Senin, 11 Juni 2012

Menuju Pengakuan PDHMI

Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI), ada yang pernah dengar nama ini? Aku juga baru tahu :D

Prof. Totong sesaat setelah dilantik sebagai ketua PDHMI.

Kamis kemarin (07/06) Loka Kesehatan Tradisional Masyarakat (LKTM) yang berkantor di lorong sebelah mengundangku untuk menghadiri acara Seminar Herbal dan pelantikan pengurus PDHMI Sumatera Selatan, bertempat di Grand Duta.

Aku yang penasaran hadir dong... 

Acaranya Sabtu (09/06), dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta. Seminar herbalnya sangat menarik, banyak ilmu baru yang kudapat, termasuk didalamnya tentang pemanfaatan getah gambir hasil penelitian Prof. Ringgit yang sekarang sudah dipatenkan Malaysia. Ada beberapa orang dosenku yang tampak sangat antusias dalam forum diskusi. 

Disesi pelatikan pengurus ada kejutan lagi, mosok namaku disebut. Ini pasti kerjaannya Ibu dr. Solilul Hulwan, Kepala LKTM yang sudah mengenalku, lantaran waktu baru pindah di BTKL PP aku sempat bersilaturahim kekantornya, dan beliau sangat antusias mengajakku pindah ke LKTM. 

LKTM sendiri sebuah UPT Kementrian pusat yang sama kedudukannya dengan BTKL PP, dan untuk saat ini baru ada 2 di Indonesia, Palembang dan Makassar, begitu khabar yang kudapat dari Ibu Solilul. Diajak pindah ke LKTM aku ya mau Bu, sesuai dengan minat dan habitat *tapi apa pantas, wong di BTKL PP aku baru 2 bulan ini, sabar kata banyak 'suara' minimal harus 2 tahun dulu...

Oyyaa, balik ke acara pelantikan PDHMI ya...

PDHMI Sumatera Selatan diketuai oleh orang yang tepat, beliau adalah Guru Besar Farmakologi FK UNSRI, salah satu dosen favoritku. Prof. DR. M.T Kamaluddin, biasa disapa Prof. Totong dari huruf T yang ada dinamanya. Beliau sosok yang karismatik. Dalam sepatahkata sambutannya, beliau menyampaikan niat untuk membuka S2 Herbal di FK UNSRI. Dan tak ayal lagi, aku bersama seorang rekanku menemuinya usai acara. Kami menyampaikan dukungan atas niatan beliau membuka S2 Herbal, dan kami siap menjadi muridnya diangkatan pertama *mungkin ini jawaban do'aku yang ingin Sekolah lagi, sementara suami keberatan kalau harus di kota lain, suamiku malah maunya aku ambil spesialis saja, aaacchhh tak sanggup aku, tak berminat...

Nach kok malah kemana-mana ya...

Balik ke PDHMI, ternyata belum dapat pengakuan IDI lhoo.. Sebab pada Muktamar IDI 2009 di Palembang lalu PDHMI belum lahir. Jadi untuk sementara ini PDHMI masuk dalam PDSm dulu. PDSm adalah Perhimpunan Dokter Seminat yang sudah diakui IDI. Dan pada Muktamar IDI tahun ini di Makassar rencananya PDHMI baru akan diupayakan agar dapat pengakuan. Yang kuingat salah satu syarat untuk itu PDHMI harus beranggotakan minimal 50 orang *rasanya kemarin sudah lebih dech... Jadi semoga saja perjuangan di Makassar nanti bisa sukses, walau tampa kehadiranku. Hallaahh, emang siape? Dan aku juga kalau diajak berangkat pasti mau dong...

Pengakuan pada keberadaan PDHMI penting adanya, agar ke depan para dokter yang berminat dipengobatan herbal mendapat tempat di hati khalayak, sehingga tak dianggap saingan para dukun lagi...

21 komentar:

Nchie Hanie mengatakan...

Ayoo Mba Keke ngambil spesialis lagi *ngomporiin*..

