Selasa, 02 Agustus 2011

Jelang Ramadhan di Rumah Yai-Nyai

3 Pasang Pengantin Cilik ala Genk Sepupu.
Amboi fosenya Nak, bikin geeerr asli gelii ;)
Sabtu 30 Juli yang lalu ada acara syukuran gado-gado di rumah Yai-Nyai. Kusebut gado-gado karena memang dalam rangka mensyukuri banyak nikmat yang Allah limpahkan untuk kami sekeluarga.

Pertama: Tanggal 29 Juninya Nyai Sundari tepat 62 tahun, tak ada tradisi ulang tahun sebenarnya dalam keluarga kami, tapi Nyai ingin membuat sedikit jamuan makan siang untuk para tetangga dan keluarga, ditambah 2 hari lagi Ramadhan jadi tak salahlah kalau Nyai sangat antusias, senangnya dikarunia umur untuk jumpa Ramadhan lagi, anggap saja acara menyambut Ramadhan.

Kedua: Tanggal 5 Agustus nanti Yai-Nyai, Abi, Datuk-Jidah juga Wak Lela (Ayuknya Abi) rencananya mau berangkat Umrah. Jadi acara ini juga diniatkan untuk mohon doa dari para keluarga, kerabat dan jiran tetangga agar lancar serta barokah. Banyak tetangga juga keluarga yang bertanya langsung mengapa aku tak ikut? Jawabnya ya karena aku mengalokasikan jatah kursiku untuk Jidah agar bisa berangkat menggantikanku umrah, sedangkan Datuk tadinya sempat membuat aku dan suami ketar-ketir juga, uang kami tak cukup, menelfon adik-adik untuk urun rembuk ternyata juga sedang banyak keperluan lain yang mendesak, jadilah kami sempat kebingungan karena Jidah tak mau berangkat tampa Datuk. Tapi Subhanallah, diwaktu-waktu akhir kami dapat rezky yang tak disangka-sangka hingga akhirnya ongkos umrah Datuk tercukupi. Alhamdulillah, terima kasih ya Allah...
Awalnya begini, Yai-Nyai berangkat haji tahun 1993, artinya sudah 18 tahun berlalu, jadi saat berkesempatan umrah, mereka tak berani berangkat hanya berdua saja, jadi ngajak Abi juga aku dan Wak Lela. Tapi karena aku teringat kedua orangtuaku yang belum berkesempatan haji, masih antri, makanya aku minta suamiku untuk mengalihkan jatahku untuk Jidah, begitulah. Sungguh benar janji Allah kalau niat kita sudah benar dan kuat, melangkah saja, soal kekurangannya Allah yang akan mencukupi, yakinlah...Ini baru umrah apalagi haji, daftar saja dulu, soal duit yang masih kurang itu bukan masalah, karena Allah saja yang akan mencukupinya. Yakin dan luruskan niat kita. Insya Allah jalan ke Baitullah akan terbuka lebar. Aamiin YRA

Ketiga: Sehubungan dengan dikhitannya Hamas tepat pada tanggal 30 Juni yang lalu, maka 2 orang sepupunya yaitu Abang Wahyu (kelas 3 SD) dan Abang Ridho (Kelas 2 SD) ditawari Yai-Nyai untuk dikhitan juga, mereka mau tapi syaratnya dikasih hadiah, weeewww...biasa khas anak-anak, tapi ada yang tak biasa, mereka ingin jadi pengantin sunat, hehe... maksudnya didandani ala pengantin cilik. Akhirnya Yai Nyai setuju, selang 2 pekan setelah Hamas dikhitan, Abang berdua juga dikhitan. Maka akhirnya dalam cara syukuran ini, tampillah 3 pasang pengantin cilik. Yang khitan Hamas, Abang Wahyu dan Abang Ridho. Sedangkan pengantin pendampingnya adalah Yunda, Aisyah dan Anisa (Ini sepupu Yunda yang juga kelas 3 SD) Kebayangkan seru dan hebohnya, terutama yang pengantin sunatnya, baru sebentar langsung melorot satu persatu, kegerahan, qiqiiii....

Trio Pengantin Sunat, Abang Yu, Akang Hamas dan Abang Dho.
Masih banyak tamu masih aja riuh...
Baju pengantinya minta dilepas, gerah euy...
Keempat: Syukuran atas kelulusan Ami Iman (Adik Abinya Hamas yang bungsu) di Fakultas Hukum UNSRI. Pokoknya komplite dech paket syukuran kalee ini. Suka cita menyambut Ramadhan juga terasa mewarnai.

Terima Kasih atas kehadiranmu ananda dari Ar-Rahim.
Semoga menambah keberkahan.
Happy Ramadhan Mubarak...
Undangan yang hadir adalah para tetangga dekat, keluarga besar Yai-Nyai, kerabat dan handai-taulan dan anak-anak yatim dari Panti Asuhan Ar-Rahim. Terima Kasih atas kehadiran dan do'a dari semuanya. 
~ Sebuah Catatan yang Tertunda ~

7 komentar:

Abdul Cholik mengatakan...

Mensyukuri nikmat Allah Swt memang banyak jalannya.Dengan bersyukur Insya Allah nikmat akan terus bertambah.

Selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin.
Salam hangat dari Surabaya

Lyliana Thia mengatakan...

acaranya unik yah Mbak... ini emang tradisi kah?
yg foto atas itu Yunda yah? kirain cewek aja... ternyata akang Hamas juga didandani yah...
heboh deh... hehee:P

Happy Ramadhan Mubarak juga mBak Keke :-)

Yunda Hamasah mengatakan...

Pak De:
Wach ada Pakde datang berkunjung, terima kasih ya... Met Puasa juga, mohon maaf lahir dan batin ;)

Salam juga untuk keluarga dari kami di Palembang.

Tia:
Iya Tia, itu ada 3 pasang pengantin cilik, termasuk Yunda(kiri) dan Akang(tengah), ya kayaknya emang tradisi orang Palembang ya Tia, unik ya? He ehh...
Vania apa khabar puasanya?

Bunda Loving mengatakan...

keren ya acara nya...
Insya Allah lebaran nanti kami ke palembang, sekalian hadiri iparku nikah..semoga kita dpt bertemu Yu' yunda...

dey mengatakan...

warna warni baju pengantin ciliknya meriah, khas sumatera banget ..

Senang ya mbak, banyak berkah ...

IbuDini mengatakan...

Ini sudah tradisi setiap tahun atau gimana Yun.

acaranya bagus dan pasti ramai sekali

IBU ENDANG WULANDARI mengatakan...

assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus