Rabu, 25 Juli 2012

Giveaway Azzet: Makin Sehat dengan Ngeblog


Ngeblog banyak manfaatnya, itu pasti, sudah banyak yang mengakuinya. Bagaimana tidak, dengan ngeblog kita bisa saling berbagi cerita. Baik pengalaman, cita-cita dan mimpi, juga curhatan. Dengan aktif ngeblog kita juga bisa saling mengenal, menambah sahabat yang menghangatkan hati. Ada beragam acara yang diadakan sahabat maya diblognya, unik, seru dan tentu saja banyak hadiahnya *kalau menang atau beruntung. Alhamdulillah aku sudah merasakan sensai saat dapat bingkisan ataupun award dari para blogger. Yang selalu kuingat, jangan jadikan hadiah sebagai tujuan utama saat ngeblog. Pokoknya ngeblog saja dengan bahagia, itu yang membuat hati kita secerah mentari dan hari kita berwarna pelangi. Tak percaya? Buktikan sendiri  :D


Tapi jangan salah, ada juga lho yang setelah ngeblog jadi bete, kurang tidur, kerjaan terbengkalai, silaturahim ke tetangga di dunia nyata jadi langka. Dan ada beberapa keluhan lainnya yang masih dalam batas kewajaran sich sebenarnya, misal mata lelah atau berair. Maka untuk kondisi yang seperti ini, aku sarankan kegiatan ngeblognya dievaluasi lagi, ditinjau ulang sejenak. Mungkin ada yang kurang pas. Sebab sejatinya ngeblog itu justru bisa membuat kita makin sehat, asal benar cara pemanfaatan ngeblognya.

Maka menurutku yang baru ngeblog sejak akhir Mei 2010, tapi baru terlibat aktivitas BW sejak April 2011 ini sesungguhnya ngeblog itu adalah sarana efektif bagi kita agar makin sehat. Asalkan memperhatikan keseimbangan 3 potensi dasa yang kita miliki. Apa sajakah ketiga potensi dasar tersebut?


Potensi Fisik
Secara umum fisik kita perlu makanan seimbang juga minuman yang sehat. Maka saat ngeblog agar makin sehat kitapun tak boleh lupa makan dan tak boleh kurang minum. Selanjutnya mata tak boleh terlalu dekat dengan monitor, posisi duduk juga harus benar, tegak lurus, jangan membungkuk. Batasan jam ngeblog menurutku sangat relatif, yang penting istirahat kita tak sampai terganggu alias  jangan kurang tidur.

Dan ngeblog justru bisa membuat kita makin sehat secara fisik, karena dengan BW kita bisa mendapatkan sharing ilmu gizi seputar makanan, wisata kuliner dari dalam sampai luar negeri. Banyak rupa dan ragamnya. Sesekali memungkinkan lho untuk kita praktekkan resepnya di rumah.

Selanjutnya info kesehatan seputar pengalaman minum madu, herbal, tips untuk bugar bagi keluarga juga bisa kita dapatkan diblog para sahabat. Info sehat ini bisa kita dapatkan dengan gratis, tampa membayar jasa konsultasinya. Menyenangkan bukan?

Potensi Akal
Bagaimana cara menyehatkan akal kita, apakah kita harus selalu minum suplemen agar tak gampang pikun? Atau kita harus terus belajar mengejar gelar S sampai berjuluk Sang Profesor? Benar, akal yang sehat adalah yang selalu dipakai untuk belajar, karena dengan belajar otak kita menjadi aktif. Sehingga otak kita terstimulasi menyimpan memori dengan baik. Dengan ngeblog artinya kita terbiasa mencerna ulasan dalam banyak tulisan, kita juga terpacu untuk terus menuliskan apa yang ada dalam fikiran kita. Menulis itu bisa membuat kita terhindar dari kepikunan lho. Silakan dipraktekkan dan ceritakan hasilnya  :D

Bahkan kata Ali bin Abu Thalib, RA
"Ilmu itu ibarat kuda, dan menulis itu ibarat tali kekangnya. Maka ikatlah ilmu itu dengan menuliskannya". 

Jadi mari menulis dan teruslah menulis. Menulis diblog salah satu cara termudah yang bisa kita lakukan. 

Potensi Jiwa
Jiwa yang sehat adalah yang terbiasa berbagi, punya fikiran positif yang optimal dan pandai bersyukur. Dengan ngeblog kita dilatih untuk itu semua.

Saat membaca curhat sahabat yang sedang tertimpa musibah, lahirlah syukur dalam jiwa kita, selanjutnya kitapun juga bisa mendo'akan sahabat tersebut. Ach indahnya saling berbagi sayang lewat do'a-do'a kita yang mengangkasa. 

Saat ada sahabat yang sedang berbagi pengalaman, kita bisa diingatkan pada pengalaman kita sehingga kitapun terpanggil untuk ikut berbagi, ketok tular dalam berbuat baik, bahagianya. Saat ada sahabat yang sedang emosi kita upayakan tetap berprasangka baik, menghidupkan iklim untuk terus berfikiran positif, demi sehatnya jiwa kita.

Adalagi yang namanya potensi tambahan, sebut saja potensi finansial. Nach pada tingkatan profesional aktivitas ngeblog bisa diberdayakan untuk membangun kekuatan finansial. Banyak lho yang sudah memetik hasilnya, mereka yang sudah berhasil mendapatkan cring-cring dari ngeblog. Aku belum bisa membahas tentang ini lebih lanjut sebab belum berpengalaman, semoga dimasa mendatang akupun bisa memberdayakan potensiku finansial dengan ngeblog. Mohon do'anya  :D

Selanjutnya, ngebloglah dengan bijaksana dan suka cita. Ngebloglah dengan bahagia. Seimbang dalam semua hal. Terus menulis apasaja yang kita bisa tulis dengan tetap memperhatikan adab kepada sesama blogger. Dan agar makin besar manfaatnya, ngeblog dan menulislah dengan niat ibadah, semoga menjadi tabungan amal kebaikan kita kelak.

