Senin, 31 Desember 2012

Radiasi Pengion pada Kesehatan

Abstrak

Radiasi tidak dapat dilihat ataupun diketahui keberadaannya oleh tubuh. Pemanfaatan berbagai sumber radiasi harus dilakukan secara cermat dan mematuhi ketentuan keselamatan kerja. Seseorang yang bekerja dengan menggunakan radiasi harus selalu sadar bahwa aktivitas yang sedang dilakukannya dapat menimbulkan efek yang merugikan baik bagi dirinya maupun lingkungannya bila terjadi kecelakaan akibat kesalahan yang dilakukan. Radiasi pengion ialah radiasi yang dapat menimbulkan ionisasi dan eksitasi pada materi yang ditembusnya. Radiasi pengion sangat erat kaitannya dengan Sinar-X. Sinar-X  adalah radiasi dalam bentuk gelombang elektromagnetik yang mempunyai daya tembus tinggi.  Dimana, Sinar-X merupakan radiasi pengion yang dihasilkan oleh transisi elektron dalam kulit atom akibat tumbukan elektron berkecepatan tinggi dengan atom logam berat, misalnya Pb atau Cu. Berdasarkan letak sumber radiasi, efek radiasi dibedakan atas efek eksterna dan interna. Efek eksterna terjadi bila sumber radiasi berada di luar tubuh manusia. Efek radiasi interna timbul bila sumber radiasi yang menempel pada tubuh dan/atau masuk ke dalam tubuh. Efek yang dirasakan karena radiasi ini bisa terjadi di seluruh tubuh, pada DNA, kromosom, sel, dan organ tubuh seperti mata, kulit, tiroid, paru, organ reproduksi, sistem pembentukan darah, dan janin.

Kata kunci : Efek Radiasi, Efek Radiasi Pengion, Radiasi Pengion, Radiasi Pengion pada Kesehatan

Abstract
 
Radiation can not be seen or known to exist by the body. Utilization of various sources of radiation should be done carefully and comply with safety. Someone who works with the use of radiation should always be aware that the activity was doing to cause harmful effects both for themselves and their environment in the event of an accident caused by mistakes made. Ionizing radiation is radiation that can cause ionization and excitation to penetrate the material. Ionizing radiation is closely related to X-rays. X-rays are electromagnetic radiation in the form of waves that have a high permeability. Where, X-rays are ionizing radiation produced by electron transitions in atomic shell electrons due to a high-speed collisions with atoms of heavy metals, such as Pb or Cu. Based on the source of radiation, radiation effects divided into external and internal effects. External effects occur when the radiation source is outside the human body. Internal radiation effects arise when the radiation source is attached to the body and / or entry into the body. Perceived effects of radiation can occur throughout the body, the DNA, chromosomes, cells, and organs such as the eyes, skin, thyroid, lungs, reproductive organs, blood formation system, and the fetus.

Keywords: Effects of Radiation, Ionizing Radiation, Ionizing Radiation Effects, Ionizing Radiation on Health.



Pembahasan
Pajanan radiasi dosis cukup tinggi pada seluruh tubuh akan menimbulkan sindroma radiasi akut (Acute Radiation Syndrome) yang dapat menyebabkan kematian dalam waktu singkat. Kematian terjadi sebagai akibat kerusakan dan kematian sel dalam jumlah yang banyak dari organ dan sistem vital tubuh. Seseorang yang terpajan radiasi seluruh tubuh akan mengalami sindroma prodromal atau gejala awal yang umumnya berupa hilang nafsu makan, rasa mual, muntah, lelah, letih, sakit kepala dan diare. Untuk beberapa lama gejala ini akan hilang, yang kemudian akan timbul gejala atau sindroma sistemik sesungguhnya yang bergantung dosis yang diterima.
Berdasarkan pendekatan yang hati-hati tersebut, lembaga internasional untuk proteksi radiologi telah merekomendasikan batas dosis individu untuk sejumlah radiasi tambahan (di atas radiasi latar) : batas Dosis bagi masyarakat umum adalah 50 mSv per tahun, dosis batas untuk praktisi yang bekerja dengan sumber radiasi 20 mSv per tahun rata-rata diatas lima tahun, dengan batasan 50 mSv dalam satu tahun. Atau untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini:



