Senin, 13 Agustus 2012

Mie Celor Khas Palembang

Mie Celor, Nyam-nyam...
Banyak ragam mie dijual dipasaran, tapi sering kali kita tak bisa memastikan bahan dan kebersihannya. Ingat, sedap dan eunak belum tentu sehat. Lain halnya kalau kita buat sendiri, pasti lebih yakin menyantapnya.

Maka dipenghujung Ramadhan kali ini, aku sempatkan berbagi resep andalan. Mie Celor khas Palembang, silakan dicoba ya...

Bahan Keseluruhan:

300 g mie kering (lebih bagus lagi mie basah yang kita buat sendiri)
Air untuk merebus
100 g taoge, seduh dengan air panas
5 butir telur ayam, 3 direbus, kupas dan potong. Sisihkan.
300 g udang kupas.
3 sendok teh air jeruk limau.

Dirinci lagi jadi bumbu dan air kuah. 

Bumbu, haluskan:

10 siung bawang mereh.
5 siung bawang putih.
3 cm jahe segar.
2 sendok ebi, rendam air panas.
2 sendok makan garam.
1 sendok teh merica bubuk.
1 sendok teh gula pasir.

Kuah:

1200 ml kaldu udang*
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut.
1 sendok makan sagu.
1 sendok makan garam
1/2 sendok teh merica bubuk.
1/4 sendok teh gula pasir.
2 butir telur ayam, kocok.
1 sendok teh air limau.

Pelengkap:

Kucai, iris halus.
Bawang merah goreng.

Cara Membuat:

Rebus mie, angkat. Tiriskan.

Kuah: Aduk kaldu udang, santan dan sagu hingga larut. Didihkan. Kemudian tambahkan garam, merica dan gula. Masukkan udang dan masak hingga kuah mengental dan udang benar-benar matang.

Masukkan telur, air limau, aduk cepat hingga telur tak berserabut tetapi menyatu dengan air dan mengental.

Taruh mie, touge dan telur dalam mangkuk. Tuang dengan kuah. Sajikan hangat-hangat disertai pelengkap. 

* Kaldu Udang: Rebus kulit, kepala udang dengan api kecil, hingga air berubah kemerahan.

Ramadhan tinggal penghujung 
Mohon maaf sekarang jarang berkunjung

26 komentar:

Tarry KittyHolic mengatakan...

Lumayan rumit nich bikinnya, bahannya banyak mbak, Tapi kayaknya enak betul . Hikz

nique mengatakan...

pesen aja deh mba
doooh kapan ke palembang lagi sih ya
nyobai mie celor ya pas ke sana itu
taon berapa aja dah lupa hehehe

eh ini klo nelen ludah gak batalin puasa kan hihiihi

Ririe Khayan mengatakan...

mIE celornya di makan pakai saos sambal pedas...hemmm, mantab deh

Djangan Pakies mengatakan...

Celor, kosa kata yang baru bagi saya. Penamaan ini apa karena ada telurnya ?. Tapi apapun yang namanya mie, saya kurang begitu lahap memakannya

DewiFatma mengatakan...

hhhmm.. jadi laper akyuuhh..

Maaf lahir batin juga ya, Mbak...
Saya juga jarang berkunjung nih..

Mami Zidane mengatakan...

saya belum pernah makan mie celor asli palembang mbak, tapi kalo indomie rasa mie celor sering...hehe

makasih resepnya ya mba..kapan2 saya coba dirumah deh.

uyoyahya mengatakan...

jadi pengen buat nih...

ke2nai mengatakan...

ada kaldu udangnya, kayaknya enak nih.. kata suami sy makanan kl di kasih udang biasanya enak ^^

evi mengatakan...

Bebayang gurihnya sampai kesini Mb Keke. Yakin segar juga, kan ada jeruk limaunya juga...

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

ternyata gampang juga bikinnya ya mbak, bikin ah nanti kalau sudah pulang kerumah. terima kasih respnya mbak. oh yaresep cookies dipostingan saya gampang kok nanti saya kasih ya

Abi Sabila mengatakan...

