Senin, 11 Maret 2013

Tentang Akang Kami

Dari rumahnya Keluarga DeyFikri disuguhi kisahnya Aa' Fauzan tentang Akang dan Neng. Bikin mesem, mumpung lagi buka laptop sekalian dech berbagi cerita juga tentang Hamas.

Hamas dan Yundanya berselang umur tak sampai 2 tahun, sejak Hamas lahir kami memang membiasakan untuk memanggil Yunda pada si Sulung, yang sebelumnya kami panggil Tsabitta. Nah karena panggilan Yunda lebih simple jadilah ia juga melekat sebagai panggilan sesama kawan-kawan sampai ke Sekolahnya. Tapi kan panggilan Yunda memang tak aneh di Palembang, sebab itu sama saja dengan panggilan Mbak kalau di Jawa atau kalau Uni jika di Padang. Maka wajar dong tak pernah ada yang bertanya atau sekedar koment.

Lain halnya dengan Hamas, yang biasa kami panggil Akang. Sering kami dapat lontaran pertanyaan, ya dari keluarga juga dari kawan-kawan.  

"Kok dipanggil Akang ya?" 

atau  "Akangkan buat orang Sunda ya, emang punya darah Sunda dari Kakek Neneknya?"

Malah ada lho yang sengaja bertanya lewat sms, 

"Mbak orang Sunda kah? Kok anaknya dipanggil Akang?" 

Jawabanku ya acapkali juga beragam, tergantung siapa yang bertanya juga. Pernah cuma kujawab,

"Memangnya kalau bukan orang Sunda nggak boleh pakai panggilan Akang ya?"

Ya tapi begitulah, banyak orang heran kalau belum kujelaskan, udah kayak apaan yak? asli lebayy...

Jadi ceritanya waktu Aviq sepupunya lahir, ya saat adik ketigaku melahirkan sulungnya, Hamas kami berumur 2 tahunan, ngomongnya masih cadel tapi sudah cerewet. Kamipun bilang, ini sekarang sudah jadi Abang Hamas. Echh tanpa diduga Hamas menjawab, "ndak mau, Akang aja". Jadi kami kira Hamas maunya dipanggil Kakak. Eh dianya tetap ogah, pilihan katanya tetap Akang. Ya kami ngikut saja. Awalnya kami kira akan berubah, ternyata sampai sekarang Hamas tetah teguh pendirian cuma mau dipanggil Akang Hamas. Yo wess.

Entah dapat dari mana, yang jelas dulu sebelum Yunda lahir aku sich panggil Abinya anak-anak Aa'. Walaupun Aa' juga buat sebagian orang adalah panggilang khas Sunda tapi di Palembang juga biasa memanggil Kakak dengan sebutan Aa'. Dan si Aa' dulu memanggilku Dinda, cieee padahal kan nggak ada yang nanya ya... jadi dulu kalau lagi romantis manggilnya "Nda" namun kalau agak kesal manggilnya "Din" heheee, aku sampai bisa membedakan nadanya, sekalian mengenang masa lalu ni gara-gara Ibu Dey.

Balik ke Akang Hamas kami, sebenarnya sejak anak-anak masuk SD, lupa ya tepatnya, Yunda yang awalnya ikutan manggil Akang jadi ganti lagi manggil Adek. Entah kenapa, kalau ditanya sebabnya "Ya iya lah Hamas itu kan adikku" jawabnya. Nah tapi sejak 3 minggu yang lalu, sapaan Akang kembali menguat, cailee udah kayak skor tim sepakbola. Apa pasalnya? Iya sebab baru hampir sebulan ini Hamas resmi mau punya adik. Ya sekalian mengabarkan pada sahabat semua terutama pada si Uncle, yang menanyakan khabarku, bahwa aku hamil 7 masuk 8 minggu.

Mohon do'anya ya, daku lagi menikmati masa "agak mabok dikit" ceritanya :D

23 komentar:

rina mengatakan...

wahh... barokallah ya mbak.... hamas mau punya dedek...

Lozz Akbar mengatakan...

Alhamdulillah.. setelah ada Ynda dan Akang.. bentar lagi akan ada siapa ya enaknya.. Hmm piye kalau Sam atau Cak hehe

selamat Yundaaaaaaa

meilya dwiyanti mengatakan...

