Kamis, 30 Agustus 2012

Sagu Bukan Sabu

Sagu alias Terigu adalah salah satu bahan dasar pembuatan Pempek. Karena sudah bisa buat Pempek sendiri, sepanjang Ramadhan lalu di Kulkas biasanya ada ikan giling. Cuka malah sering tersimpan dibotol yang juga didinginkan. Begitupun Sagunya. Jadi sewaktu-waktu ingin buat Pempek tinggal 'action' saja. 

Namun tak jarang bahannya mendadak kurang. Seperti kejadian sore lalu. Sagu persedianku ternyata tak cukup.

Hamas sedang membuat Pempek.
Sagunya belepotan :D
Ummi : "Yunda, tolong belikan Ummi Sagu ya di Warung Wak Kar. Ini Sagunya kurang"
            (Warungnya didekar rumah, hanya selang 2 rumah saja)

Yunda : "Berapa banyak Mi?" 

Belum sempat dijawab, Hamas nimbrung dengan wajah serius.

Hamas : "Jangan Mi, nanti ditangkap Polisi"

Ummi : "Lho kok?" *asli bingung...

Hamas : "Iya Mi, kata Bunda di Sekolah, Sagu itu barang haram. Bisa merusak otak"

Ummi : "????"

Syukurnya Yunda langsung menyelamatkan Umminya dari serangan rasa bengong tingkat lanjut.

Yunda : "Itu bukan Sagu Kang, tapi Sabu"

Ummi : "Oooo, Sabu-sabu tho maksudnya" *gubraaaakkkk....

Yunda : "Iya Mi, yang dibilang Bunda haram dan berbahaya itu Sabu-sabu"

Hamas : "Emang beda ya?" *nyengiiirrrr...

Bahan pembuat Pempek yang seperti bedak bayi, serbuk putih warnanya, di daerah lain namanya sama kan ya, Sagu atau Terigu juga? 

15 komentar:

Arif Chasan mengatakan...

hahaha... :D
kalo bahasa sundanya itu "saliwang" XD

.: diah :. mengatakan...

klo sagu ya sagu Mbak, dari pohon sagu, bahan pembuat makanan khas sini, sinonggi *Papeda utk Papua :D

klo sagu juga bs jadi tepung sagu

btw Maaf lahir bathin ya Mbak :)

Sarah mengatakan...

hahahaha =)) #ngakakguling2

si Hamas lucu banget yah, aku bisa ngebayangin gimana ekspresi wajahnya saat bilang kalo Sagu itu dilarang :D

btw, maaf lahir batin ya Mbak.....

evi mengatakan...

Hahaha Hamas, untung bukan dekat pak polisi ngomongnya..Bisa2 radar pak polisi bangun terus kalau dengar hamas ngomongi sabu..

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

hamas lucu banget seh, eeh tapi anak itu sepons apah ajah di serap :D

untung tau bedanya sagu sama sabu, beda huruf G sama B ajah yaa bund #lho :D

Orin mengatakan...

maksud Hamas, kalo maem sagu kebanyakan kan bisa aja mabok Ummi hihihihi

Ummi, walopun telat, mohon maaf lahir dan batin yaa... *cipika cipiki*

Adini mengatakan...

hahahhaa..iya bun hati2 nanti di tangkap polisi, bisa-bisa empek2 ngak jadi.

Saya kok udah 2 x nyoba tetep ngak bisa buat empek2 ya bun.

Pandi mengatakan...

Buat Hamas, ada loh SABU yang ga haram,

SABU (SArapan BUbur)

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

mbak kalau giling ikannyapakai apa ya? kalau pakai blender takut rusak :) ada alat khususnya kah? pingin nyobain bikin pempek sendiri

kakaakin mengatakan...

Hehe... ada2 aja :D
Kalo di daerah saya, sagu adalah yang berasal dari pohon sagu. Kalo sagu yang untuk membuat pempek atau bakso, itu adalah tepung kanji atau tapioka. Kalo terigu itu tepung gandum yang untuk membuat kue atau roti :D

ke2nai mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ke2nai mengatakan...

hihihi... Hamas bingung ya :D

Hany Von Gillern mengatakan...

hahahaha ... di kampung asalku juga disebut sagu mbak, kalo disini tapioca.

Bintang mengatakan...

Hehehehe, beda satu huruf aja artinya udah beda banget ya!
Dan akhirnya, saya penasaran dengan pempek paembang bikinan Yunda...ah, ah..gimana dong :D

Dee Ayu mengatakan...

hehehe.. beda tipis ya mba denger sagu sama sabu.hihihi..

di tmpt saya sagu bilangnya mba..