Bukan bermaksud menyerah sebelum mencoba, tapi urusan masak memasak adalah salah satu hal yang tidak saya kuasai, bagaimana kalau Bu Dokter kirimkan saja sampel jadinya buat saya dan Sabila? hehehe....

Salam hangat untuk keluarga tercinta.

Nia Angga mengatakan...

pertama kalinya makan mie celor waktu lebaran kemarin pulan gke jambi. penjual mienya ditengah pasar (lupa nama pasarnya)
mienya gedhe2 banget, tapi dengan kuah yang pedas dan panas, wowww mantaafffff

ntar coba bikin ahhh...

mksh resepnyaaa

Hany Von Gillern mengatakan...

InsyaAllah nanti di praktekkan mbak, tak laporin hasilnya ;)

Adini mengatakan...

Hampir mirip dengan mie lendir khas Bintan. bedanya mie lendir di kasih kuah kacang yang kental.

BlogS of Hariyanto mengatakan...

ahhh...puasa-puasa begini ternyata ada yang posting tentang mie celor...sungguh menggoda iman...baguslah dipake untuk berbuka puasa :)

monda mengatakan...

jajanan hampir tiap hari waktu sekolah dulu ....
jaman itu... Karena mi celor melulu jadi kangennya bakso
Sekarang bakso melulu kangennya mi celor

Orin mengatakan...

Aku belom pernah nyicip ummi, andalanku kalo ke warung pempek tetep pesan tekwan sm tunu panggang hihihihi

Lozz Akbar mengatakan...

Buah kedondong daun kelor
Mau dong dikasih mie Celor

kakaakin mengatakan...

Aih, sudah terbayang segarnya rasa mi celor ini...
Semoga kelak saya sempat mencicipi atau mungkin membuatnya sendiri :D

HP Yitno mengatakan...

ada campurannya udang ya. Enak banget kayaknya. Cukup menggugah selera.

prih mengatakan...

disantap hangat pedas menambah semangat nih. Selamat menyambut hari kemenangan. Salam

Tularosa mengatakan...

mie celor penampilannya seperti mie telor kalau di kampungku

Nafi mengatakan...

wooooh puasa puasa lihat ginian... semoga emak mau bikinin,,, :D

Pakde Cholik mengatakan...

Selama dinas di Palembang saya sekeluarga termasuk penikmat mi celor ini lho jeng.

Rasanya enak dan ada kiler-kilernya ha ha ha ha.

Bandingkan dengan mi celor buatan sahabat saya yaaa, kunjungi http://makananindonesiaalanarablog.com/mi/mi-celor-palembang-ala-dokter-keke

Salam hangat dari Jombang

Anonim mengatakan...

QpjPnm http://sinsakuchanel.com/ AyhUvu [url=http://sinsakuchanel.com/]シャネル 財布[/url] GydHyf http://ninnkicoach.com/ SykVcw [url=http://ninnkicoach.com/]コーチ アウトレット 財布[/url] VdxSex http://diorautoretto.com/ XshStz [url=http://diorautoretto.com/]ディオール 財布[/url] DsvPid http://nihongucci.com/ EqkPkj [url=http://nihongucci.com/]グッチ バッグ アウトレット[/url] NywXeu http://longchampnihon.com/ RniPzf [url=http://longchampnihon.com/]ロンシャン プリアージュ キュイール[/url] UqjEyi http://sinsakuvuitton.com/ VnkBvn [url=http://sinsakuvuitton.com/]ヴィトン 長財布 ヴェルニ[/url] ChxGrg http://gekiyasuprada.com/ RsgUob [url=http://gekiyasuprada.com/]プラダ トート[/url] FbqJfv http://uggsinsaku.com/ KsgTpd [url=http://uggsinsaku.com/]UGG サイズ[/url]

Anonim mengatakan...

Kapan saatnya penggunaan "bumbu"? Apakah dicampurkan ke dalam kuah? Saya sudah coba mencarinya di dalam cara pembuatan tetapi tidak ketemu. Mohon dijelaskan lebih lanjut. Sebagai penggemar mie celor saya ingin mencobanya. Terima kasih.