Senin, 25 Juni 2012

Pada Tujuh Tahunnya Hamas


Hamas makin bertumbuh
Menapaki hari dengan keceriaan kanak-kanaknya


Kesertaan Abi dan Ummi, baik dalam laku dan do'a
Semoga senantiasa mewarnai kokohnya pribadi dan baiknya akhlakmu


Dulu, yang selalu kami ingatkan pada Hamas
"Ayo makan Nak..." atau "Ingat makan ya Nak..."
Sekarang, yang utama
"Ayo sholat Nak..." atau "Ingat sholat ya Nak..."

Karena menurut Ali bin Abi Thalib ra, pendidikan anak dapat dibagi menjadi 3 tahapan berdasarkan penggolongan usia:
  1. Tahap Bermain (“la-ibuhum”/ajaklah mereka bermain), dari lahir sampai kira-kira 7 tahun.
  2. Tahap Penanaman Disiplin (“addibuhum”/ajarilah mereka adab) dari kira-kira 7 - 14 tahun.
  3. Tahap Kemitraan (“roofiquhum”/jadikanlah mereka sebagai sahabat) dimulai 14 tahun ke atas.
Pada tujuh tahun usianya Hamas, penggalan kata ini yang terus terngiang
Hamasku tujuh tahun, tepat seminggu yang lalu, 18 Juni 2005-18 Juni 2012.

37 komentar:

ririe mengatakan...

Turut menducapkan met ultah yg ke -7 buat Hamas, semoga makin pintar, rajin sholat dan belajar dan jd anak yg patuh sama Abi dan Uminya...

arr rian mengatakan...

barakallah Hamas :D

Nchie Hanie mengatakan...

HAmas, selamat hari ulang tahun ke 7,
semoga menjadi anak kebanggaan Umi dan Abinya..

Duuh paling seneng deh kalo melihat pemandangan potoh Ayah dan Anaknya

Ciyee..kembar cuning-cuning..

mimi RaDiAl mengatakan...

met ultah ya bang...smg jd anak sholeh dan dibanggakan Agama serta Abi-Ummi. Amin

Blog Keperawatan mengatakan...

Semoga menjadi anak yang sholeh dan menjadi pejuang Islam di kemudian hari aamiin...aamiin

kakaakin mengatakan...

Jadi tak sabar juga ingin segera belajar mengurus anak :)
semoga Hamas jadi anak yang sholeh yaa :)

Elsa mengatakan...

alhamdulillaaah sudah 7 tahun
semoga sehat selalu...semoga ingat sholat selalu
aaamiiiiinnn

Baby Dija mengatakan...

Happy Birthday Bang Hamas...

pesta ulang tahun mengatakan...

semoga menjadi anak yg dewasa dan berbakti yh .. tempat yh bagus mas :)

Mami Zidane mengatakan...

selamat ulang tahun hamas, semoga di usia nya sekarang hamas makin bisa belajar disiplin untuk semua hal ya, termasuk disiplin dalam sholat.

Semoga sehat selalu ya hamas...

Wury mengatakan...

Dek Hamas, selamat ulang tahun. Semoga semakin disiplin shalatnya :)
Kakak nggak ditraktir nih hehehe

Mabrur mengatakan...

Alhamdulillah, barokallah akang Hamas, smoga Allah memberkahi setiap langkah, mengabulkan setiap doa yg terpanjat.. aamiin

karyakuumy mengatakan...

angka 18 pasti angka kbruntunganmu dek hamas.. Rajin solat ya dek hamas. :D

Didin Supriatna mengatakan...

hamas cepet gede.. semoga jadi anak yg mencintai allah, orang tua dan sahabatnya ya..

Srulz mengatakan...

Met ultah hamas... :D
yang patuh ya, sama kedua ortunya, ^^

hilsya mengatakan...

sama kayak Syafiq ya.. udah 7 tahun
selamat ulang tahun, nak..

insya Allah jadi anak sholeh

Pandi mengatakan...

Buat Hamas, Selamat ulang tahun ya..
Seperti kata abi/umi; "Ingat sholat ya.."