Si Belo mengatakan...

ikutan Aamiin-in doa bunda :)

hidup Bunda Yunda #eh..

pokoknye mah, jangan maen dukun ye..hihii *apa sih si Naya geje dehh*

Dhymalk dhykTa mengatakan...

hidup herbal, hidup non kimia medicine, klo dokter dah bentuk paguyuban herbal, sy doain sukses, sukses lebih sukses...krn kami pun sadar efek pngobatan ala barat itu

Ririe Khayan mengatakan...

Salut Mbak utk PDHMI, semoga lekas mendapat pengakuan dari IDI sehingga kompetensi dan existensi makin menyebar luas. Tentunya bisa menambah alternatif bagi peningkatan mutu kesehatan bagi masyarakat.

srulz mengatakan...

Herbal yah...

bisa dijadikan alternatif lain, bagi yang takut jarum suntik ^^

Mami Zidane mengatakan...

sukses untuk PDHMI nya ya mbak, semoga ke depan pengobatan herbal di indonesia nggak kalah dengan obat-obatan modern ya mbak...

affanibnu mengatakan...

saya coba tanya pacar saya keberadaan organisasi itu disini.. :)

Djangkies mengatakan...

Alhamdulillah, semoga segera terwujud spesialis herbal di UNSRI, agar keseriusan Mbak Keke dalam menekuni perngobatan herbal semakin mantab dan semakin terbuka lebar pengembangan diri secara maksimal

ke2nai mengatakan...

Wkt dokter blg sy terkena kanker, sy gak mau buru2 mengikuti saran dokter utk operasi.. Sy malah cari2 alteratif yaitu pengobatan herbal.. Padahal dulu sy anti sm obat2an herbal.. Dan akhirnya sy mulai gugling dokter2 di Indonesia yg mendukung herbal.. Dari situ sy tau keberadaan PDHMI. Sy dukung bgt deh keberadaan PDHMI, semoga kedepannya PDHMI semakin berjaya & diakui ya :)

Hariyanti Sukma mengatakan...

Sudah ada perkumpulan itu ya, mbak .... Alhamdulillah ...
lama loh saya nunggu dokter dengan pengobatan herbal, seperti di Cina , sayangkan mbak negara kita yg kaya akan flora gak dimanfaatkan maksimal, Allah tlah menciptakan itu semua dengan segala manfaatnya.

Mbak blog "Catatan Dari Shabat " itu blog khusus menampung kiriman BBM dari teman2, sayang kalo di buang begitu aja, makasih yambak sdh berkunjung kesana ^_^

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

oh ada toh perkumpulan itu..

Wury mengatakan...

Amin, Bun, semoga bisa sekolah lagi. S2 Herbal atau S2 Spesialis sama-sama hebat, semoga yang terbaik saja :)

Pakde Cholik mengatakan...

Herbal sedang in sekarang karena dianggap aman dan murah (mungkin)
Semoga sgr ada pengakuan ya jeng.
Sekolah lagi memang penting untuk semakin meningkatkan kualitas diri.

Salam hangat dari Surabaya

Mbak Iis mengatakan...

ikut nyimak.....kunjungan siang, salam kenal

Enny Ernawati mengatakan...

kunjungan perdana mb..
salam kenal yaa :)

ferdy mengatakan...

mampir

obat herbal varises mengatakan...

setelah baca, ini artikel yang berbobot juga ya,, dari kata katany sangat jelas dan mudah di fahami,,, keren dah,,, semoga sukses aja,,,

prih mengatakan...

Saling melengkapi tuk pengobatan ya mbak,selamat berkarya

kakaakin mengatakan...

Wah, ternyata ada persatuannya ya..
Semoga segera dapat pengakuan secara luas. Jadi, ke makassar ya, Mbak? :D

Hany Von Gillern mengatakan...

ayo mbak tak dukung nanti ilmunya dibagi disini ya ... aku suka pake obat2 herbal

obat panas lambung mengatakan...

semoga menjadi informasi yang bermanfaat
salam kenal

NANGKRING.
obat tradisional lambung.
OBAT SAKIT GIGI ANAK .