Ayo ngeblog dengan seimbang, agar makin sehat jiwa dan raga. Orang pintar itu banyak, tapi tak semuanya mau berbagi, atau bisa jadi suka berbagi tapi belum menemukan sarana untuk berbaginya. Adapun menurutku ngeblog adalah sarana efektif untuk berbagi. Kita sudah menemukanya. Maka teruslah berbagi dengan aktivitas ngeblog ini. 



Kumulai dari diri sendiri dan mengajak sahabat blogger semua untuk tetap ngeblog dengan sehat dan menyehatkan. Sehat untuk diri sendiri, dan berbagi sehat untuk yang lainnya. Syukuri bila bisa ikut menyehatkan sekitar kita.


"Orang pintar yang ingin sehat tak perlu minum obat penolak angin, cukup menulis saja. Ingin terus pintar dan sehat, maka teruslah menulis, dimanapun dan kapanpun, salah satunya dengan menulis di blog"

Satu lagi,  dalam ngeblog aku belajar dari air. Air yang sehat itu tak cukup dengan jernih saja. Tapi yang tak kalah penting air sehat itu tidak tergenang, sebab air yang tergenang bisa menyebabkan berkembangbiaknya jentik nyamuk sumber penyakit. Maka air sejernih apapun harus juga terus mengalir. Agar sehat dan menyehatkan. Begitu juga halnya dengan kita, kalau rajin membaca, sebaiknya lanjutkan dengan menulis. Bagilah ilmu dari yang kita baca. Karena dengan menulis artinya berbagi, kita bagai menjadi air yang mengalir, sehat dan menyehatkan. Semoga !!!

Tulisan ini diikutkan pada kontes Betapa Senangnya Ngeblog dan disponsori oleh Mahabbah.


21 komentar:

Mami Zidane mengatakan...

ngeblog juga bisa sebagai tempat berbagi ilmu ya mbak...

sukses GA nya ya mbak..dan selamat berpuasa...

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Iya, Mbak Yunda, dengan demikian mari kita ngeblog dengan bijaksana, suka cita, dan bahagia. Ohya, saya sudah membaca artikel di atas dan langsung saya DAFTAR. Makasih banyak ya, Mbak.

Bintang mengatakan...

Betul sekali Yunda, apapun yang kita lakukan dengan berlebihan, termasuk nge-blog...jadi bikin kita tidak sehat.Waktu di depan komputer jadi amat lama sehingga kita lupa untuk ngobrol-ngobrol dengan anggota keluarga...hehe, saya pernah mengalaminya lo, dan sungguh, mudah-mudahan tidak akan saya ulangi lagi...
:D

Selamat ikutan lomba Yunda, sukses ya, tulisannya lengkap banget, keren pula...

Bintang mengatakan...

Eh iya, selamat menunaikan ibadah puasa juga buat Yunda dan keluarga, mohon maaf lahir dan batin :)

Nia Angga mengatakan...

mantapppp.. semoga menang yaaa

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

banyak membaca, banyak menulis menyalurkan air yaa bunda biar gag ada jentik2 nyamuk nya :D

Tebak Ini Siapa mengatakan...

Setuju banget mbak... Apalagi part potensi akal itu. Jadi belajar banyak deh emang :D
Semoga menang yaa...

Sun mengatakan...

kalo lgi stres biasanya aku sembuh dg ngeblog. klik ini itu, komentar sana sini,, dijamin stresnya jd ilang...

Elsa mengatakan...

Hehehe... baru sadar, kalo ngeblog bikin sehat juga
setuju deh

Baby Dija mengatakan...

kalo Dija, ngeblog bisa bikin apa ya??

masih bingung

Santai Sejenak | Secangkir Teh Dan Sekerat Roti mengatakan...

mendaftarkan diri pada detik2 akhir. :)

tetap semangat!
ngeblognya.. :D

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

malam ini saya sedang minum obat nih mbak hehehe obat melepas lelah BW keblog teman2

Lozz Akbar mengatakan...

Pingin pinter? cobalah menjadi blogger.

pingin berotak kritis? cobalah belajar menulis.

Pingin makan? Nanti saja deh nunggu buka datang hahaha

saya dukung artikel ini berjaya Yunda

Kontraktor mengatakan...

ayo semangat ngeblognya.. hehe

Outbound Training Malang mengatakan...

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

srulz mengatakan...

Go Blog :D
blogwalking juga bisa bermanfa'at untuk kekuatan jemari bunda yun.. :D

Hany Von Gillern mengatakan...

aku memang gak kuat lama-lama duduk depan komputer mbak, jadi gak terlalu seru ngeblognya :)

ke2nai mengatakan...

ngeblog itu bikin kita bahagia mnrt sy.. dan org yg bahagia itu biasanya lebih sehat ya mbak.. :)

evi mengatakan...

Asyik, tulisan ini keluar sebagai pemenang. Selamat ya Mbak Keke, emang pantas jadi pemenang :)

Ila mengatakan...

slamat ya, mba keke. tulisannya menang nii :D

obat panas lambung mengatakan...

semoga menjadi informasi yang bermanfaat
salam kenal

NANGKRING.
obat tradisional lambung.
OBAT SAKIT GIGI ANAK .