Jumat, 25 Januari 2013

Duduklah saat Makan dan Minum

Semua yang diperintahkan atau sebaliknya dilarang oleh-Nya lewat Al Qur'an ataupun Hadits pasti ada hikmahnya. Meski tak selalu hikmah itu diketahui. Seperti adab seorang muslim makan dan minum contohnya, disini bukan tentang kandungan halalan toyyibah dari suatu makanan dan minuman. Namun lebih kepada cara saat makan dan minum. Dibeberapa daerah misalnya, hal yang paling tabu dilakukan saat makan dan minum adalah sambil berbicara. 

Memang banyak orang yang lupa atau bahkan belum tahu, bahwa makan dan minum sambil berdiri jelas ada dalil pelarangannya, sampai-sampai karena ingin disebut modern, sekarang ini banyak pesta-pesta yang tidak menyiapkan kursi untuk duduk. Akibatnya saat jamuan makan dan minum para tamu melakukannya sambil berdiri. Pantaskah kita sebagai orang yang ingin diakui sebagai umat Muhammad, SAW ikut latah meniru hal tersebut?

Yups, ternyata ada hikmah mengapa Rasulullah, SAW melarang umatnya makan dan minum sambil berdiri, mungkin ada yang sudah pernah membaca, tapi paling tidak izinkan aku untuk sesaat mengingatkan, paling tidak untukku pribadi.

Aku foto dari sekolahnya Hamas dan Yunda.
Zona Makan dan Minum sambil Duduk di SIT Bina Ilmi :D

“Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri”. Qotadah berkata: “Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”. (HR. Muslim dan Turmidzi)


“Jangan kalian minum sambil berdiri! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan!” (HR. Muslim)

Dr. Abdurrazzaq Al-Kailani berkata: “Minum dan makan sambil duduk, lebih sehat, lebih selamat, dan lebih sopan, karena apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lembut. Adapun  minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras,  jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan sekali minum sambil berdiri menyebabakan disfungsi pencernaan. 

Adapun Rasulullah berdiri, maka itu dikarenakan ada  sesuatu yang menghalangi beliau untuk duduk, seperti penuh sesaknya manusia pada tempat-tempat suci, bukan merupakan kebiasaan. Ingat hanya sekali karena darurat! Begitu pula makan sambil berjalan, sama sekali tidak sehat, tidak sopan, tidak etis dan tidak pernah dikenal dalam Islam dan kaum muslimin.


Dr. Ibrahim Al-Rawi melihat bahwa manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang, organ  keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras, supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri stabil dan dengan sempurna. Ini merupakan kerja yang sangat teliti yang melibatkan semua susunan syaraf dan otot secara bersamaan, yang menjadikan manusia tidak bisa mencapai ketenangan yang merupakan syarat tepenting pada saat makan dan minum. Ketenangan ini bisa dihasilkan pada saat duduk, dimana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minum dengan cara cepat.


Dr. Al-rawi menekankan bahwa makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.


Begitu pula makan dan minum berdiri secara terus –menerus terbilang membahayakan dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Para dokter melihat bahwa luka pada lambung 95% terjadi pada tempat-tempat yang biasa bebenturan dengan makanan atau minuman yang masuk. Air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur muskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada ‘pos-pos’ penyaringan yang berada di ginjal. Nah, jika kita minum berdiri air yang kita minum tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter.


Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah kencing itu  penyebabnya. Sebagaimana kondisi keseimbangan pada saat berdiri disertai pengerutan otot pada tenggorokan yang menghalangi jalannya makanan ke usus secara mudah, dan terkadang menyebabkan rasa sakit yang sangat yang mengganggu fungsi pencernaan, dan seseorang bisa kehilangan rasa nyaman saat makan dan minum. Oleh karena itu marilah kita kembali hidup sehat dan sopan dengan kembali ke pada adab dan akhlak Islam, jauh dari sikap meniru-niru gaya orang-orang yang tidak belum mendapat hidayah Islam.


