Jumat, 05 April 2013

Jawaban Empat - Enam

Empat:

Menurut saya menggunakan blogspot ini merupakan bukti komitmen bahwa kita mendukung perwujudan kebijakan pemerintah dalam e-government di satu sisi dan mengeksperisikan etika kita terhadap lingkungan karena :
Menggunakan blogspot yang merupakan salah satu ncara kita untuk menerapkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sesuai dengan UU pengelolaan lingkungan hidup, dimana peran dan fungsi pemerintah dan individu dalam pengolaan lingkungan yang terdiri dari :
a.    Mematuhi kebijakan pemerintah
b.    Tidak mengekslorasi alam secara berlebihan
c.    Saling mengingatkan
d.    Menyayangi binatang dan tumbuhan sehingga terhindar dari kepunahan

Dengan menjadi penggunaan blogspot kita juga bisa mengekspresikan etika kita terhadap lingkungan karena dengan menggunakan blog sebagai lapak pendidikan dan pengajaran sebagai kebutuhan sehari hari. Dan bagi dunia pendidikan, catatan kuliah dan  pelajaran serta tugas, maka akan menjadikan sistem pendidikan yang kreatif, inovatif, bisa diakses siapa saja yang membutuhkan dan yang paling penting kita lebih beretika terhadap lingkungan karena kita tidak banyak menggunakan bahan-bahan seperti kertas dan dapat mengurangi sumber daya alam bahkan dapat terhindar dari tindakan merusak lingkungan.

Lima:

Dari definisi kitapun bisa tahu bahwa Ecological Footprint dapat digunakan sebagai ukuran prestasi kita dalam mendukung keberlanjutan bumi ini, dan menjadi indikator terbaik dan efisien dalam mendukung keberlanjutan kehidupan. Alat ukur ini menjadi penting dalam konteks untuk mengetahui apakah kegiatan konsumsi yang kita lakukan masih dalam batas daya dukung lingkungan ataukah sudah melewatinya, dengan kata lain masih dalam surplus ataukah sudah dalam defisit (penurunan kualitas) ekologi.

Jadi jejak ekologis merupakan gambaran apakah seseorang banyak merusak lingkungan atau tidak. Seseorang yang jejak ekologisnya tinggi berarti penghasilannya tinggi, jika penghasilannya tinggi maka banyak kebutuhannya yang ia penuhi dengan cara mengkonsumsi sumberdaya alam yang banyak dan menggunakan sumberdaya buatan yang banyak pula berarti dia banyak mencemari dan merusak lingkungan.

Enam:

Saya bersyukur sudah lama mengenal dunia blog, bahkan sudah banyak manfaat dari Ngeblog yang saya rasakan. Alhamdulillah, bahkan sudah sering saya tulis diblog ini, betapa saya menikmati bisa terus menulis diblog ini. Saya kutip dianatara tulisan tentang manfaat Ngeblog yang pernah dapat hadiah buku dari sahabat blogger.


Ngeblog banyak manfaatnya, itu pasti, sudah banyak yang mengakuinya. Bagaimana tidak, dengan ngeblog kita bisa saling berbagi cerita dan juga ilmu.

Menulis itu bisa membuat kita terhindar dari kepikunan
. Silakan dipraktekkan dan ceritakan hasilnya  :D

Bahkan kata Ali bin Abu Thalib, RA
"Ilmu itu ibarat kuda, dan menulis itu ibarat tali kekangnya. Maka ikatlah ilmu itu dengan menuliskannya". 

Jadi mari menulis dan teruslah menulis. Menulis diblog salah satu cara termudah yang bisa kita lakukan.

Gambar dari duniamuam. 

Aktivitas menulisku diilhami oleh para tokoh yang telah berhasil berjuang dengan tulisannya, dengan karya-karyanya. Terutama sosok Zainab Al Ghazali, beliau yang terlahir di wilayah Al-Bihira, Mesir pada 1917, dan merupakan keturunan dari kalifah kedua Islam, Umar bin Khattab dan Hasan bin Ali bin Abi Thalib. Zainab Al-Ghazali adalah satu dari banyak pejuang wanita yang mengukirkan sejarahnya dengan menulis. Pena telah menjadi alat perlawanannya untuk menentang kezaliman melawan rezim Mesir pada saat itu, Presiden Gamal Abdul Naser. Hingga ia harus mengalami hidup yang penuh siksaan dalam tahanan. Tapi semua itu tidak membuatnya gentar, penjara dan siksaan tidak pernah mematahkan tekadnya bahkan membuatnya lebih kuat. Zainab Al-Ghazali meninggalkan jejak perjuangannya,  ia telah mengukirkan sejarah dirinya.


