Kamis, 18 April 2013

Prilaku CERDIK Hindari PTM

Masih dalam rangkaian memperingati hari kesehatan sedunia, kami mengadakan cek kesehatan gratis ke kantor BPKP Palembang pada Selasa 09 April 2013 yang lalu. Kali ini bukan hanya tensi saja, tetapi timbang berat badan dan cek kadar gula darah sewaktu.

Pengukuran BB, IMT dll.


Sebelumnya pada hari Senin tanggal 08 April 2013 kami melaksanakan serangkaian pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Palembang yang berlokasi di Jakabaring.




Jauh-jauh melakukan pemeriksaan pada khalayak diluar sana, tak lengkap bila penghuni rumah sendiri belum diperiksa. Maka pada hari yang lain kami melakukan di BTKL PP Palembang. Ternyata dari 55 orang yang diperiksa ternyata ada 4 orang yang tensinya tinggi sistolenya diatas 140 sedangkan diastolenya diatas 90 mmHg.

Salah satu warga kantor yang diperiksa, bumil. Ternyata tensinya rendah 90/60 mmHg.

Belakangan kejadian PTM (Penyakit tidak Menular) memang meningkat drastis, disebabkan oleh gaya hidup  yang banyak berubah. Sebut saja  pola makan yang tidak sehat, coba lihat pola makan anak zaman sekarang, miskin sayur dan buah. Maunya yang serba instan, sukanya makan mie. Yang penting kenyang, gizinya tak lagi dipedulikan, akibatnya makin banyak balita yang obesitas. Belum lagi minim aktivitas, dikit-dikit naik lift, mencuci dengan mesin. Pokoknya banyak yang menunjang untuk terjadinya penyakit degeneratif seperti diabetes militus dan kawan, kawan. Jantung koroner sekarang banyak mengenai usia muda. Belum lagi hipertensinya, makin meninggi dari tahun ke tahun.

Maka tak salah tema kegiatan hari kesehatan sedunia tahun ini adalah waspada hipertensi dengan mengendalikan tekanan darah. Perlunya kita mengetahui berat badan ideal juga penting, IMT (Indek Massa Tubuh) seseorang sebaiknya juga diketahui. Sekarang ada banyak timbangan lengkap untuk mengukur IMT dan sebagainya, seperti yang ada di BTKL PP Palembang. 

Ya intinya sekarang sudah banyak sekali program yang menawarkan pemeriksaan kesehatan gratis, tapi masih banyak yang enggan, alasannya kalau ketahuan sakit nanti malah stress *gubraaakkkkk... Padahal cek kesehatan secara berkala itu penting seperti yang tertuang dalam rumus CERDIK, hayuuu ada yang masih ingat? Iya betul. CERDIK itu meliputi 6 perilaku penting, yaitu:
C : Cek kesehatan secara berkala.
E : Enyahkan asap rokok.
R : Rajin aktivitas fisik. 
D : Diet sehat dengan kalori seimbang. Konsepnya: rendah gula, rendah garam dan tinggi serat.
I  : Istirahat yang cukup.
K : Kendalikan stress.

Okey setelah mengetahui, hayuuu kita amalkan !!!

8 komentar:

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

gambar yang diatas itu sedang mengukur apa sih mba?

BlogS of Hariyanto mengatakan...

yups..apalagi bagi saya yang lebih banyak di lapangan , kalo pas jam makan..harus cari-cari warung, kalo tak ada warung, apa sajalah jadi pengganjal perut, yang penting halal dan mengenyangkan.... , tapi kalo dipikir-pikir memang pola makan begini sangat tidak sehat ya :-)

puteriamirillis mengatakan...

wah bucek jadi makin termotivasi nih, pu sekarang lagi suka ganti nasi putih dengan oat, enak juga ternyata makan oat pake lauk pauk, cobain deh bucek

the others mengatakan...

Aku merasa kesindir mbak... soalnya selama ini aku paling takut utk cek kesehatan, karena takut stress jika tahu penyakitnya... hehehe

.: diah :. mengatakan...

huaaaaaaaa saya banget tuh Mbak, yang takut periksa kesehatan, takut ke dokter karena takut klo ketahuan sakit sesuatu, ikkkss.. kan bisa jadi makin kepikiran dan stress tuh, heheheh

refand mengatakan...

apalagi saya takut disuntik.... hahahahaha

Nugraha mengatakan...

makash ya atas infonya gan.;......

refi mengatakan...

eumz,., g2 ya!!!!!!!!