Minggu, 03 Juli 2011

Hari Keluarga di Palembang

Momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) pada 29 Juni 2011 dimanfaatkan oleh Partai Keadilan Sejahtera untuk meluncurkan Rumah Keluarga Indonesia. Mendukung program pemerintah itu, PKS menjadikan Harganas sebagai Hari Keluarga Kader dan memprioritaskan satu hari tersebut untuk melakukan kegiatan bersama keluarga. 


Dan inilah liputannya, Peringatan Hari Keluarga sekaligus Lounching Rumah Keluarga Indonesia di Palembang. Diawali dengan rasa syukur yang begitu besar, hari ini kami sekeluarga bisa meluangkan waktu khusus untuk mengikuti serangkaian acara yang sudah sejak jauh-jauh hari disiapkan oleh panitia. Walau ada suara tak jelas yang terdengar, sekarang Pe Ka eS ya Bu? Haallahh...yang bener saja, Abinya anak-anak yang punya kerjaan, masak aku tak ikut. Agap saja sedang jadi Ibu Darmawanita, atau semacam Ibu Persit gitcu, mosok ora oleh tho...

Acara dipusatkan di Situs Purbakala, bahkan digabung dengan pelaksanaan "Jambore Anak Muslim" sebagai suatu bentuk mengisi liburan ceria untuk banyak keluarga yang tak bisa rekreasi ke luar kota. 


Gerbang Taman Purbakala, lokasi ini juga menyatu dengan Museum Purbakala Kerajaan Sriwijaya.

Jambore dulu ya...mumpung liburan ;)
Agenda yang dirancang sejak pukul 06.00 s/d 17.00 WIB ini luar biasa serunya, bahkan berhasil menghadirkan beberapa keluarga dari Kabupaten Lubuk Linggau, Sekayu, Prabumulih juga OKI. Para keluarga Ustadzpun datang dengan pasukan lengkapnya. Sempat membuatku tertegun, wach ternyata banyak yang sudah bujang gadis ya para ponakan, ehmm...berasa makin berumur :) 
 
Kami sekeluarga datang lewat pukul 06.00 WIB, masih tergolong yang datang duluan, sempat foto-foto ditengah sejuknya udara pagi. Langsung ikut senam bersama seluruh keluarga yang hadir. Lumayan berkeringat.

Aksi keluarga, mumpung masih rapi.
Ada episode Keluarga berbagi Cerita, menampilkan Ustadz Iqbal Ramzi (Wakil Ketua DPRD Prop. Sumatera Selatan) dan Ustadz Slamet beserta keluarga. Cerita perjalanan kedua keluarga membagi waktu antara tugas luar dengan pendidikan anak, lengkap dengan suka dukanya. Saat ini istri Ust. Iqbal sedang hamil anak ke 6, dan sempat terdengar sebenarnya sedang agak mabok karena hamil muda, tapi bela-belain hadir. Dan aku makin menyadari, bahwa aku memang harus banyak belajar. 


Dua keluarga yang bisa dijadikan panutan. 
Keluarga Ustadz Iqbal dan Keluarga Ust. Slamet dengan 9 anak.
Ada banyak pentas seni budaya oleh para anak, kreatif dan sangat menghibur. Selanjutnya pengumuman lomba, karena sejak sepekan sebelumnya memang sudah diadakan serangkaian lomba dari lomba reporter cilik, catatan di facebook, foto aku dan Ayah, artikel Pe Ka eS dimataku, curhat dan menulis surat. Ini salah satunya pentas drama, persembahan dari Dapil 5, Rajo yang Bijaksana judulnya. Ada Kak Zaki lho, itu sepupu tertua Hamas yang sekarang naik kelas VI SDIT Bina Ilmi.

Pentas Drama yang mengundang senyum ;) 
Kak Zaki jadi pangeran ke 4, yang mewarisi tahta kerajaan.
Ada lomba kreatifitas keluarga dari barang bekas, yang sebelumnya sudah disampaikan untuk membawa bahannya masing-masing. Kami sekeluarga ikut dalam event ini, membuat peti harta karun atau kotak mainan anak dari kardus bekas. Tidak menang sich, tapi senang bisa ikutan, terlebih Yunda dan Akang antusias membantu dalam pembuatannya. 

