Jumat, 12 Agustus 2011

Tips Sepulang Mudik

Yunda di Stasiun Kertapati, saat menjemput Datuk dan Jidah.
Membaca tulisan teman-teman di ADUK BlogCamp yang digelar Pakde Cholik kemarin tentang Tips Mudik sungguh mendatangkan banyak manfaat, beberapa sudah kualami. Karena tiap tahun aku selalu mudik menjelang lebaran. Dulu zaman sekolah dan kuliah, mudik ala anak kost yang jadi pilihan, naik kereta api. Solusi mudik yang paling irit bukan? Adapun tujuan mudikku adalah ke Kampung Halaman Blambangan Umpu, dan aku pernah cerita soal kota ini di Mulang Tiyuh.
  
Blambangan Umpu tempat aku dan keluarga Mudik Lebaran.

Blambangan Umpu, Way Kanan sangat berarti bagiku, disini aku dibesarkan, belajar banyak hal dan tempat merekam berbagai kenangan hidup. Ya...Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan adalah satu dari stasiun kenangan bagiku, yang akan abadi sebagai penyangga bagi lajunya perjalanan takdir hidupku berikutnya.
Blambangan Umpu ada jalur Kereta Api.  Gambar dari sini.
Sejak menikah tujuan mudikkupun tetap, hanya caranya yang berbeda. Karena beserta suami dan anak-anak, secara kemasan lebih komplet dan berwarna. Dan semua sudah dikupas tuntas kemarin di ADUK edisi Rabu 10 Ramadhan 1432 H, sayang aku tak bisa ikutan karena sedang ada gawe-an dijam tersebut.

Maka untuk mengobati rasa hati, hari ini aku ingin nulis sedikit tentang Tips Sepulang Mudik, jangan sampai karena bersemangatnya lebaran di Kampung Halaman dan tergesa-gesa pulang ke rantau lagi, kita lupa memperhatikan keselamatan, kenyamanan dan keamanan perjalanan BALIK (Arus Mudik 'kan lawannya arus Balik ya?) Dan inilah Tips Balik ala keluargaku, agar sepulang MUDIK kita tetap segar, bugar dan bisa tersenyum bahagia, cie...
  1. Pastikan hari kembali dari mudik bukan sehari sebelum masuk sekolah/kerja ,tapi minimal dua hari sebelum masuk sekolah/kerja lagi, sehingga ada kesempatan untuk beberesan, rapi-rapi dan istirahat.
  2. Usahakan bawa oleh-oleh semampu kita untuk tetangga/keluarga kita yang ada di Kota. Sehingga bisa dihidang saat ada tetangga/keluarga yang datang atau kita antar sambil bersilaturahmi dengan tetangga/keluarga. 
  3. Usahakan saat kita sampai di rumah lagi waktunya bukan tengah malam. Baiknya pagi/siang atau sore hari. Karena berdasarkan pengalamanku, rumah yang ditinggalkan selama beberapa hari banyak debu dan harus dibersihkan dulu sebelum kita beristirahat, so kalau malam kan rada berabe, terutama untuk yang punya anak kecil, demi kenyamanan dan kesehatan keluarga.
  4. Dan jangan lupa yang satu ini, pastikan kunci rumah tidak tertinggal. Meski bukan pengalaman pribadi tapi aku pernah dengar kejadian yang model begini. Pasti bikin heboh lho, nggak percaya? Buktikan sendiri, hehiiiiii... 
Okelah kalau begitu... selamat menjalankan ibadah Ramadhan, semoga optimal. Ini Ramadhan hari ke-12 ya ;) Persiapan Mudik jangan sampai mengurangi optimalisasi ibadah Ramadhan kita, semoga keberkahan Ramadhan dan kemenangan setelahnya menjadi milik kita semua. Aamiin YRA

6 komentar:

Tarry KittyHolic mengatakan...

Ibu2 kayanya lbh pinter ngatur yg beginian kayanya xixixi
Met nyiapin buka puasa mbak yunda

ketty husnia mengatakan...

kunci rumah jangan tertiggal??
ya ampun ini sih pengalaman adik iparku. masak mudik ke surabaya ga bawa kunci rumahnya kan berabe tuh..untung ada jasa pos..:0

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
nah ini Bu Yunda tepat sekali cocok karena saya mau mudik dan sangat tepat hehehe kok jadi rancu ya komentar saya
terima kasih salam dari Cina

srrriii mengatakan...

nice tips.
hmmm, poin 2 setuju bgt.
perasaan jadi nggak enak kalo mudik ga bawa oleh2.
gimanaaaaaa gituuuu. hhe :p

Yunda Hamasah mengatakan...

Mbak Tarry, Mbak Kania, Mbak Dhana dan Mbak Sri:
Terima Kasih sudah bersilaturrahim kemari, semoga makin barokah ya...

Lyliana Thia mengatakan...

Mbak Keke... ^_^
Apa kabar...?
Ah, aku jarang mudik, paling waktu ptt dlu...
Gak punya tips tapi ada cerita...
Jd ingin share jg..

Mbak, oot... Aku ingin tanya2 seputar bekam & herbal utk asma.. Aku kirim message di fb via hp, tp kayaknya gak nyampe ya..? Ntar kucoba lg deh... Makasih yah Mbak Keke..