Rabu, 06 Juli 2011

Ragam Wisata Kuliner Khas Palembang

AMPERA den Sungai Musi, ciri khas Kota Palembang.
Palembang bukan saja identik dengan Sungai Musi dan jembatan AMPERA, tapi sekaligus sangat terkenal dengan julukan Kota Pempek. Ini menggambarkan bahwa wisata kuliner di Palembang memang khas bahkan sudah menjadi icon daerah. Dan memang untuk urusan wisata kuliner khas daerah, Palembang termasuk rajanya. Pempek saja sudah beraneka ragam. Dari pempek lenjer, pempek adaan, pempek kulit, pempek isi sampai pempek jumbo yang disebut kapal selam semuanya ada di Palembang. Nama yang hebat bukan? Kapal selam kok dimakan. Dulu awal tinggal di Palembang, ada anekdot yang  membuat geli. Habibie pandai membuat kapal terbang, sedangkan Habibah pandai membuat kapal selam.

Inilah yang dinamakan Kapal Selam.
Sebenarnya Pempek yang ukurannya jumbo.

Jenis Pempek yang dibungkus lalu dipanggang.
Lezatnya bikin ketagihan.
Pempek Kulit, dari kulit ikan.
Bukan kulit yang lain.
Pempek Adaan.
Ini juga rasanya khas, cocok dilidah enak diperut.
Itu baru cerita seputar pempek saja, padahal bukan hanya pempek yang menjadi andalan, banyak jenis wisata kuliner yang sangat menggiurkan ada di Palembang.  Ada celimpungan, model, tekwan, otak-otak, lenggang, juga Martabak HAR. Semua wisata kuliner ini bisa didapatkan dengan mudah di Palembang. Dari wisata kuliner kelas restoran besar, warung kaki lima sampai gerobak dorong. Tinggal pilih sesuai isi dompet masing-masing.  

Wisata Kuliner keliling kota, paling merakyat.
Soal rasa tetap bisa diandalkan.
Belum lagi wisata kuliner yang berupa lauk makan, ada rupa-rupa pindang yang memanjakan lidah. Pindang Pegagan, pindang Besemah, pindang Meranjat, pindang Sekayu dan pindang Batun yang berasal dari daerah-daerah yang ada di Palembang. Jenis pindang ini mempunya ciri khas masing-masing, ada pindang yang dicampur terasi, ada yang dominan kuning dan ada juga yang menonjol dalam rasa asam manisnya. Pokoknya wisata kuliner yang kaya rasa. Ikan yang dibuat pindangpun ada juga yang paling khas yaitu ikan Belida atau ikan Baung. 

Pindang Pegagan, Kepala Baung. Lezatnya asam pedas.
Ada juga ragam kerupuk kemplang yang terkenal berasal dari Palembang. Wisata kuliner yang berupa makanan ringan ini paling mudah didapat hampir diseluruh daerah di Indonesia. Bahkan yang jelas-jelas dibuat di Lampung juga dinamakan kerupuk Palembang. Menang merk, numpang tenar. Sama halnya dengan telur mata sapi, ayam yang punya telur, sapi yang dapat nama. 

Demikianlah ragam wisata kuliner khas daerah Palembang yang bisa dicicipi saat berkunjung ke Kota kami, Palembang. Dan artikel tentang Wisata Kuliner ini aku persembahkan untuk memeriahkan acara Wisata Kuliner ADUK  yang diselenggarakan PakDe Cholik, semoga jadi rujukan bagi para sahabat blogger yang ingin berkunjung ke Palembang, apalagi bulan November 2011 nanti ada ajang kompetisi olahraga bertajuk SEA GAMES ke 26.

14 komentar:

mabrurisirampog mengatakan...

empek2 palembang,, kangen sama makanan ini bu.. mbok ya dilempar ke sini.. :D

Claude C Kenni mengatakan...

Haiyah, jadi ngiler, pengen nyoba masakan Palembang...=)

Pakde Cholik mengatakan...

Saya telah membaca artikel anda dengan cermat
Langsung saya catat
Terima kasih atas partisipasi sahabat
Dari Surabaya saya kirim salam hangat

Lyliana Thia mengatakan...

Wah Mba Kekee... Wisata kuliner Palembang emang enak2 Mba... pindah ikan Belida kemarin dibawain suami... pas banget... karena rendah kolesterol yah Mba...

Ada olok2 bahwa kabarnya pempek jd kambing hitam orang Palembang banyak lubang di giginya... Dan kabarnya lagi disana drg laku keras yah Mba...? Ahahaha....

Semoga sukses di acara nya Pakde yah Mba... ^_^

sanisans mengatakan...

Jadi ngiler ini liat artikel ini, pengen langsung meluncur ke rumah ortu di palembang dari Bekasi

dey mengatakan...

gara2 postingan ini, tadi siang langsung cari mpek2 .. :D

Susindra mengatakan...

Hmm... lapaaaarr.....
Ga bisa bayangin kelezatannya. Dulu waktu masih tinggal di rumah ibu, sukaaaa beli empek2. tapi empek2 murmer ala abang penjual keliling. Cukonya itu loh yang sueger sekali. Asem manis. Hmmm

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

ada juga yg namanya pistel..enak lho..

kiraitomy mengatakan...

pesen yg kapal selam ya buk, cepetan gak pakek lama. hohohoho :)

Elfira Arisanti mengatakan...

aduh ngiler banget jadinya hihi

kenia huwada mengatakan...

aih2,...siapa yg tak suka dg empek2..
aku mauuuuuuu mbak, ngiler deh liat penampilan gambarnya..:)
maaf ya mbak, br sempat jalan2 kesini lagi..

Yunda Hamasah mengatakan...

All:
Terima Kasih sudah berkunjung dan semoga ngilernya mengantarkan sahabat semua bisa berkunjung ke Palembang ya...

Salam Kuliner dari tepian Musi;)

Baha Andes mengatakan...

Selamat ya.... telah menang dalam ADUKnya PakDe.

bisnis tiket pesawat mengatakan...

wisata kuliner di palembang,,
mestinya empek2 yang laris manis diserbu,,
dengan kelezatan rasa ikan tenggiri yang terasa,,
serta kuah yang pedas asam,,
bikin lidah menari2,,
he