Sumber @kutipanhikmah

35 komentar:

Ila Rizky Nidiana mengatakan...

alhamdulillah, baca postingan ini jadi pengingat diri sendiri. makasih sharenya, ayuk. dulu awal sebelum aku tau tentang riset kenapa ga dibolehkan makan atau minum sambil brdiri rasanya islam seperti doktrin2 saja, tapi setelah tau ternyata memang ada hikmah dibalik larangan itu, jadi lebih kagum sama al quran dan berusaha menerapkannya. :)

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

ternyata sebuah hadist tentang larangan makan dan minum sambil berdiri ini betul seklai ya mbak, dibidang kesehatan pun melarang makan dan minum sambil berdiri. terima kasih sudah diingatkan, saya suka lupa mbak kalau ambil menum didispenser langsung diminum disitu :(

ayu mengatakan...

Makasih diingetin lg mba..kadang suka kecolongan minum sambil berdiri
#harus diperbaiki..

BlogS of Hariyanto mengatakan...

ini adalah salah satu bukti kebenaran tentang Islam, bahwasanya dalam Al Quran telah ada ayat untuk kesehatan,,,dan telah dibuktikan secara ilmiah oleh pengetahuan di zaman modern.....Islam Itu Memang Indah....subhanallah , luarbiasa :)

HP Yitno mengatakan...

Subhanallah, ternyata bisa di tinjau dari segi kesehatan ya kak

Ejawantah Wisata mengatakan...

Diingatkan dengan gamblang dan lugas.

Sukses selalu
Salam Wisata

jasa review produk mengatakan...

Makasih Sudah Mengingatkan Ibu..

Bener2 jelas pengumumannya !!

Cerpen Horor mengatakan...

Beberapa artikel islami juga pernah mengulas hal ini. Tapi, saya baru benar2 membaca saat ini. ternyata begitu ya kenapa kita tidak boleh minum sambil berdiri. apalagi sambil salto hehehe *kidding :D

Catatan noel mengatakan...

ternyata Rasulullah Saw. menganjurkan kita makan dan minum sambil duduk agar tidak celaka secara kesehatan ya?

Gadget News mengatakan...

Berarti kalau saya ada undangan standing party besok-besok, harus cari tempat duduk dulu dong? Hehehe...

Payz0 mengatakan...

terlepas dari dampak sisi kesehatan, memang makan dan minum berdiri memang di larang... selesai..

Tarry KittyHolic mengatakan...

Terimakasih sudah diingatkan mbak,
kadang saya juga ngemil atau minum sambil berdiri atau berjalan hikz.

Lozz Akbar mengatakan...

Kalau makan saya gak pernah, tapi minum ini yang terkadang sambil berdiri pas ambil air dari kulkas.. Hmmm kayaknya emang perlu dibiasakan nih Yunda..

dan satu lagi dengan tata cara makan Rasul dengan tiga jari pulukan itu emang nikmat loh Yunda.. Coba deh bayangkan makan lalapan duduk dibawah, trus sambelnya pedas.. dijamin makjleb rasane hehehe

begh saya kok malah ngomongin lalapan nih hihihi

Niken Kusumowardhani mengatakan...

Berusaha utk makan minum sambil duduk. Tapi memang masih ada sesekali melanggarnya karena situasi dan keadaan.
Trimakasih diingatkan. Apapun alasannya, seharusnya kita tetap istiqomah. :)

properti99.com mengatakan...

Sebagai umat Islam teladan beliau haruslah kita ikuti.Ucapan dan tingkah lakunya sungguh memberikan contoh yang baik

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Kalau di rumah atau di warung makan, biasanya banyak yang makan dan minum sambil duduk. Tapi, kalau di acara kondangan atau resepsi pernikahan? Sungguh, hal ini perlu menjadi perhatian bagi kita bersama.

Orin mengatakan...

