Rabu, 12 Desember 2012

121212: Rekaman Filariasis

Sepintas Kilas tentang Filariasis

Penyakit Kaki Gajah atau Filariasis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing Filaria yang ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk.

Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Penyakit ini cukup banyak ditemukan di Indonesia.

Cara Penularan
Penyakit ini ditularkan melalui nyamuk yang menghisap darah seseorang yang telah tertular sebelumnya. Darah yang terinfeksi dan mengandung larva dan akan ditularkan ke orang lain pada saat nyamuk yang terinfeksi menggigit atau menghipas darah orang tersebut.
Tidak seperti Malaria dan Demam berdarah, Filariasis dapat ditularkan oleh 23 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes & Armigeres. Karena inilah, Filariasis dapat menular dengan sangat cepat.

Gejala klinis
Gejala Filariais Akut dapat berupa:
  • Demam berulang-ulang selama 3-5 hari, demam dapat hilang bila istirahat dan muncul lagi setelah bekerja berat
  • Pembengkakan kelenjar getah bening (tanpa ada luka) didaerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan, panas dan sakit
  • Radang saluran kelenjar getah bening yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan kearah ujung (retrograde lymphangitis)
  • Filarial abses akibat seringnya menderita pembengkakan kelenjar getah bening, dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah
  • Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahan dan terasa panas (early lymphodema)
Gejala klinis yang kronis berupa pembesaran yang menetap (elephantiasis) pada tungkai, lengan, buah dada, buah zakar (elephantiasis skroti). 

Diagnosis
Bila seseorang tersangka Filariasis ditemukan tanda-tanda dan gejala klinis, diagnosis dilakukan dengan pemeriksaan darah jari yang dilakukan mulai pukul 20.00 malam waktu setempat. Seseorang dinyatakan sebagai penderita Filariasis, apabila dalam darah ditemukan mikrofilaria.

Pencegahan
Pencegahan dapat dilakukan dengan:
  • Berusaha menghindarkan diri dari gigitan nyamuk penular
  • Membersihkan tanaman air pada rawa-rawa yang merupakan tempat perindukan nyamuk, menimbun, mengeringkan atau mengalirkan genangan air sebagai tempat perindukan nyamuk
  • Membersihkan semak-semak disekitar rumah

Jejak Membidik Filariasis
Pemeriksaan Survey Darah Jari (SDJ) di Dua Tempat

SDJ di Gandus.
SDJ di Puskesmas Gandus
Penderita Filariasis di Gandus, Palembang

Filariasis di tengah kota Palembang.
Pemeriksaan Laboratorium Filariasis di BTKL

Berhari-hari nengok mikroskop, pedih juga mata ;D
Hasil yang positif, B. malayi
Kegiatan Survey Darah Jari(SDJ) di BTKL PP Kelas I Palembang sudah usai, ini hanya cuplikan untuk mengisi hari 121212 yang dianggap bersejarah oleh banyak orang. Bagaimana denganmu, apa acara di 121212 ini?

7 komentar:

Djangan Pakies Net mengatakan...

kiraian ada apa dengan 12 12 12, saya termasuk yang lupa dengan tanggal ini Mbak, maklum lah sebagai pedagang pasar yang diingat cuman hari.
Wah ternyata bisa disembuhkan ya penyakit kaki gajah ini. Ngiliat kondisi seperti ini, betapa beratnya mereka menjalankan rutinitas kesehariannya

Ejawantah Wisata mengatakan...

Biasanya untuk tanggal kembar angka dalam kehidupan keluarga kami itu tidak ada yang suatu hal yang sepesial Mba.

Namun, untuk tanggal 12/12/12 ini akan ada terus dalam ingtan keluarga kecil kami.

Semoga proses penanggulangan untuk penyakit Filariasi ini dapat segera ditekan pertumbuhannya ya Mba. Kasihan bilamelihat warga masyarakat yang terkesa akan penyakit ini.


Sukses selalu
Salam Wisata

Mami Zidane mengatakan...

Kalo sudah bengkak begitu, penderitanya pasti jadi susah beraktifitas ya mbak.

mudah2an penyebarannya tidak semakin banyak ya .

hilsya mengatakan...

udah lama banget ya ga saling berkunjung.... kemana aja kita :)

seneng nih baca tulisan pro kayak gini, penuh informasi dan akurat..

TFS, ya..

Srulz mengatakan...

nyamuk.. waaa...
disini banyak nyamuknya..
harus siap-siap obat nyamuk nih.

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

kalau disini biasanya dibagikan semacam tablet gitu mbak untuk mencegah filariasis katanya

dey mengatakan...

Mbak, apa kabar. Kemarin telpon2an dengan Uncle Lozz dan sempat menanyatakan Mbak Keke, kemana aja .. :)

Asik nih kalau baca uraian yang ngerti, bener2 jelas tentang kaki gajah.