Demikianlah, dengan pena, seorang tokoh bisa menombak penguasa yang telah berlaku sewenang-wenang. Pena di tangan seorang tokoh kerap bersuara meskipun harus pula berbuah penjara dan siksaan. Ya, menulis memang mampu menghadirkan banyak fenomena. Begitu banyak tokoh mencipta karya, begitu banyak fenomena tercipta. Satu fenomena yang seakan-akan mengguratkan heroisme adalah perlawanan pena seorang tokoh.

Adalah aku, aku baru mulai belajar menulis, walaupun dengan segala keterbatasan. Alasan utama aku mulai menulis, bukan karena ranah bicaraku kehabisan kata, akau dibungkam penguasa. Bukan. Bukan pula karena medan gerakku disekap atau dikebiri, sungguh bukan karena itu semua. Aku (mulai) menulis karena aku makin meyakini bahwa hanya dengan menulislah aku akan terus hidup. Bahwa hanya dengan menulis, jejakku akan bisa direkam.  

Menulis dan menulis adalah kegiatan utamaku diblog. Aku akan berjuang untuk bisa terus nulis, termasuk menulis diblog, mengambil manfaat baik sebanyak-banyaknya dari kegiatan nge-blog ini dan juga semampuku menebar segala kebaikan. Merekam jejak diri untuk sang penerus mimpi, semoga bermanfaat minimal untuk orang-orang terdekat. Karena kita pernah ada.  

Satu lagi,  dalam ngeblog aku belajar dari air. Air yang sehat itu tak cukup dengan jernih saja. Tapi yang tak kalah penting air sehat itu tidak tergenang, sebab air yang tergenang bisa menyebabkan berkembangbiaknya jentik nyamuk sumber penyakit. Maka air sejernih apapun harus juga terus mengalir. Agar sehat dan menyehatkan. Begitu juga halnya dengan kita, kalau rajin membaca, sebaiknya lanjutkan dengan menulis. Bagilah ilmu dari yang kita baca. Karena dengan menulis artinya berbagi, kita bagai menjadi air yang mengalir, sehat dan menyehatkan. Semoga abadi, mampu memberi warna  sekitar, menghusung cerah semesta.

11 komentar:

jasa review produk mengatakan...

Ngeblog itu sangat banyak Manfaatnya,..
Setujuu Banget Mba..
Yuk Mari menulis :D

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

kalau ngeblog bisa dapet apah ajah manfaatnya yaa bunda, coba niar gag kenal ngeblog mungkin gag kenal bunda :D

Lyliana Thia mengatakan...

Apa kabar dear mbak Keke...

Mbaaak...
Makanya aku kalo kesulitan ngeblog krn bermasalah dikoneksi, rasanya kepalaku puyenk.. Soalnya gak ada tempat tampungnya.. Huhuhu...

Sungguh, berbagi ilmu dgn ngeblog itu sangat bnyk manfaatnya...

Mudah2an mbak Keke bs ngeblog terus yaaa.. Sehat terus yah mbak.. Amin :)

supli rahim mengatakan...

jejak ekologis merupakan gambaran apakah seseorang banyak merusak lingkungan atau tidak. seseorang yang jejak ekologisnya tinggi berarti penghasilannya tinggi, jika penghasilannya tinggi maka banyak kebutuhannya yang ia penuhi dengan cara mengkonsumsi sumberdaya alam yang banyak... menggunakan sumberdaya buatan yang banyak pula.. berarti dia banyak mencemari dan merusak lingkungan

Anonim mengatakan...



Also νіsit mу weblog - dallas internet marketing company

puteriamirillis mengatakan...

iya bucek, dengan menulis sejarah diri walo sederhana akan lebih mampu terkenang...
salam bucek..gmn dede bayinya?

refand mengatakan...

eumz,., g2 ya!!!!!!!!!!!

Nugraha mengatakan...

info yang sangat bagus sekali gan!!!!!!!!111

refi mengatakan...

saya sangat terbantu dengan info yang anda berikan./.....

Anonim mengatakan...

Choose a professional content writer to write your website
in order to get good ranking in top search engines. It is optimizing a website for
the user's benefit, not Google's. The relevance factor holds true
when link building. Therefore, choose the best search engine marketing services?


my weblog :: seo ranking software

Anonim mengatakan...

It was released via digital distribution only this year,
just last month and all ready it's been called one of the most productive ways we can spend time. Use catchy phrases that reveal your personality, and explain why you are a parent, monitor what kinect motion sports your child is playing.

my web site; hilariobr.ireallylikefood.com