Siangpun hadir, diisi dengan acara ISHOMA, istirahat-sholat-makan. Selanjutnya adalah acara jambore anak diisi dengan berbagai lomba dan out bond, juga ada beberapa lomba antar keluarga, yang tujuannya menjalin kerjasama keluarga. Ustadz Imam Mansyur (Ketua DPW Pe Ka eS) sekeluargapun tak mau kalah ambil bagian, inilah aksinya difinal lomba Abi-Ummi dan anak usia TK, hebat juara 3.

Keluarga Ustadz Imam Mansyur, istri dalam kondisi hamil anak ke 4. 
Istri beliau ini juga seniorku yang sekarang residen PDL. 
Subhanallah... 

Dan saksikanlah aksi seru Yunda dan Akang yang ikut serangkaian lomba. Heboh pokoke. Inilah liburan ceria yang sesungguhnya.

Akang termasuk peserta terkecil dalam Jambore kali ini.

Menang kalah, bukan masalah, yang penting happy.
Ayo Kang, maju terus. Keep Hamasah...
Yunda dkk, lomba mengasah konsentrasi dan membina kerjasama.
Sebenarnya banyak lagi rangkaian lomba lainnya, foto-foto Akang apalagi, lengkap, sampai baru nyadar Yunda hampir terlewat untuk diliput. 

Judulnya: Agak mejeng dikit, hiii...
Yunda dan Abi, senyum cerah menatap masa depan, ehem...
Maka biar sama ramee, kupajang juga foto imut Yunda bersama Ummi dan juga bareng Abi di hari keluarga yang tak akan terlupakan ini. Padahal tinggal bilang kok kalau mau narsis dulu, hehe...

Namun apalah bahasa yang tepat, jujur aku menemukan taburan mutiara berharga disini, kesan yang sangat mendalam.  
Keluargaku Inspirasiku
Keluargaku ladang amalku. 
Harta yang paling berharga adalah keluarga. 
Semua kalimat tersebut, memotivasiku untuk selalu menjadikan setiap hari adalah hari terbaik dan terindahku bersama keluarga.

~ Sebuah Catatan Liburan yang tertundA ~ 

10 komentar:

Baha Andes mengatakan...

secara pribadi saya juga salut ama PKS dalam melakukan kaderisasi. Seperti di Malaysia banyak yang melakukan kaderisasi dengan disisipi dakwah.

oya kegiatannya yaitu tariah atau liqo yang biasanya dilakukan 1 minggu sekali.

Arief Bayoe Sapoetra mengatakan...

Wah acaranya seru banget, kata-kata yang indah,
Keluargaku Inspirasiku.
Keluargaku ladang amalku.
Harta yang paling berharga adalah keluarga.

Yunda Hamasah mengatakan...

Wach jadi ingin ke Malaysia? Apalagi ke Perlis khabarnya disana ada Radix FC ya, KFC yang herbal ;) Semoga dalam waktu dekat bisa kesana...

Kayaknya akan segera bergabung juga ya? Marii...

Yunda Hamasah mengatakan...

Bayu:
Iya seru abizz...

Salam untuk keluarga dan terima kasih sudah berkunjung ;)

R. Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Wah... acara seru banget. Dapat menambah hangat silaturahmi antar keluarga kader untuk membangun komunikasi aktif. Sukses buat acaranya Mba

Salam
Ejawantah's Blog

Yunda Hamasah mengatakan...

Pak Indra:
Terima Kasih sudah berkunjung, sama-sama semoga sucses selalu...

Lyliana Thia mengatakan...

Haduuuh susahnya Mba komen di blogspot pake hp... sepagian berusaha gak bisa2 hihihi...

Mbaaa.... seneng banget liat foto2 ini... cerminan keluarga bahagia banget deh ih... Subhanallah yah PKS kreatif bikin acara spt ini saat liburan anak2....

Btw, kmrn AKang dikhitan ya? Skrg udah sembuh sepertinya ^_^
semoga tambah pintar dan menjadi anak sholeh kelak... amin...

Selamat berlibur utk Yundah dan Akang ya... ^_^

Yunda Hamasah mengatakan...

Hebat kalu bisa lewat Hp Tia, kalau aku malah nggak pernah bisa lho...

Iya Tia acara yang pas untuk liburan anak-anak, kreatif kan?

Aamiin makasih ya dah dido'akan, sudah hampir sembuh, itupun dah ikut main kejalan walau masih pake sarung, hiii...

salam liburan juga buat dedek Vania ;)

sanisans mengatakan...

Salam Dari PKS Bekasi

Yunda Hamasah mengatakan...

Salam juga ;)