Sabtu, 13 Agustus 2011

Hari ke-13 Ramadhan

Ramadhan mulai memasuki pertengahannya, 3 hari sudah di 10 hari kedua. Aku masih sering dikejar waktu yang seolah semakin cepat berlalu. Alhamdulillah... meski Abinya anak-anak belum dirumah, tapi anak-anak tetap semangat puasa dan tarawehnya. Kemarin, Jum'at adalah hari terakhir mereka masuk sekolah di SIT Bina Ilmi. Selanjutnya Senin ada aneka lomba yang dikemas dalam acara yang berjudul Ramadhan Ceria, Selasanya Baksos Ramadhan dan Rabu ada buka puasa bersama. Kamis mulai libur dech... asyik bisa fokus di rumah dan persiapan untuk 10 hari terakhir, berburu keberkahan diwaktu yang utama.

Ini satu iklan favoriteku dari sebuah buletin dakwah YARHAM, yang kudapat tahun lalu di SIT Bina Ilmi :
" Jangan lewatkan kesempatan BIG SALE, 
Obral besar-besaran pahala tiada tandingan, 
Diskon ampunan dipotong sampai 99 %
Ramadhan t'lah datang
Selama 1 bulan penuh rahmah dan berkah
Siapkan do'a sekarang juga
Jangan ketinggalan sholat malam dan baca Al Qur'an
Kumpulkan point amalan anda
Sunnah disamakan dengan wajib
Yang Wajibnya berlipat ganda
Juga nantikan bonus tak terduga diakhir bulan
Siapa tahu anda berhak mendapat door prize : Lailatul Qadar
Ayo kita beramai-ramai menghidupkan Ramadhan "

Ramadhannya Yunda
Sampai hari ini, Yunda terbilang sucses dengan aktivitas Ramadhannya.

Aksi Yunda menunggu berbuka,
menikmati senja dengan manjat pager.
Puasa full, tadarus oke, taraweh juga semangat. Siangnya juga tenang nyaris tampa keluhan. Buka juga sudah mulai bisa mengelola sendiri konsumsi makanan seimbang. Kalau minum es buah juga sudah bisa besih, dulu cuma minum airnya saja sementara buahnya ditinggal ;(  Hanya sahur yang  masih harus dibujuk, mesti dimotivasi terus, makannya ogah-ogahan jadi kadang harus tambah aksi suap-menyuap. Begitulah...tapi syukurnya saat subuh sudah seger buger, jadi bisa ikut sholat berjama'ah. mikian serangkaian kemajuan pesat Yunda Ramadan kali ini,  saat kelas 3 SD diusianya yang menjelang 8 tahun. Alhamdulillah...

Ramadhannya Akang Hamas
Alhamdulillah...  ini pengalaman puasa ke 2 bagi Akang Hamas, waktu TK B sudah pernah ikutan full puasa juga, walau cuma dapat 3 hari. Ramadhan ini Hamas semangat sekali ikutan sahurnya.
Akang Hamas sesaat setelah kubekam kemarin, tetap senyum walau tampak pucat.
Tapi bukanya yang suka kurang kontrol, akibatnya terlalu banyak minum, so makannya jadi jauh berkurang. Taraweh sudah 4 hari ini tidak ikut lagi, karena mulai terserang batuk. Sepertinya batuk alerginya mulai unjuk gigi. Tapi syukurnya masih kuat puasa. Kamis puncaknya sehabis buka batuknya makin merajalela, saat tidurpun sering terbangun karena uhuk-uhuk, samar sekali mulai ada bunyi tambahan didesahnya, ya aku mulai sadar ada sedikit suara wheezing atau mengi dihelaan nafasnya.  Ya Robb, Ashtma Akang Hamas kambuh...kenapa aku agak kaget ya, mungkin karena setelah sekian lama tak kambuh ya? Tapi mestinya aku tetap harus siaga sejak batuk menyergapnya di Senin pagi ba'da sahur awal pekan kemarin. Kondisi berpuasa tentu asupan minum berkurang, asupan gizi selama sahur dan berbuka yang tak seimbang. Ach...mestinya aku lebih tanggap, sebaiknya sejak hari itu Akang tak kuizinkan untuk ikut berpuasa, imun ananda belum sesempurna orang dewasa, jadi harus ada cara yang lebih kuat menopangnya.

Abang Daffa datang menghibur, Akangpun merasa senang ;)
Ya ya...mestinya aku lebih cepat tersadar hingga tak gagap seperti malam kemarin. Akhirnya Kamis malam Jum'at aku terpaksa memberinya therapy Ashtma, syukurnya masih bisa ditanggulangi di rumah saja. Dan saat Akang Hamas bangun untuk ikut sahur, aku bujuk agar ia tak ikut berpuasa dulu karena harus minum obat. Dan hari ini sudah 2 hari si Akang tidak puasa, batuknya masih unggul tapi tidak lagi disertai dengan nafas tersengal. Jadi masih bisa sekolah pagi Jum'at kemarin.  

Syafakallah ya Nak...semoga saat besok Abimu dan rombongan datang dirimu sudah sehat dan segar bugar lagi. Aamiin...Pssttt, tapi siang ini Akang malah asyik bermain tampa keluhan, ya asthmanya memang suka begitu, menjelang sore baru tampak tanda-tandanya, hingga suka bikin suasana malam jadi kelabu, hikkssszz....

Apapun, agenda ibadah Ramadhan harus tetap yang nomor satu, agar kita termasuk orang-orang yang beruntung. Aamiin YRA


6 komentar:

R. Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Semoga kita mendapatkan keajaiban yang terkandung dibulan Ramadhan ini yang telah dijanjikan oleh Allah kepada umat Nya.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Lyliana Thia mengatakan...

Ya Allah... Akang juga Mbak...?
Semoga cepet sehat ya Akang...

Mbak Keke terapi bekam sendiri dirumah...?
Aku masih asing dgn bekam Mbak.. Blm pernah dibekam jg...

Jd ingin ketemu sama Mbak Keke... :-D

Sehat selalu buat Akang dan Yunda :-) dan Ummi Abi nya jg... Amin YRA...

kumpulan puisi mengatakan...

Ramadhan yang penuh janji berlipat untuk kebaikan,,.
semoga kita dapatkan berkah itu.. Amiin,.

Baha Andes mengatakan...

Amin...

Moga kita dimudahkan, diberi kekuatan dan kesehatan untuk memaksimalkan ibadah kita ya bun.

Yunda Hamasah mengatakan...

Pak Indra, Andes:
Aamiin YRA.
Terima Kasih atas silaturrahimnya...

Yunda Hamasah mengatakan...

Cikal;
Aamiin YRA...
Thank's Kunjungannya ya...

Tia:
Tia apa khabar? Pesan diinboxnya baru kubuka, maafkan ya ;)
Dach sehat kan? Hamas juga sudah baikan, batuknya dah jarang-jarang.

Yuk ketemuan ;)