Jumat, 19 Oktober 2012

Alasan Cuci Tangan Pakai Sabun

Di Indonesia penyakit cacingan tersebar luas di pedesaan dan di perkotaan dengan prevalensi semua umur 40%-60% dan murid SD 60-80%. Survei Depkes RI di 10 propinsi di Indonesia menemukan prevalensi kecacingan di Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2003 (85,8%) dan tahun 2005 (51,4%) lebih tinggi dari kabupaten lain.

Angka infeksi kecacingan tinggi dipengaruhi oleh kebersihan diri, sanitasi lingkungan dan kebiasaan penduduk. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan perilaku cuci tangan pakai sabun dengan kejadian kecacingan pada murid SD Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian dengan desain cross sectional ini menggunakan data sekunder hasil survei kecacingan Depkes RI tahun 2005, jumlah sampel 257 orang.

Diagnosis penyakit kecacingan ditegakkan berdasarkan pemeriksaan telur cacing pada tinja dengan metode Katto-Katz. Hasil penelitian menunjukkan perilaku cuci tangan memakai air dan sabun sebelum makan terbukti berhubungan bermakna dengan kejadian kecacingan (OR=2,35, 95% CI=1,40-3,94), variabel lain yang berhubungan bermakna adalah perilaku BAB tidak dijamban dengan nilai OR = 2,64 (95%CI=1,46-4,77) dan perilaku jajan bukan di warung sekolah (OR =1,96; 95% CI=1,06-3,65).

Untuk itulah mengapa murid SD, anak-anak dan masyarakat disarankan mencuci tangan sebelum makan dengan air dan sabun. Bukankah penyuluhan kesehatan untuk peningkatan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) pada anak-anak dan kita semua lebih penting daripada mengobati bila sudah terlanjur terjadi penyakit?

Ini cara mencuci tangan pakai sabun yang baik dan benar, *Ooya stikers atau poster serupa ini banyak di Puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan lho, pernah lihat kan?

Mudah ya...

Harus mudah dong, sebab program ini diharapkan bisa dilakukan oleh anak-anak tampa bantuan orang lain. Bila belum, ayo kita ajarkan anak-anak kita dirumah :)

Sampai saat ini ternyata bukan hanya anak-anak saja yang malas untuk mencuci tangan, sebagian besar orang dewasa juga masih sulit untuk membiasakan diri untuk mencuci tangannya. Karena itulah kampanye pentingmya mencuci tangan melalui media kepada masyarakat luas harus terus di lakukan.


Padahal bibit penyakit biasanya masuk ke tubuh kita melalui 2 jalan. Yang pertama adalah melalui tangan dan satu lagi melalui hidung. Dengan mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun secara rutin maka secara otomatis tubuh kita akan terlindung dari bibit penyakit yang masuk melalui tangan.

Berikut adalah 5 fakta pentingnya melakukan cuci tangan dengan memakai sabun:
  1. Mencuci tangan dengan menggunakan air saja tidak cukup karena lemak dan kotoran masih menempel di tangan.
  2. Mencuci tangan dengan memakai sabun selain menghilangkan lemak dan kotoran yang menempel ditangan juga akan mencegah timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, seperti radang tenggorokan, masalah saluran pernafasan, disentri, diare, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, jerawat, bau badan, dan tipus.
  3. Setelah ke jamban dan sebelum menyentuh makanan (sebelum mengolah atau memakan makanan) adalah saat-saat yang sangat penting untuk mencuci tangan dengan memakai sabun karena dapat menghilangkan kuman yang menempel ditangan.
  4. Membiasakan diri mencuci tangan dengan memakai sabun adalah kegiatan preventif yang paling murah dan efektif dan dapat mengurangi biaya pengobatan kesehatan kita.
  5.  Kebiasaan cuci tangan pakai sabun sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan karena penyakit yang disebabkan oleh kuman seperti diare seringkali membuat para siswa tidak masuk sekolah. Salah satu penelitian yang dilakukan diluar negeri menunjukkan membiasakan cuci tangan pakai sabun bisa mengurangi absesi sekolah sekitar 42 persen.
Dan melalui Facebook, Lifebuoy mengajak kita semua untuk mendukung gerakan cuci tangan pakai sabun ini. Untuk setiap pledge/like di Lifebuoy Facebook berarti Anda sudah menyumbang Rp 1000 untuk donasi fasilitas cuci tangan di sekolah yang kurang mampu. Selain itu Lifebuoy juga memberi kesempatan untuk Anda mengikuti program perbaikan fasilitas cuci tangan di sekolah-sekolah di Indonesia yang akan diselenggarakan pada 15 Oktober 2012. Sudah lewat, tapi tak ada kata terlambat, untuk melakukan satu kebiasaan baik.