Selamaaat ya mbaaak.. senengg dengernyaah...hihihi...

dey mengatakan...

wahhhhhhh, Akang mau punya adik, selamat ya ...

hihihi, jadi ikut nostalgiaan nih ..

evi mengatakan...

Subhanallah, happynya Mamanya Yunda dan Hamas. Selamat ya Mbak. Insya Allah semua lancar, gak pakai ngidam, dan happy selalu :)

Pakies mengatakan...

Alhamdulillah, tambah satu lagi amanah. Semoga Mbak Keke dilimpahkan kesabaran, kesehatan, kenyamanan sampai dimudahkan saat persalinan hingga terlahir amanah yang ketiga menjadi bayi sehat yang kelak menjadi generasi rabbani yang shalih/shaliha

ayu mengatakan...

Barakallah..semoga diberi kesehatan dan kelancaran hingga kelahiran dan sesudahnya nanti..
Amiin

#turut berbahagia

may hendrawati mengatakan...

selamat ya Mba, semoga lancar kehamilan hingga persalinannya nanti

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

Selamat lagi ya mbak :) masih bed rest kah?

nQ mengatakan...

alhamdulillah, sudah kebagian rejeki lagi ya mbak
semoga menularlah hehehe

ealah, terinspirasi dari apa ya dulu Hamas sampai minta dipanggil Akang segala :D

f4dLy :) mengatakan...

Namanya juga anak kecil mbak, kadang mau diturutin maunya jadi harus sabar menghadapinya, semoga amanah ini dijaga dengan baik :)

jasa riview produk mengatakan...

Selamat ..
Mau punya dede baru ..!!

Della mengatakan...

Waaaaaaaaaaa.. slamat ya Mbak, akhirnya beneran jadi Akang :)
Moga sehat terus dan lahirannya lancar :)
Eh iya Bapake Nadya juga panggilannya Aa tuh, padahal asli Palembang. Waktu ditanya, dia jawabnya, "Emang nggak boleh?" Hadeeehh..

catatan kecilku mengatakan...

Mbak... selamat ya utk kehamilannya... #Peluk
Duh, aku jadi ngiri nih karena sampai sekarang gak bisa ngasih adik ke Shasa.
Semoga kelahirannya sehat2 sampai proses persalinan nanti. Aamiin...

the others mengatakan...

Oalah, hanya nama panggilan saja dipermasalahkan ya? hehehe... ya mungkin karena bukan nama oanggilan yang "umum" sih ya mbak.

Orin mengatakan...

Ummiiiiiii...selamat yaa, alhamdulillah Yunda dan akang mau punya adek, semoga Ummi sehat selalu^^

Lyliana Thia mengatakan...

Asslm mbak Kekeee... Gmana udah selesai blm bedrest nya..? Hihihi...

Kebayang deh ya mbak, klo biasa aktif trus kudu besrest.. Mudah2an sehat selalu ya mbak Keke... Gak sabar nunggu kehadiran adeknya Yunda dan Akang...

Akang beneran jd Akang skrg... Gak adek lg ya? Hihihi... Insya Allah..:-)

Tia Sabrina mengatakan...

alhamdulillah...barakallah mb..bener brarti feeling tia stlh baca status2 di BBM mb keke..^__^

Rumah Al Banna mengatakan...

Rencana untuk nama adeknya Hamas sudah ada blm bunda? :D

keke naima mengatakan...

lagi agak mabok? Hmmmm ... selamat, ya, Mbak. Semoga sehat terus :)

puteriamirillis mengatakan...

wah bucek alhamdullillah,,bucek sedang mengandung adiknya yunda dan akang..barokallah ya bucek..
peluuukkk...

apapun panggilannya yang penting maknanya tetep sama ya bucekk...

BlogS of Hariyanto mengatakan...

alhamdulillah, semoga ALLAH menganugrahkan kesehatan saat tiba masa melahirkan, dan semoga pula anak yang dikandung lahir sehat wal afiat dan kelak menjadi anak yang soleh :-)

Sakura21 mengatakan...

eheeemmmmm... sy sempet bertanya2 apa ya artinya Yunda Hamasah, sy kira itu nama asli, rupanya... hehe... brakallah ya 'yunda' ikutan manggil yunda jugga, karena saya pun dipanggil yunda dg para sepupu di Palembang sana... meskipun sy lebih suka dipanggil teteh *jadi ikutan curhat*