Rabu, 06 Juni 2012

Habitat yang Berbeda

Kalau ada teman atau saudara yang bertanya padaku, 

"Sekarang tugas dimana?" 

Aku jujur agak sungkan menjawab. Kebanyakan memang mereka berkernyit mendengar kata BTKL. 

"Kok tugas di kantor itu? Ngapain?" *nach lho#

"Di sanakan tak ada orang yang berobat". Kali ini aku yang berkerut. 

"Trus kenapa?" Tanyaku sok heran.

"Iya, itu artinya dirimu tak berada di habitat yang sesuai." Kata seseorang suatu ketika.

"Dan apapun yang ada bukan dihabitatnya maka akan sulit sekali berkembang", lanjutnya.

Entah dapat ke-PeDe-an darimana, saat itu aku langsung menjawab,

"Semuanya tak mesti berkembang. Yang penting itu bisa terus tumbuh. Bonsai misalnya, meski sengaja dikerdilkan, tempat tumbuhnya dibuat sedemikian rupa, sengaja diganti habitatnya, buktinya bisa tetap bertahan hidup dan mahal harganya."

Saat itu aku berusaha menjawabnya dengan damai. Bukan semata bermaksud menghibur diri. Bukan pula karena lupa dengan ilmu tumbuh kembang yang aku dapatkan dibangku kuliah dulu. Tapi memang aku perlu menguatkan diri sendiri.

Ohhhya, pada tahu kan kalau kemarin Hari Lingkungan Hidup. Di Kantorku tak ada peringatan apa-apa kemarin. Hanya saja hari ini kami bersih-bersih, mau sertijab dari Ka. BTKL yang lama kepada yang baru. Jadi merekayasa kebersihan dalam rangka menyambut Pak Dirjen, bukan karena kesadaran atau HLH lho ya... *Adakah acara peringatan Hari Lingkungan Hidup ditempatmu?


Catatan:


  • Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010 (World Environment Day) diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahun, sejak PBB mengadakan Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm pada tahun 1977. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia diselenggarakan di bawah kordinasi United Nations Environment Programme (UNEP), yang juga sudah dibentuk PBB  pada 1977.

  • Sebuah tulisan menunggu jam pulang kantor, terinspirasi setelah baca EssiP :D

17 komentar:

Orin mengatakan...

Hmm...kalo begitu aku jg bisa dibilang 'salah' habitat dunk Ummi hihihihi

.:diah:. mengatakan...

saya dari basic pendidikan, sejak kerja dapatnya yg non pendidikan terus, berarti saya juga gak pada habitat yg sama ya Mbak??

di kantorku jg gk ada peringatan HLH tuh Mbak kmrin, padahal kami bergerak di climate support, sayang siiy, pada sibuk siy :(

Nchie Hanie mengatakan...

waah aku salah habitat ga ya Mba Keke..

HAri lingkungan hidup, mari bebersih halaman rumah..

Hany Von Gillern mengatakan...

Kalo kegiatan bersih-bersih, orang-orang di daerah saya alhamdulillah pada rajin mbak. Tanpa disuruhpun kadang mereka bersihin sendiri sampah-sampah kecil dijalanan. Atau anak-anak pramuka, mereka juga pada rajin bersihin jalan dengan tas keresek sampah birunya.

Andy mengatakan...

kalau masalah berkembang itu tergantung dari seberapa besar semangat kita untuk berkembang,bukan hanya soalnya lingkungan saja :D

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

banyak kok yang salah habitat tapi bisa berkembang mbak.

HP Yitno mengatakan...

BTKL apaan sih sob?
Maksudnya bekerja di tempat yang nggak biasanya.

hilsya mengatakan...

oo.. btkl palembang toh?

Mami Zidane mengatakan...

hari lingkungan hidup saya peringati setiap hari dengan membuang sampah pada tempatnya mbak....hehe...

srulz mengatakan...

bersih bersih kantor.. :D

semoga kita semua mampu beradaptasi, dan bisa berkembang,.. ..

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

orang bilang tidak berkembang, yang penting kita terus-menerus berbuat yang terbaik dalam kehidupan kita ya mbak; dengan demikian semoga bermanfaat juga untuk negeri tercinta ini...

Lozz Akbar mengatakan...

Hari ini juga hari lingkungan hidup kok Yunda :)

prih mengatakan...

Dari web BTKL Palembang yang dikomandani mbak Keke, malah terlihat peluang pengembangan diri yang luar biasa ya mbak, abstraksi dari tugas layanan kesehatan interdisipliner. Selamat berkarya

Evi mengatakan...

Iya benar juga, bonsai tak tumbuh berkembang tapi dia punya kecantikan sendiri sehingga mahal ya Mbak...Menurutku sih, yang penting dimanapun kita bekerja, adalah memberi kepuasan batin disamping berbuat sesuatu bagi tempat kerja itu .:)

Diandra mengatakan...

gak ada peringatan apa2 disini mbak...hiks
padahal semestinya hari seperti itu hrs mulai digalakan untuk diperingati

octarezka mengatakan...

saya jg salah habitat, :P
tapi terserahlah mbak, yg penting bs terus tumbuh dn bmanfaat, y kn mbak?
:)

Bintang mengatakan...

Nggak ada, Yunda...peringatan hari lingkungan hidup itu 'terlewat' begitu saja.
Dan ngomong-ngomong tentang habitat, semua orang sesungguhnya bisa tumbuh dan berkembang baik, bila yang bersangkutan bisa mengoptimalkan tempat dimana dia bekerja, apapun nama tempatnya, apapun habitatnya...