Iya Ummi, aku kesel deh kalo kondangan makannya berdiri begitu, suka bgt meniru2 kebudayaan yg kurang baik masyarakat kita ini ya >_<

LAdangduters mengatakan...

Terima kasih mbak udah share adab makan secara Islami. salam kenal

Pakde Cholik mengatakan...

Banyak hal yang bisa diteladani dari Rasulullah saw dan dipedomani dalam kehidupa kita sehari.

Kadang memang repot mencari tempat duduk ketika menghadiri undangan resepsi pernikahan yang penuh sesak dan tempat duduk tak cukup. Demikian pula pada acara di luar negeri yang tak menyediakan tempat duduk.

Terima kasih atas artikel yang bermanfaat.

Salam hangat dari Surabaya

hilsya mengatakan...

TFS, jeng...

btw, nanti kalo ada soal anantomi mau nanya di sini ah :)

Muji Suwarno mengatakan...

Sesuatu yang sepele emang bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Tapi hebatnya, Rasulullah, udah melarang melakukan hal tersebut.

Penyuluh Perikanan mengatakan...

Postingannya sangat bagus sekali dan bermanfaat
Benar sekali Bu Yunda, kita harus hidup sehat dan sopan santuan, dan tidak perlu meniru-niru gaya orang-orang yang belum mendapat hidayah.
sangat bermanfaat
salam sukses selalu BU Yunda.

prih mengatakan...

Terima kasih mbak Keke telah berbagi ulasan sangat bermanfaat. Sayangnya pesta dengan duduk, hadirin dilayani dengan cara makanan dihantarkan semakin langka. Salam

Nurmayanti Zain mengatakan...

Masya Allah, semoga kita terhindar dari makan dan minum berdiri :( karena sekarang banyak yang menyepelekannya... astaghfirullah...

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Ohya, saya berkunjung lagi kemari ya, Bu, untuk mengabarkan bahwa saya sudah mencari-cari catatan alamat, kok belum ketemu ya, Bu, mohon kiranya mengirim kembali alamat via email untuk pengiriman hadiah buku GA Senangnya Hatiku. Makasih....

Cara Memperbesar Payudara mengatakan...

mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

evi mengatakan...

Tapi sekarang makan sambil berdiri saat pesta mewabah banget Mbak Keke. Terutama kalau pestanya di gedung dimana tempat terbatas sementara tamu datang relatif serentak. Hampir gak mungkin menyediakan kursi untuk tamu sebanyak itu. Jadi deh makan sambil berdiri..Terus terang aku gak nyaman dengan cara makan seperti itu. Tapi apa mau dikata, kita kan cuma undangan yah :)

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Mohon maaf, Bu, catatan alamat sudah saya temukan. Alhamdulillah tadi buku sudah saya kirimkan via Pos Indonesia. Semoga dapat sampai dengan selamat.

andy langit mengatakan...

jd inget pesen ortu...

Ahmad Fauzan mengatakan...

Semoga saya bisa mulai memperbaiki kebiasaan buruk yang sudah lama saya lakukan sebelum membaca tulisan ini. Amin... :)

obat hepatitis b tradisional mengatakan...

terimakasih artikelnya menambah wawasan,, lagipula menurut saya makan sambil berdiri atau berjalan mengurangi rasa lezat dari makanan, hehe..

catumorli mengatakan...

ini dia yg lg aku cari, alasan medis knp makan dan minum dilarang sambil berdiri. Alhamdulillah, trimakasih atas sharingnya :) lebih bagus lg ajarkan pd anak2 kita agar mereka mempraktekkannya dan meneruskan ke anak cucu mereka...

Elsa mengatakan...

subhanallooooh...
aku jadi malu. aku sering sekali minum sambil berdiri

:(

Nurmayanti Zain mengatakan...

tok, tok, tok! mbak apa kabar?

Nurmayanti Zain mengatakan...

tok, tok, tok! mbak apa kabar?