Lozz Akbar mengatakan...

selamat ultah buat Hamas.. insya Allah kelak kau jadi lelaki hebat sayang

Kliknans mengatakan...

selamat ulang tahun buat putranya, Hamas...

semoga saja menjadi anak yang shaleh dan berbakti kepada ke dua orang tua.. ^_

Kliknans mengatakan...

selamat ulang tahun buat putranya, Hamas...

semoga saja menjadi anak yang shaleh dan berbakti kepada ke dua orang tua.. ^_

octarezka mengatakan...

met ultah dek hamas
mg jd pribadi kbanggaan umi dan abi-ny
:) :D

Abi Sabila mengatakan...

Barakallohu Hamas. Ikut mengaminkan apa yang menjadi doa dan harapan kalian. amin.

HP Yitno mengatakan...

Bagus banget sob.
Sudah mulai menamkan kedisiplinan. kalau nggak mau sholat, jewer kupingnya.

monda mengatakan...

selamat ulang tahun ya Hamas....

Bintang mengatakan...

Selamat ulang tahun buat hamas, smoga tambah pinter, menjadi anak sholeh dan selalu berbakti pada orang tua.
Amin.

Foto hamas dengan Abi-nya itu akrab banget, Yundaaa...mana pemandangannya indah lagi :D

cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami mengatakan...

thanks ya mbak share tahapan mendidik anaknya,,,smoga aku bisa melakukannya entar kalo udah punya anak,,,aamiin,,,

Mugniar mengatakan...

Waah baru tahu kalo Ali bin Abi Thalib pernah mengatakan hal tersebut. Sepengamatan saya, memang sebaiknya seperti itu ya mbak, terutama yang no.2 (ttg penanaman disiplin).

Banyak orang yang sudah dewasa jadi "amburadul" karena ternyata tdk pernah didisiplinkan oleh orangtua mereka. Akan sulit tentunya saat dewasa.

Oya, OOT nih mbak ... boleh nanya ?
Boleh doong hehehe ...

Saya sudah beberapa kali mendapati ada dokter yang tak memberitahu pantangan makanan kepada pasiennya. Seperti pada almarhumah - kerabat suami saya yang menderita kanker payudara. Masak iya dokternya sama sekali tak memberitahu pantangan makanan untuk penyakitnya? Padahal orang kanker kan pantangannya buannyaak?

Suatu hari suami saya bertandang di kediaman mereka (di sebuah kotamadya di Sul Sel) dan memberitahu mereka mengenai pantangan makanan. Tapi mana mereka percaya, wong suami saya bukan dokter?

Juga waktu ipar saya divonis tumor. Koq ya dokternya bilang tdk ada pantangan makanan? Saat suami saya mengatakan sebaiknya ia menghindari beberapa macam makanan. Ia berkelit, "Dokter tidak melarang."

Gimana itu mbak?

Nia mengatakan...

selamat ulang tahun hamas.....smoga tumbuh emnjadi anak yg soleh dan berbakti kepada kedua orangtua.....

Sarah mengatakan...

semoga Hamas bisa menjadi kebanggaan Umi dan Abi yah :D

Djangan Pakies mengatakan...

Subhanallah ini akan menjadi Indah pada Masanya jika pengahntaran dan bimbingan diselarasakan denagn tahap perkembangan anak sebagaimana dicontohkan Ali Bin Abi Thalib ra.

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

selamat ulang tahun untuk hamas ya. terima kasih juga ilmunya mbak

Tebak Ini Siapa mengatakan...

Hai Hamassss...
selamat ulang tahun yaaa ^_^

ke2nai mengatakan...

selamat ulang tahun Hamas.. Wish you all the best..

Btw, sy pernah denger yg 3 tahap itu.. Tp lupa di mana, cari2 lagi gak nemu.. Eh gak taunya dpt disini.. Thx ya mbak :)

irmarahadian mengatakan...

met milad hamas...
semoga sehat selalu & makin pinter aja...:)

Diandra mengatakan...

Hamaaaaas....
selamat ulang tahun yaaaa.....
maaf mamah rafi telat ngucapinnya

semoga menjadi anak yg sholeh ya Nak....

Orin mengatakan...

Huwaa telat >_<
Happy milad Hamas sayang, semoga selalu jd anak sholeh kebanggaan Abi dan Ummi ya *peluuuk*

obat panas lambung mengatakan...

semoga menjadi informasi yang bermanfaat
salam kenal

NANGKRING.
obat tradisional lambung.
OBAT SAKIT GIGI ANAK .