Sudah ikutan nge-LIKE? 

21 komentar:

Mugniar mengatakan...

Ihhiy pertamax lagi (hehehe senangnya kalo jadi komentator pertama soalnya jarang siih)

Jempol deh buat Lifebuoy, programnya keren. Kapan di sekolah anak saya dikasih begitu ya ...
*titip salam buat Lifebuoy*

Mugniar mengatakan...

Ihhiy pertamax lagi (hehehe senangnya kalo jadi komentator pertama soalnya jarang siih)

Jempol deh buat Lifebuoy, programnya keren. Kapan di sekolah anak saya dikasih begitu ya ...
*titip salam buat Lifebuoy*

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

kayak iklan nya lifebouy persis yaa bunda, eeh ternyata banyak banget yaa bund manfaatnya, kadang udah gede gini males cuci tangan sebelum makan :D

Sun mengatakan...

kalo d rumh, msh bs di ingatkan, tp pas lg d luar rumah (misal skolah) sush ngontrol ank2 utk cuci tangan...

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

Allhamdulillah disekolahnya pascal ada fasilitas tempat cuci tangan mbak dipisah dibagian perempuan dan laki-laki. ditiap kelas juga disediakan sabun cuci tangan

timbangan digital mengatakan...

ehhhmmm memang cuci tangan harus dilakukan setiap hari

weather station mengatakan...

cuci tangan pencegahan kita untuk cacingan, nice article ya

Tarry KittyHolic mengatakan...

Saya belum ngelike mbak :).
Saya juga kurang rajin cuci tangan, berati harus mulai belajar dari sekarang nich biar terhindar dari kuman2 jahat :)

nicamperenique mengatakan...

aku aja yg udah setua ini blom disiplin lho soal cuci tangan hahaha tapi ke para ponakan ya mewajibkan xixixi

ettyzweisibungsu mengatakan...

Hal sepele tapi besar manfaatnya ya bun.. Alhamdulillah saya selalu ingat untuk cuci tangan..

monda mengatakan...

kalau baru nyampe dari mana2, aku tuh terpesona sendiri dengan air cucian tanganku .... iteeem bangt he..he... debu di i jalan itu tebal banget deh

HP Yitno mengatakan...

Kebiasaan cuci tang sebelum makan bagus banget
Mari kita terapkan dan ajarkan pada generasi dibawah kita.

ke2nai mengatakan...

kebiasaan utk mencuci tangan dg sabun memang arus terus di sosialisasikan ya mbak

Srulz mengatakan...

segera ke TKP bun... ^^ hehe.. kalo udah terbiasa, kalo ngga cuci tangan dulu,makannya rasanya gimana gitu...

Mami Zidane mengatakan...

Saya termasuk ibu2 yang cukup cerewet sama anak kalo masalah cuci tangan mbak..dan alhamdulillah zidane jadi terbiasa kalo cuci tangan ya harus pake sabun.

Shireishou mengatakan...

aku trll rajin cuci tangan. sejak muka jerawatan dan kena tipes, jd makin rajin. habis dokter bilang krn tanganku kotor makanya jerawatan pas tangan ngusap muka weheheh
thx sudah diingatkan kembali

Ririe Khayan mengatakan...

nge-Like Fbnya beluum Mbak. Dan postingan cuci tangan ini selaras dunk dengan tulisan E.colie saya...#GeER

Lyliana Thia mengatakan...

huaaa... Mbak Kekeeee... aku muncul lagiii... hehehe...

Penting ini mbak... cuci tangan percuma ya kalo gak bersih.. tapi ee aku gak pernah nutup keran pake handuk or tissue.. paling kerannya yg dicuci sekali waktu,... abis ribet kayaknya, apalagi anak2 main kabur aja kali mbak abis cuci tangan hihihi

pulsa mengatakan...

segitu pentingnya cuci tangan, pdhl sering dianggap sepele :P
nice post, salam kenal :)

Timbangan Digital mengatakan...

itu pentingnya cuci tangan penting sekali ya

Tidung mengatakan...

klo cuci kaki penting juga gak ya? xixixixi