah tersenyum tapi jarang sekali terkena jepretan kamera.

Semoga sukses ya Bun...

meilya dwiyanti mengatakan...

ssenyum bisa menular..

iya benar, saya juga jadi senyum liat foto mbak yang lagi senyum...

hehehehe

ketty husnia mengatakan...

Ah Bunda.. fotonya imut hehehe
ternyata setelah di-zoom..Bunda Keke ni manis nian ya..:)
selamat berkontes ya Bun..

anazkia mengatakan...

Waaaa...

Anaz mau juga ikutannnn #etapi enggak pede hehehe

Lidya - Mama Pascal mengatakan...

senyumnya manis bun

bunda Lily mengatakan...

akhir akhir ini aku kayaknya kurang senyum :(
setelah baca tulisan diatas , jadi pingin sering2 senyum , selain menyehatkan, juga ibadah ya Yunda :)

Senyum nya Yunda menyejukkan sangat ... :)

semoga sukses di kontes ini

Nia mengatakan...

baru kali ini aku lihat wajah mbak keke dengan jelas.....senyumannya menggoda iman hehehhe....manis sekali mbak.....aku juga mau senyum terus sepanjang hari biar awet muda heheh....

hilsya mengatakan...

duh manis banget senyumnya...

Ummi Nabil mengatakan...

akhirnya bisa melihat dengan jelas wajah Umminya Yunda :)

CakCholik di BlogDetik mengatakan...

Naaaaaaaaaaaaaah, ini baru jelas, lebih dekat, lebih nyata kecantikan bu model. Tak salah jika sekali waktu menjadi model.

Semoga berjaya bersama saya bu model.

Salam hangat dari Surabaya

Lozz Akbar mengatakan...

wow ternyata dibalik senyum banyak manfaatnya ya..

ikutan tersenyum yuk buat mbak Yunda hehe

semoga sukses mbak Yun

.:diah:. mengatakan...

mari tersenyuuummm ^__^

Evi mengatakan...

Dan tersenyum bisa membuat foto tampil tambah cantik Bu...Seperti foto yg pulang dari puskesmas ini. Segerrr..banget :)

dhenok habibie mengatakan...

liat foto senyumnya yundo, jadi pengen ikutan senyum juga.. senyum kan menular yaa yundo.. hehe :D

rusydi hikmawan mengatakan...

liburan gini saya jarang senyum, di rumah ngakak aja ama anak. hehe.

Lyliana Thia mengatakan...

mbak senyumnya tarik dikit lagi ke atas... hahahah... sip deh...

bahasannya mantap banget mbak Keke... emang senyum itu lebih mudah dan lebih menyehatkan ya... mudah2an suasana hati kita selalu bergembira sehingga 32 otot itu nggak sempat menegang... hehe.. amin...

sukses kontesnya bu Model... hihihi... ^_^

Bintang mengatakan...

Kayaknya nggak ada pilihan lain deh, kalo pengen sehat, tersenyumlah...

Selamat lomba mbak, mari kita tersenyum, sepanjang tersenyum itu masih dibolehkan...ssst, manis banget lo ;)

the others mengatakan...

Kalau gitu aku akan makin rajin tersenyum mbak.. :)
Selamat berkontes, semoga menang lagi :)

tips kesehatan mengatakan...

senyum itu indah....hehehhe