     PANDUAN PAPARAN RADIASI PENGION


Tipe Paparan


Nilai Ambang

Dosis Efektif:
a). Per 1 tahun
b).Rata-rata diatas 5 tahun

Dosis yang diperbolehkan:
a). Lensa mata
b). Kulit, tangan dan kaki

Dosis Kumulatif yang Efektif:

Embirio atau Fetuss tiap bulan

Radon dan Senyawa Radon lainnya



50 mSv(millisievert)
20 mSv per tahun


150 mSv
500 mSv

10 mSv x usia dalam tahun

0,5 mSv


4 Tingkat Kerja Tiap Bulan (WLMP)
 



Kesimpulan
 
Radiasi pengion ialah radiasi yang dapat menimbulkan ionisasi dan eksitasi pada materi yang ditembusnya. Apabila radiasi pengion menembus suatu materi, maka materi tersebut akan mengalami ionisasi atau eksitasi dengan menyerap energi radiasi. Radiasi a, b (elektron atau positron), g, dan neutron ialah radiasi pengion yang dihasilkan dari inti atom yang mengalami transformasi inti.  
Efek radiasi dapat dibedakan atas efek genetik dan efek somatik. Efek genetik atau efek pewarisan adalah efek yang dirasakan oleh keturunan dari individu yang terkena paparan radiasi. Sebaliknya efek somatik adalah efek radiasi yang dirasakan oleh individu yang terpapar radiasi. Kerusakan sel akan mempengaruhi fungsi jaringan atau organ bila jumlah sel yang mati/rusak dalam jaringan/organ tersebut cukup banyak. Semakin banyak sel yang rusak/mati, semakin parah perubahan fungsi yang terjadi sampai akhirnya organ tersebut akan kehilangan kemampuannya untuk menjalankan fungsinya dengan baik.




Daftar Pustaka

ACGIH, 2011. Threshold Limit Values for Chemical Substances and Physical Agents and Biological Exposure Indices. Ionizing Radiation. 176-177.

Alatas, Zubaidah. 2006. Efek Pewarisan Akibat Radiasi Pengion. Batan : Puslitbang Keselamatan Radiasi dan Biomedika Nuklir. 

Alatas, Zubaidah. 2006. Efek Radiasi Pengion dan Non Pengion pada Manusia. Batan: Puslitbang Keselamatan Radiasi dan Biomedika Nuklir.

Committee on the Biological Effects of Ionizing Radiation, National Research Council, 1990. Health Effects of Exposure to Low Levels of Ionizing Radiation  (BEIR V), National Academy Press, Washington, DC.

Emergency Personel. Training Course REAC/TS, Oak Ridge TN USA. Managing Radition Emergencies

Hall, E.J.2000. RadiobiolomSv for the Radiologist. 5th ed. Lippincott Wlliams & Wilkins, Philadelphia.

Hall, E.J. 2003. The Bystander Effect. Health Physics 85: 31-35.

Hall, E.J and Giaccia, A.J. 2006. RadiobiolomSv for the Radiologist. 6th ed. LippincottnWilliams & Wilkins, Philadelhia.

Henriksen, T. dan Maillie, H.D. 2003. Radiation and Health. Taylor & Francie, London.

International Atomic EnermSv Agency. 2001. Cytogenetic Analysis for Radiation Dose Assessment. Technical Reports Series No. 405, IAEA, Vienna.

International Atomic EnermSv Agency. 1998. Health Surveillance of Persons Occupationally Exposed to Ionizing Radiation: Guidance for Occupational Physicians. Safety Reports Series No. 5, IAEA, Vienna.

International Atomic EnermSv Agency. 1998. Health Effects and medical Surveillance. Practical Radiation Technical Manual, IAEA, Vienna.

International Commission on Radiological Protection. 1990. Recommendations of the International Commission on Radiological Protection, Publication 60, Pergamon Press, Oxford.

