Senin, 30 Juli 2012

Srikaya untuk Berbuka

Srikaya di Palembang adalah nama sebuah makanan khas, biasa tersaji saat moment bersama keluarga, pun kala berbuka atau hari raya. Jadi berbeda dengan buah SRIKAYA = SARIKAYA = Buah Nona yang aku kenal saat masih kecil dulu ya...

Buah Srikaya.
Pinjem gambar dari sogolagro.wordpress.com
Nach ini dia Srikaya yang kumaksud,

Hasil karyaku :D

Rasanya manis gurih, cara membuatnyapun mudah saja.

Resep:
1. Telur 5 butir (atau seseuai yang kita inginkan, ditakar, anggap 1 bagian)
2. Gula dengan takaran yang sama dengan telur (anggap 1 bagian). Kalau kurang suka manis boleh dikurangi jadi 3/4 bagian atau sesuai selera.
3. Santan kental (takaran 1,5 bagian)
4. Beri garam seujung kuku saja, untuk menambah rasa gurih.
5. Beri perasan daun suji/pandan.
6. Bila ingin kita tambahkan Tape Ubi. Namanya jadi Srikaya Tape. Perbandingannya sama, 1 bagian juga.

Cara Membuat:
Semua bahan dicampur, diaduk dengan kocokan tangan sampai menyatu.
Kukus dengan api sedang, sebaiknya sudah dipanaskan saat kita mulai menyampur bahan.

Selamat berpuasa, semoga kita dimudahkan mengisi Ramadhan ini dengan kegiatan yang bermanfaat.

Semoga Allah sentiasa memberikan  kita taufiq dan hidayahnya untuk mengikuti sunnah Nabi-Nya Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Kerana sesungguhnya bagi orang yang berbuka itu dia mempunyai do’a yang dikabulkan. Maka manfaatkanlah, berdo’alah kepada Allah dengan keadaan yang benar-benar yakin akan dikabulkan. Dan ketahuilah sesungguhnya Allah tidak mengabulkan do’a dari hati yang lalai. Berdo’alah kepada-Nya dengan apa yang kita kehendaki dari do’a yang baik-baik, mudah-mudahan kita mampu memperolehi kebaikan di dunia dan akhirat.

Maaf ya belum bisa banyak BW ...

25 komentar:

dhenok habibie mengatakan...

yundooooo.. dhe sudah 2 hari ini mendadak ngidam pengen makan srikayo.. cubo warno srikayo yang ditampilke warno ijo be yundo, kan lebih cantik dan menggoda lidah.. hehe :D

tapi dhe belum pernah bikin dewek, nyari yang simple, beli.. xixixixixi

Millati Indah mengatakan...

Lah, jadi srikaya yang di mangkok itu justru tidak mengandung buah srikaya? *di bahan sepertinya tidak disebutkan*

Nchie Hanie mengatakan...

Menunggu kiriman srikaya..
magrib masih lama kok,

Outbound di Malang mengatakan...

wah didaerah sini udah jarang yg jualan srikaya gan :(
nice post, visit back yah :D

Ririe Khayan mengatakan...

Sri kaya Tape...membacanya resepnya kok kayaknya mudah. Tp kalau nyobainnya...heee..nyobain makannya ding maksudnya. hehehe

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Wah..., mantap neh acaranya berbukanya. Hmmm....

Ohya, Mbak, GA Azzet sudah diumumkan dan mohon pilihan buku serta alamatnya ya, untuk mengirimkan hadiah pemenang. Makasih....

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

Buah srikaya tuh enak banget dulu depan rumah ada tapi di tebang dibuat kamar, xixixixixi :D

Resep baru, coba spa tau bisa masak :D

Tapi disini gag ada srikaya kayak begituan bunda :D

obat tipes alami mengatakan...

aduh jadi pengen cepat-cepet libur...trus bisa bikin sendiri di rumah,,,

hima-rain mengatakan...

hum belum pernah coba mbak, catat resepnya ah...pasti enak sekali srikayaaaa humm sudah berapa tahun tidak makan srikaya. buah ini sudah jarang muncul di makassar sih

Lozz Akbar mengatakan...

sayang banget buah ini sekarang jarang ditemui Yunda. Padahal dulu di pekarangan rumah sering ditanam

a.i.r mengatakan...

wah bu... kalo di daerah saya namanya GROSO.. :D

*saya bingung mana yang srikaya mana yang sirsak..

Risablogedia mengatakan...

enak nih pastinya ... pengen nyobain, tapi ngga amis ini kan, mba? pake telur banyak soalnya..

Sugiantoro mengatakan...

alhamdulillah ada bahan masak buat tambahan referensi istri

dey mengatakan...

da juga kan ya roti isi sarikaya, lembut legit gimana gituh ..

Kalau buah srikaya, udah lama banget gak makan buah ini.

Abi Sabila mengatakan...

Bu Dokter masih simpan alamat email saya kan? Saya tunggu kiriman Srikayanya. Lho? Hehehehe....
Selamat menjalankan ibadah puasa, juga aktifitas lainnya, semoga diridhoi Allah swt. Amin...

Hany Von Gillern mengatakan...

Dulu ibuku juga suka bikin Srikoyo kalo beliau bilang, penampakannya seperti custard gitu mbak.

Bintang mengatakan...

saya suka bikin srikaya seperti ini juga Yunda, cuman saya tambahkan pisang ambon matang atau roti ke adonan sebelum dikukus...enak lo, cobain deh ;)

.: diah :. mengatakan...

buah srikaya nya koq kek beda ya Mbak, heheh

boleh juga niih menu buka puasanya, nanti kapan2 mau coba ahh klo dapat srikaya, makasiihh loh Mbak :)

Della mengatakan...

Wah, kesukaan suami aku banget ini, Mbak. Belum lulus jadi istrinya kalo belum bisa bikin ini, hehehe.. Alhamdulillah aku udah bisa :)
Tapi resep Mbak Keke tetep catet ah.. :D

Gusti ajo Ramli mengatakan...

paling enak itu selai sarikaya... :D

Elsa mengatakan...

sayangnya, aku gak suka srikaya
padahal semua anggota keluargaku suka banget, hehehee

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

disini jarang yang jual srikaya mbak

XAMthone plus mengatakan...

wah mantap tuh, ....

Jelly Gamat Luxor mengatakan...

saya baru tau tuh, bermanfaat juga yah...

pengobatan jantung mengatakan...

info yang sangat bermanfaat sekali buat di pelajari, ...