Mettler, F.A. and Upto, A.C. 1995. Medical effects of Ionizing Radiation. 2nd. W.B. Saunders Company, Phladelphia.

Morgan, W.F. 2003. Non-targeted and Delayed Effects of Exposure to Ionizing Radiation: I. Radiation-Induced Genomic Instability and Bystander Effects In Vitro. Radiation Res. 159. 576-580.   

National Research Council. 2006. Health Risks from Exposure to Low Levels of Ionizing Radiation. BEIR VII Phase 2. the National Academies Press, Washington, DC.

Parmanto dan Irawan Dimas, 2006. Mengenal PLTN dan Prospeknya di Indonesia. Pusat diseminasi nuklir BATAN.

Robert H. wagner MD, Robert J. Henkin MD, James R. Halama PhD. 2006.  The Medical Management of Radition Accident.

United Nations Scientific Committee on the Effects of Atomic Radiation. 2001. Hereditary Effects of Radiation. Then UNSCEAR Report to the General Assembly with Scientific Annex. New York, United Nations.  

United Nations, 1998. Sources, Effects and Risks of Ionizing Radiation (Report to the General Assembly), Scientific committee on the Effects of Atomic Radiation (UNSCEAR), UN, New York.

United Nations Environment Programme. 1991. Radiation: Doses, Effects, Risks. 2ed. Balckwell Publishers, UK.

WHO-IAEA. 2006. Planning the Medical Response to Radiological Accident. Safety Series Report.

Yapas, Kemala Z. 2007. Panduan Penanggulangan Kecelakaan Radiasi. Batan : Puslitbang Keselamatan Radiasi dan Biomedika Nuklir.

Hanya sebuah cuplikan, untuk mengenang perjuangan meng'goal'kan jurnal ini 

9 komentar:

Pakde Cholik mengatakan...

Saya tak banyak faham masalah ini jeng.
Hanya sering dengar berita tentang dampak radiasi nuklir yang katanya berbahaya.



Selamat Tahun Baru 2013

Semoga Kesehatan,kesejahteraan dan kebahagiaan senantiasa menyelimuti kehidupan kita.
Amin
Salam hangat dari Surabaya

Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Memang masalah keselamatan kerja harus diperhatikan lebih jauh ya Mba, Tentunya semua telah memiliki prosedur yang ada secara tekhnisnya.

Selamat Tahun baru 2013, seoga kita selalu dalam keberkahan hidup dengan segala kelancaran pekerjaan dan usaha.

Sukses selalu
Salam Wisata

ririe khayan mengatakan...

Kalau dlm kenyataannya, yg sinar - X atau rontgen itu...biasae klo general check up di poto sinar _ X..


# Selamat menyambut tahun 2013, semoga hidup lebih berkah dan berlimpah kenahagiaan

ririe khayan mengatakan...

Kalau dlm kenyataannya, yg sinar - X atau rontgen itu...biasae klo general check up di poto sinar _ X..


# Selamat menyambut tahun 2013, semoga hidup lebih berkah dan berlimpah kenahagiaan

ririe khayan mengatakan...

Waduuhh, maaf double comment Mbak...

techno mengatakan...

jangankan radiasi sinr X, Radiasi monitor komputer saja udah mampu membuat mata panas.. :sampai pusing kepala :D

sselamat tahun baru 2013 bunda yun. :D

octarezka mengatakan...

slain matahari, contoh radiasi yang lain apa mb?
:S

Djangan Pakies Net mengatakan...

saya terkadang berpikir dengan kemajuan IT, seandainya segala gelombang dari pemancar entah TV, radio, hape dan sejenisnya diberikan sebuah warna betapa sekeliling kita telah tertutupi aneka radiasi. Entah ini berpengaruh pada kesehatan atau tidak sebagai mana radiasi sinar X

obat panas lambung mengatakan...

semoga menjadi informasi yang bermanfaat
salam kenal

NANGKRING.
obat tradisional lambung.
OBAT SAKIT GIGI ANAK .